Panduan Menulis Naskah Buku

Ilustrasi cara menulis bukuMenulis adalah seni dan sangat sedikit orang yang diberkati dengan seni ekspresi ini. Maka mengapa dari 225 juta orang Indonesia, cukup sedikitkah yang memiliki bakat penulisan?

Produksi buku di Indonesia kalah telak oleh Vietnam. Indonesia, dengan penduduk 225 juta, baru mampu memproduksi buku sekitar 8 ribu per tahun. Akan tetapi, Vietnam yang merdeka pada tahun 1968, sudah mampu memproduksi buku sekitar 15 ribu per tahun. Hebatnya lagi, rasio penduduknya di bawah negara kita, yaitu hanya sekitar 80 juta penduduk. Kondisi tersebut memang sangat mengkhawatirkan.

Semua bentuk penulisan seperti ukiran patung atau membentuk tanah liat basah ke dalam panci yang indah oleh penulis. Proses mendapatkan karya sastra yang diterbitkan adalah menyakitkan dalam hal waktu, energi dan imajinasi penulis menempatkan di belakangnya. Namun, kegembiraan ekspresi diri dan kepuasan diri sama-sama bermanfaat dan sering tak sebanding dengan manfaat moneter, yang satu mendapat dari keterlibatan dalam proyek.

Memulai Menulis Buku

Ketika kita berencana untuk mengambil tugas raksasa menulis buku pertama, kita harus menyaring semua pikiran menggerogoti dari pikiran kita. Jangan berharap untuk menguasai semua trik Cara menulis buku secara satu atau dua hari. Roma tidak dibangun dalam satu hari. Dibutuhkan bulan dan bertahun-tahun upaya untuk akhirnya menyelesaikan buku.

Selain itu, tidak ada jawaban hitam dan putih untuk pertanyaan yang berkaitan dengan waktu, hari dan bulan penulis biasanya memerlukan waktu untuk menyelesaikan buku nya. Dimungkinkan bahwa Anda mampu menulis lebih cepat dan efektif menyelesaikan buku Anda hanya dalam 3 bulan.

Untuk seseorang, mungkin diperlukan satu atau dua tahun. Itu semua tergantung pada beberapa faktor yang kita tidak bisa datang dengan beberapa aturan tetap. Jadi, seperti pemula, tugas Anda di bulan-bulan awal adalah untuk membangun disiplin dalam tulisan Anda.

Anda memiliki minat yang mendalam dalam menulis dan jadi Anda mengejar itu. Tambahkan kerja keras dan disiplin untuk kepentingan itu dan trio akan membawa Anda ke tempat yang sangat tinggi dalam usaha yang Anda pilih.

Beberapa tips menulis mendasar yang akan memandu Anda dalam proses penulisan buku telah disebutkan di bawah ini. Ketika mencoba untuk menanamkan kebiasaan, memastikan bahwa Anda menangani salah satu dari mereka pada suatu waktu, sehingga Anda dapat mencapai kesempurnaan di setiap kebiasaan disebutkan secara bertahap. Tak perlu dikatakan, kesabaran membantu untuk menghasilkan kualitas kerja.

Jadwalkan Waktu untuk Menulis

Disiplin adalah kebajikan yang setiap penulis harus menanamkan kebiasaan menulis mereka. Pada fase awal tulisan, cobalah untuk mengalokasikan sebagian tertentu dari waktu Anda untuk menulis, mungkin 30 menit atau maksimal 60 menit per hari.

Pilih setiap saat hari yang Anda merasa nyaman dengan. Waktu yang diberikan mungkin di pagi hari, pada senja atau mungkin hanya sebelum tidur. Hanya duduk! Relax! Dan mulai menulis. Tapi pastikan bahwa konsistensi dipelihara secara teratur.

Jika Anda menuliskan pikiran-pikiran Anda pada sebuah buku untuk pertama kalinya, maka disiplin ini akan membantu Anda dalam karir menulis buku secara keseluruhan. Dan ya, jangan biarkan disiplin menjadi alasan bagi Anda untuk tidak menulis bahkan ketika hati Anda ingin menulis!

Tidak pernah melakukan itu. Jika misalkan Anda merasa seperti bangun di tengah malam dan menulis tentang beberapa ide yang menyiksa pikiran Anda, pergi maju ke depan dan lakukan itu.

Dengarkan sisi kreatif Anda sebagai yang akan memandu diri sendiri secara efektif. Disiplin, seperti yang disebutkan di atas tidak pernah merugikan dan bekerja pada kerling keajaiban dalam jangka panjang.

Hindari Gangguan

Konsentrasi adalah karakteristik prasyarat bagi seorang penulis. Ketika Anda duduk untuk menulis, menghapus semua gangguan. Sebuah meja berantakan, kamar, berisik televisi, internet dan musik adalah beberapa faktor mengganggu umum.

Cobalah untuk duduk di ruang diam dengan jumlah sedikit hal untuk mengalihkan perhatian Anda. Bahkan jika Anda memilih mengetik di PC Anda kemudian log out dari account e-mail Anda atau lebih baik lagi, hanya memutuskan Internet. Hanya menyimpan buku catatan atau opsi lainnya menulis terbuka sehingga Anda dapat mulai menulis.

Chatting dengan teman dan sekaligus menulis adalah ide yang sangat buruk memang kecuali Anda bukan seorang penulis veteran. Jika pena dan pad kertas pilihan Anda, pilih alat sederhana. Jauhkan hal-hal sederhana dan membiarkan apa pun datang antara Anda dan kata-kata Anda.

Biarkan dunia di luar dunia penulisan menjadi tidak ada untuk beberapa waktu. Bagi mereka yang menyusun naskah mereka untuk pertama kalinya, ini adalah kebiasaan penting yang harus dikembangkan dalam kepribadian.

Revisi Penulisan

Dalam upaya untuk menulis sebuah buku untuk pertama kalinya, itu adalah wajib bahwa Anda memilih seseorang yang akan mencintai tulisan untuk sanggup melakukan dan mengedit segala tulisan dan akan memandu Anda dalam meningkatkan keterampilan menulis Anda.

Editor adalah teman sekaligus guru Anda, beberapa teman yang bekerja di departemen penulisan beberapa majalah, surat kabar dll dan bahkan teman dekat Anda yang memiliki bakat untuk menulis dan membaca kritis.

Ingat, Anda hanya di jalur dari bawah menuliskan sebuah buku untuk pertama kalinya, sehingga semua ini harus berjalan perlahan-lahan dan memiliki kesabaran. Belajar dari kritik positif dari editor dan bekerja di dalamnya bukan menciptakan masalah.

Karier Menulis 

Oleh karena itu, masih sangat terbuka bagi kita jika ingin berkarier menjadi penulis buku. Seorang penulis buku, pada dasarnya harus memiliki kepekaan terhadap keinginan pembaca. Naskah yang ditulis mesti menarik minat pembaca. Menulis adalah aktivitas penuangan ide ke dalam bentuk tulisan. Secara praktis, penulis bekerja menyambungkan beberapa kata hingga membentuk kalimat yang dapat dimengerti pembaca.

Untuk meramaikan dunia perbukuan di Indonesia, alangkah baiknya jika di sini diketengahkan panduan praktis menulis buku. Cara menulis buku yang praktis sangat diperlukan bagi para penulis pemula.

Langkah Menulis Buku

Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh untuk cara menulis buku ialah sebagai berikut.

  1. Membuat rencana judul atau tema yang akan diangkat dalam menyusun naskah.
  2. Setelah memperoleh tema, susunlah outline buku. Ini sebagai bahan rujukan mengenai arah pembahasan isi buku.
  3. Mulailah mencari sumber referensi dari buku, jurnal, pengalaman, dan internet tentang segala yang berkaitan dengan pembahasan isi buku. Tulislah dari bagian satu ke bagian terakhir dari struktur buku.
  4. Setelah selesai membuat naskah, print out menjadi sebundel naskah berbentuk hard copy. Lengkapi dengan surat pengantar, sinopsis, potensi pasar, rasionalisasi kenapa buku ini mesti diterbitkan. Jangan lupa menuliskan prolog atau sinopsis naskah yang akan dikirim. Buatlah semenarik mungkin pada sinopsis ini. Karena ketika sinopsisnya menggambarkan isi buku dan ada potensi keuntungan dalam menerbitkan naskah tersebut bagi penerbit.
  5. Siapkan juga soft copy-an naskah buku. Ini untuk berjaga-jaga siapa tahu mereka tertarik dan kita akan dihubungi. Sehingga, tinggal kirim via e-mail. Setelah ada keputusan soal diterimanya naskah, kita diwajibkan menandatangani Surat Perjanjian Penerbitan. Surat ini dibuat dan ditandatangani sebagai tanda bahwa penulis dan penerbit bersepakat dalam satu hal.

 

Speak Your Mind

*