Paniai, Danau Terindah di Dunia

Ilustrasi danau terindah di duniaTahukah Anda, Danau Terindah di Dunia ada di Indonesia, tepatnya di salah satu kabupaten di Papua. Danau ini diberi nama sesuai dengan nama kabupatennya, Paniai. Predikat danau terindah itu dinyatakan oleh Konferensi Danau se-Dunia yang diikuti oleh 157 negara.

Jika sempat berkunjung ke sana, Anda akan menjumpai kondisi danau seluas 14.500 Ha yang masih alami. Di sana Anda bisa menarik nafas dalam-dalam dan akan merasakan sensasi udara yang sejuk dan segar. Pinggiran danau dihiasi dengan bebatuan dan pasir yang indah. Tebing-tebing tinggi di sekelilingnya menambah keistimewaan dan keeksotisan danau ini. Setelah menyaksikan sendiri, Anda pasti menyetujui predikat Danau Paniai sebagai yang terindah di dunia.

Pada awalnya, Danau Paniai dinamakan Wissel Meeren sesuai dengan nama orang yang memopulerkannya, Wissel, seorang pilot berkebangsaan Belanda.Wissel Meeren berarti danau-danau Wissel. Memang, saat menemukannya, Wissel melihat tiga danau sekaligus. Selain Danau Paniai, ia juga melihat Danau Tigi dan Danau Tage.

Saat menemukan ketiganya, Wissel sangat terpesona dengan keindahannya. Tak puas berkeliling di atasnya, Wissel pun mendarat dan menikmati pemandangan indah yang tadi dilihat dari ketinggian. Ia semakin takjub.

Biota Danau Paniai

Danau Paniai berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut dan terletak di wilayah pegunungan dan perbukitan. Meski berada di daerah ketinggian yang cenderung berhawa dingin, Danau Paniai menyimpan berbagai jenis ikan dan udang, termasuk udang langka yang hanya bisa ditemui di daerah Papua yaitu Cherax Albertisii atau dikenal juga dengan nama Udang Selingkuh karena memiliki capit besar mirip kepiting.

Di Danau Paniai ini juga ada salah satu ikan hias yang paling dicari oleh para kolektor ikan hias. Namanya Ikan Pelangi atau dalam bahasa latin disebut Melanotaenia ayamaruensis.

Selain sebagai danau terindah di dunia, danau Paniai juga menjadi surga bagi orang yang memunyai hobi memancing karena banyaknya biota yang hidup di dalamnya. Selain biota berharga mahal, dijumpai pula ikan-ikan yang biasa dikonsumsi untuk lauk-pauk seperti ikan Mas, Mujair, dan Nila. Masyarakat Suku Mee dan Moni yang hidup di sekitar danau memanfaatkan kekayaan Danau Paniai dengan menjadi nelayan.

Menjadi Objek Wisata

Predikat sebagai danau terindah di dunia semakin menyebar, Danau Paniai pun banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pemerintah Kabupaten Paniai menjadikannya sebagai salah satu objek wisata unggulan. Fasilitas penunjang pun dibangun, termasuk pos jaga dan pondok wisata. Kini, pemandu wisata juga disediakan.

Masyarakat sekitar, terutama Suku Mee dan Moni menyambut baik tekat pemerintahnya. Selain berprofesi sebagai nelayan, ada juga yang membuka jasa penyewaan perahu wisata. Di waktu-waktu tertentu diadakan pula pagelaran kesenian dan pembagian suvenir khas dari kedua suku itu.

Untuk berkunjung ke Danau Paniai, Anda bisa memulainya dari Kota Eranotali, Ibu Kota Paniai. Dari kota itu, disediakan dua jalur, bisa melalui darat dengan menggunakan bus atau jika dana Anda menyukupi bisa menggunakan jalur udara dengan pesawat. Ada landasan pesawat di dekat danau.

Pesona yang alami, dilengkapi dengan fasilitas yang memadahi serta akses yang mudah, sungguh layak kiranya Anda merencanakan untuk berkunjung ke danau terindah di dunia i

Speak Your Mind

*