Pariwisata Semarang yang Semakin Menantang

Ilustrasi pariwisata semarangPergilah ke tempat-tempat pariwisata Semarang, seperti Ungaran, sekitar 25 km, dari kota Semarang. Udara nan sejuk telah menanti. Pemandangan indah ke arah kota atau rawa Pening yang ada di Ambarawa akan terlihat begitu menawan.

Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, merupakan kota yang lengkap, ada lautnya di utara, sedangkan di selatan terdapat panorama perbukitan yang menawan.  Semarang memiliki sejumlah objek wisata yang menarik. Demikian juga dengan wisata kulinernya yang terkenal.

Tempat Pariwisata Semarang

  • Umbul Sidomukti

Anda akan betah berada di daerah perbukitan di Ungaran. Jalannya cukup mulus walau berkelok-kelok dengan tanjakan yang cukup tinggi. Selain pemandangan yang indah, cobalah menuju sebuah kolam renang tertinggi di Asia tenggara, Umbul Sidomukti.

Sesampainya di Umbul Sidomukti, udara nan sejuk sudah menanti. Sempatkan untuk menikmati makan sambil beristirahat di tepi bukit yang menghadap kota Semarang. Tiupan angin semilir membuat hati tak ingin beranjak dari tempat duduk. Tapi demi melihat kegembiraan pengunjung lain yang telah memanfaatkan begitu banyak permainan outbound di sana, mau tak mau jadi tertantang juga.

Datanglah agak pagi sekitar pukul 9 ke Umbul Sidomukti. Ini untuk menghindari kemacetan dan ramainya para pengunjung terutama di musim liburan. Setelah mengisi perut dan beristirahat sejenak, berjalanlah sedikit menuju arena bermain.

Sebelumnya Anda harus membayar Rp10.000, sudah termasuk tiket berenang di kolam renang nan tinggi dengan air yang cukup jernih tapi lumayan dingin. Sebelum berenang, sebaiknya cobalah flying fox yang dipasang melintasi dua bukit dengan ketinggian sekitar 70 meter.

Setelah ber-flying fox, cobalah nyali Anda melintasi marine bridge yang juga melintasi dua bukit yang sama dengan ketinggian sekitar 65 meter. Dengan perlengkapan berstandar internasional dengan pengawasan ketat dari para instruktur muda yang sangat terlatih, rasa takut menjadi hilang.

Setelah melintasi marine bridge, cobalah menuruni bukit setinggi 35 meter dengan cara rappeling. Asyik dan sangat menantang. Setelah itu cobalah bermain ATV, motor beroda tiga, dengan lintasan yang cukup menantang. Bila perlu, lanjutkan petualangan Anda menyusuri lintasan hikingyang akan menguras tenaga Anda karena dibuat mengelilingi perbukitan yang cukup curam.

Setelah beristirahat sejenak, lalu tutuplah permainan dengan berenang di kolam yang begitu eksotik. Sambil menikmati pemandangan kota Semarang, acara berenang Anda semakin terasa berbeda. Ada 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Satu kolam dengan kedalaman hanya 30-50 cm yang diperuntukan bagi balita. Satu kolam dengan kedalaman 40-90 cm untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Satu kolam berkedalaman 100-200 cm untuk dewasa.

Biaya yang dikeluarkan untuk semua permainan itu, tidaklah terlalu menguras dompet. Flying fox antara Rp11.000–Rp16.000. Marine brige antara Rp6.000–Rp8.000. Rappeling Rp8.000. ATV Rp20.000. Ada pula flying foxkhusus untuk anak-anak. Harga tersebut berubah pada hari-hari tertentu, misalnya libur lebaran.

  • Masjid Raya Jawa Tengah

Setelah puas bermain di Umbul Sidomukti, turunlah menuju Semarang. Temukanlah masjid raya Jawa Tengah yang megah dengan payung-payung raksasa yang bisa dibuka seperti di masjid Nabawi, Madinah. Masjid ini memiliki menara setinggi 99 meter, sesuai dengan nama-nama Allah (asmaul husna). Di puncaknya, ada sebuah restoran putar. Dari pundak menara, kota Semarang terlihat begitu indah.

Halaman masjid yang luas dengan taman yang elok, mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Ada tempat belanja yang cukup bagus masih di dalam kompleks masjid. Toiletnya yang banyak, kebersihan masjid yang terjaga, akan membuat Anda merasa bangga berada di masjid tersebut dan tiada henti mengagumi para perancang dan penjaga masjid yang dengan susah payah menjaga kesucian masjid nan agung tersebut.

  • Pantai Marina

Pantai Marina terletak di sebelah utara kota Semarang. Menurut masyarakat Semarang Pantai Marina merupakan tempat wisata yang paling murah meriah.   Aksesnya yang masih dekat dengan kota, selain itu pantainya pun ditata rapi dan dilengkapi dengan taman yang ditanami pepohonan cemara udang dan aneka tanaman bunga. Pantai yang rindang menimbulkan kesan yang menyenangkan bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke sini.

Ada banyak aktifitas yang bisa dikerjakan di pantai ini, antara lain berlayar dengan menggunakan perahu sewaan, berenang atau memancing di pinggir dermaga seharian. Waktu yang tepat mengunjungi Pantai Marina dipagi hari, ketika matahari pagi mulai bersinar. Pengunjung bisa jogging atau senam di pantai sambil menghirup udara pagi.

  • Pagoda Avalokitesvara Watugong

Inilah salah satu objek wisata spiritual yang terkenal di Semarang, Pagoda Avalokitesvara Watugong.  Tempatnya berada di Jalan Raya Banyumanik kalau dari arah Ungaran berada di sisi kanan jalan, dan terlihat jelas dari jalan raya.  Pagoda Avalokitesvara merupakan komplek peribadatan umat Budha.  Pagoda ini dibangun pada tahun 2005 . Tinggi pagoda mencapai  45 meter,  angka ini menegaskan bahwa Pagadoa Avalokitesvara merupakan pagoda paling tinggi dan rekor ini dicatat oleh Musium Rekor Indonesia.

Komplek Pagoda ini terbuka untuk pengunjung umum yang tertarik menyaksikan pagoda dari dekat.  Di depan pagoda terdapat patung  Budha Gutama yang berada di bawah naungan pohon bodhi.

  • Gedung Lawang Sewu

Kota Semarang menyimpan banyak peninggalan sejarah yang terewat baik, salah satunya adalah Gedung Lawan Sewu, peninggalan zaman Belanda.  Gedung ini berada tepat di depan bundaran Tugu Pemuda, yang berada di pusat kota. Menurut catatan sejarah Lawang Sewu pada awalnya merupakan  gedung NIS / Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij, dibangun pada tahun 1904. Dahulu gedung ini dipakai untuk kantor jawatan perkeretaapian Belanda.

Lawang Sewu pernah beberapa kali berganti fungsi, ketika Zaman Jepang pernah dijadikan sebagai markas militer tentara Jepang.  Paskah Kemerdekaan Lawang Sewu beralih menjadi kantor Kodam IV / Diponegoro.  Namun sekarang gedung kuno ini tak dipakai lagi, dan ditetapkan sebagai salah satu gedung bersejarah yang dilindungi oleh UU.

Masyarakat Semarang menyebut gedung ini dengan Lawang Sewu lantaran bangunan kuno ini memiliki banyak pintu.   Gedung Lawang Sewu bisa dikunjungi kapan saja, di dalam gedung terdapat ruangan-ruangan bawah tanah yang dahulu dipakai untuk penjara bawah tanah.  Menurut cerita masyarakat setempat di gedung ini kerap muncul penampakan-penampakan hantu  yang pada setiap ruangannya.  Bagi Anda yang menyukai suasana lain, bisa datang kesini, untuk uji nyali.

  • Gereja Blenduk

Gereja Blenduk merupakan ikon kota lama di Semarang. Gereja Blenduk tergolong bangunan kuno yang dibangun sejak  tahun 1753.  Gaya bangunan gereja Kristen ini bercorak art deco, pada atapnya terdapat kubah yang berbentuk heksagonal.   Nama gereja ini sebenarnya GPIB Immanuel, tapi masyarakat lokal menamai gereja blenduk.

Sampai sekarang Gereja Blenduk masih tetap dipakai untuk keperluan ibadah umat Nasrani.  Gereja Blenduk kerap dijadikan sebagai objek fotografi dan sesi foto pra nikah, karena gaya bangunannya masih original dan eksotis khas gedung Eropa tempo dulu.

  • Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di Ungaran, berada di atas bukit dengan udara yang sejuk.  aksesnya tak jauh dari pusat kota Semarang, pengunjung hanya perlu waktu 40 menit menuju komplek peninggalan zaman Hindu Jawa.

Candi Gedong songo dibangun dilereng-lereng bukit,  untuk menjangkau komplek candi, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu.  Pemandangan di atas komplek candi sangat menawan, dari atas bukit Anda bisa melihat hamparan hutan pinus, dan pemandangan kota Semarang dari atas. Selain itu udaranya yang sejuk, bisa mengobati rasa lelah setelah menaiki ratusan anak tangga.

Kuliner Khas Semarang

Melancong ke Semarang direkomendasikan untuk mencicipi aneka pangan tradisional yang lezat. Berikut ini merupakan sejumlah kuliner khas Semarang yang patut Anda cicipi.

  • Lumpia Goreng

Salah satu makanan khas Semarang adalah lumpia gorengnya. Lumpia merupakan makanan semacam dadar gulung yang isinya terdiri dari rebung, udang, toge, telur, dan daun bawang. Lumpia disajikan dalam dua versi, digoreng atau direbus, semuanya sama-sama lezat.  Lumpia dimakan dengan saos acar dan cabe rawit, tentu dalam keadaan panas setelah dari penggorengan.

Lumpia dijual persatuan, sebiji kisaran Rp. 8000, kalau untuk dibawa pulang tak perlu digoreng, dan bisa awet sampai 3 hari kalau disimpan di kulkas.

  • Bandeng Presto

Ikon kuliner Semarang adalah bandeng presto, yaitu ikan bandeng yang dimasak dalam panci yang bertekanan tinggi.  Kelebihan bandengan presto adalah durinya lunak dan bisa dimakan selain itu rasanya gurih.  Sebelum makan, bandeng harus digoreng terlebih dahulu, kemudian disajikan dengan sambel goreng. Sentra penjualan bandeng ini terdapat di Jalan Pandanaran.  Demikianlah sekilas tentang pariwisata Semarang, semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*