Peluang Usaha di Rumah? Bisnis Online, Dong!

Peluang usaha di rumah perlu untuk dipelajari agar kita dapat memperoleh manfaatnya atau kemudahan dalam memulai bisnis di rumah sendiri.  Setujukah anda dengan pendapat yang mengatakan bahwa kemunculan suatu produk akan membuka satu peluang bisnis baru? Sebut saja produk internet yang terbilang sudah cukup lama diminati banyak orang.

Kehadirannya ternyata mampu membuka pintu-pintu bisnis bagi para pengusaha yang sebelumnya sudah memiliki toko offline atau masyarakat biasa dalam menjalankan usahanya secara online.

Macam-macam Peluang Usaha di Rumah

Bila dihitung jumlahnya maka bisnis rumahan sangat banyak jumlah serta variasinya, ada yang fokus pada masakan atau pembuatan kue, pembuatan atau jasa menjahit sebuah pakaian, hingga ternak kecil-kecilan di belakang rumah. Maka dari beragamnya jenis bisnis yang dapat dilakukan di rumah tersebut akan membuka harapan bagi siapa saja yang menginginkan tambahan pemasukan setiap bulannya.

Mencari ide untuk membangun bisnis rumahan dapat kita cari di internet atau majalah yang khusus membahas tentang dunia kewirausahaan. Temukan ide bisnis rumahan yang cocok dengan kondisi rumah dan potensi lingkungan sekitar. Karena bisnis akan berjalan mudah ketika SDA dan SDM terpenuhi dengan cepat dan murah.

Contoh saja di daerah yang minim sungai atau kering, maka mendapatkan air bersih akan menjadi sulit bagi siapa pun di wilayah tersebut. Kesulitan tersebut dapat menjadi peluang bisnis ketika kita mendirikan usaha air minum atau air bersih bagi warga sekitar. Ya, di setiap kesempitan pasti ada jalan keluar dan peluang bisnis tentunya.

Usaha rumahan yang akan dapat bertahan lama bila dia bergerak pada kebutuhan primer manusia atau jenis barang yang konsumtif. Maksudnya barang atau jasa tersebut dibutuhkan oleh orang-orang setiap harinya. Misalnya saja pakaian, siapa yang tidak berpakaian bila keluar rumah? Maka buatlah bisnis pembuatan pakaian yang sesuai dengan minat penduduk warga sekitar rumah, kita dapat mensurvei keinginan pasar tersebut dengan menanyakan langsung kepada ibu-ibu PKK yang rutin berkumpul setiap bulannya, atau saat arisan dan pengajian rutin warga.

Sukses berbisnis di rumah tidak ditentukan oleh besarnya modal yang kita keluarkan, namun berpijak pada ide dan kerja keras yang kita curahkan dalam membangun bisnis tersebut. Bila ingin sukses berbisnis maka belajarlah ilmu tentang bisnis, bukan ilmu yang lain!

Bisnis Sampingan Hingga Sumber Pemasukan Utama

Yang tergolong masyarakat biasa adalah orang-orang yang tidak berprofesi sebagai pengusaha, seperti ibu rumah tangga, karyawan, guru, atau pelajar dan mahasiswa. Kehadiran internet mampu menciptakan peluang usaha di rumah tanpa harus “ngantor” di luar.

Awalnya bisnis online merupakan alat bantu yang dipakai untuk memasarkan produk yang sudah ada didisplay toko offline.  Langkah bisnis online ini ditempuh dalam rangka meningkatkan penjualan dan memberikan gambaran detil kepada pelanggan mengenai produk yang ditawarkan.

Namun, karena derasnya arus informasi dan teknologi kepentingan ini mengalami pergeseran. Bisnis online menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai kualitas produk dan kuantitas peminatnya yang semua itu akan berimbas pada image perusahaan dan permintaan produk.

Sederhananya, sebuah produk akan dinilai bermutu bila memiliki website yang selalu online. Hal ini dianggap bisa menjadi sarana pendekatan terhadap konsumen.

Munculnya situs jejaring sosial yang user friendly tak ayal lagi semakin menguatkan pendapat orang masa kini tentang isu bisnis online yang mulai diminati karena mendatangkan keuntungan yang banyak dengan modal relatif sedikit.

Situs tersebut dipakai tidak hanya untuk saling menyapa dan berbagi tetapi juga dipakai untuk berjualan. Kemudahan dalam berinternet kapan dan di mana saja juga kian memantapkan langkah para pebisnis wannabe tersebut. Tak terkecuali para pebisnis yang full bekerja di rumah.

Bermodalkan komputer atau laptop dengan fasilitas internet dan beberapa alat kantor seperti telepon, printer, atau mesin fax anda sudah bisa menjadi seorang pebisnis online. Dan hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menentukan produk apa yang akan anda jual via internet.

Apakah produk sendiri atau produk orang lain. Lalu membuatkan situs khusus produk tersebut karena Anda tak bisa selamanya menggantungkan bisnis Anda pada nama popular jejaring sosial yang Anda ikuti.

Bagaimanakah cara membangun bisnis rumah lewat internet? Coba simak beberapa kiat sukses bisnis di rumah dengan internet berikut ini:

1. Menemukan Ide Bisnis

Ide usaha yang dimaksud disini adalah produk atau jasa yang hendak dijual di internet. Bila Anda memiliki keahlian khusus misalnya seperti menggambar desain, menjahit, atau yang keahlian lainnya. Maka tidak salah bila Anda membangun bisnis jasa di internet.

Namun bila Anda mempunyai sesuatu produk atau barang yang dapat dijual maka dirikanlah usaha di bidang produk tersebut. Dapat berupa toko online sepatu, kaos, baju dan lain sebagainya. Ya, berbisnis itu memang ada tantangannya jadi jangan mundur sebelum melangkah.

2. Membangun Sebuah Web atau Blog Bisnis

Barang atau jasa yang hendak dijual di internet memerlukan lapak untuk berjualan, lapak ini dapat berupa website toko online, blog, atau sekedar postingan di sebuah forum. Tetapi bila mengandalkan post di forum atau website jual beli ada kekurangan dan kelebihannya. Kekurangannya adalah kita tidak dapat mandiri di dunia internet, tetapi mengandalkan web milik orang lain.

Oleh karena itu bangunlah sebuah website untuk barang dan jasa yang akan kita jual secara online. Dengan website tersebut kita akan dapat melakukan banyak variasi dan layanan kepada para calon konsumen, dengan kata lain website sendiri akan menandakan bisnis kita adalah terpercaya di mata calon konsumen.

Bagaimana cara membuat website sendiri? Ada beberapa cara, salah satunya dengan membayar seseorang atau perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan perancangan sebuah web. Tentunya cara yang mudah ini memerlukan modal yang tidak sedikit dari dompet kita, bila ingin cara yang murah maka buatlah website dengan tangan sendiri. Sulitkah? Tidak karena membuat website sendiri sekarang telah dimudahkan oleh perkembangan IT.

3. Melakukan Promosi Online

Promosi di internet adalah kunci bagi bisnis online yang akan kita bangun ini, ada banyak cara dalam berpromosi di internet. Bisa lewat mesin pencari, blog walking, posting di forum, lewat facebook, twitter dan lain-lain. Ya  banyak cara untuk mendatangkan calon pengunjung bagi website kita. Pelajarilah satu-persatu cara yang ada tadi, dan yang terpenting adalah mengimplementasikan cara tersebut dalam berpromosi.

Banyak para pemain baru di bisnis online yang gagal dalam mengembangkan bisnisnya, faktor utamanya adalah tidak bisa mendatangkan calon pembeli untuk berkunjung ke website atau blog bisnis mereka. Banyak teori yang tersebar di internet, namun apakah tips yang ada di berbagai web dan blog tersebut terpercaya? Tentu saja tergantung dari penilaian kita sendiri-sendiri. Maka belajarlah internet marketing kepada seseorang yang terbukti kesuksesannya dalam membangun bisnis di dunia maya.

Asian Brain, Sekolah Membuat Web yang Asyik

Anda tentu pernah mendengar nama Asian Brain. Ini adalah situs yang memudahkan Anda yang ingin serius menekuni bisnis online. Situs yang didirikan oleh Anne Ahira ini adalah tempat yang sesuai bagi Anda yang ingin belajar membuat website, melakukan riset pasar, belajar mempromosikan produk, pelatihan bisnis dan mengikuti program afiliasi bila Anda belum mempunyai produk sendiri.

Konten web ini sendiri sangatlah menarik karena bukan hanya modul yang bisa kita baca secara online melainkan juga video yang menunjang dalam proses belajarnya. Selain itu, Anne Ahira, sang trainer dalam video itu membahasakan dirinya ‘ibu guru’ kepada para member.

Bahasa yang digunakan dalam menyampaikan materi dalam video mudah dicerna sehingga mudah dipahami oleh murid-murid. Tidak hanya itu, Ibu Guru Anne Ahira juga selalu memberikan tips dan motivasi agar selalu fokus dalam bidang yang sudah dipilih.

Pesannya bahwa bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya yang bisa Anda pelajari hanya dalam waktu satu atau dua bulan. Gampang-gampang sulit, butuh waktu enam bulan sampai dua tahun untuk bisa mendalami ilmu Internet Marketing.

Setelah Anda memahami betul-betul ilmu tentang peluang usaha di rumah dengan internet, barulah Anda bisa menjalankan bisnis dengan mudah dan lancar seperti harapan Anda pastinya.

Peluang Menarik Usaha di Rumah dengan Menulis

Anda seorang ibu rumah tangga? Anda ingin menambah penghasilan keluarga tanpa melupakan tugas mendidik anak di rumah? Banyak peluang usaha di rumah yang bisa dimanfaatkan. Mungkin profesi menulis adalah jawabannya. Menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari seperti halnya menjahit atau memasak.

Saat ini bahkan sudah banyak berdiri sekolah-sekolah menulis maupun kursus dan lembaga pelatihan khusus menulis. Nah, menariknya menulis adalah salah satu peluang usaha di rumah yang juga bisa menghasilkan keuntungan cukup lumayan. Dengan hanya bermodalkan komputer dan meluangkan waktu beberapa jam, Anda sudah bisa menghasilkan tulisan.

Manfaat Menulis

Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh selain penghasilan tambahan:

  1. Berbagi kebaikan. Anda bisa menginspirasi orang lain dengan tulisan Anda.
  2. Banyak teman. Jika tulisan Anda dimuat dan kemudian nama Anda dikenal oleh banyak orang di seluruh pelosok nusantara, tentu akan banyak yang akan berkorespondensi dengan Anda.
  3. Awet Muda. Sebuah penelitian dari penulis asal Maroko bahwa dengan menulis akan menghilangkan kerutan-kerutan penuaan di wajah. Wah, hebat bukan?
  4. Mencurahkan perasaan dan emosi. Beban-beban Anda akan berkurang dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tentu saja ini akan membuat Anda lebih tenang.

Masih banyak lagi manfaat menulis yang bisa Anda rasakan sendiri nanti setelah mencobanya.

Mendapatkan Penghasilan dengan Tulisan

Sebagai salah satu peluang usaha di rumah yang tak kalah menjanjikan, ternyata menulis juga bisa membuat Anda kaya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

  1. Menulis Buku. Habiburrahman El-Shirazy dan Andrea Hirata adalah contoh penulis yang kaya dengan menulis novel. Anda pasti juga bisa kaya dengan menulis buku. Jika ada 1 buku dalam 1 bulan yang bisa Anda buat kemudian diterbitkan dan best seller, penghasilan Anda sudah lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga dan anak-anak.
  2. Menulis di Majalah. Banyak sekali majalah yang terbit tiap bulannya, bahkan terkadang dua minggu sekali. Anda bisa memilih beberapa majalah yang cocok dengan karakter tulisan Anda dan mengirim naskah ke majalah tersebut.
  3. Menulis di koran. Ini juga tak kalah menjanjikan. Jika Anda senang membuat cerpen, koran yang terbit di hari minggu biasanya juga memuat cerpen. Honornya lumayan. Bisa sampai 600 ribu.
  4. Menulis di website. Anda bisa juga membuat website atau blog dan menulis artikel atau apapun di dalamnya. Dengan mempelajari teknik-teknik penulisan SEO dan bisnis jaringan, tulisan Anda akan banyak diminati dan website Anda akan sering dikunjungi. Anda pun bisa memperoleh tambahan penghasilan dari sini.
  5. Mengikuti sayembara kepenulisan. Setiap bulan puluhan sayembara kepenulisan bisa kita dapatkan melalui informasi di situs jejaring sosial maupun web. Anda bisa ikut serta di dalamnya. Jika Anda menjadi juara, tentu akan sangat menyenangkan. Namun, kalaupun Anda kalah, ini akan menjadi sarana Anda untuk terus berlatih menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Bagaimana? Menarik bukan peluang usaha di rumah dengan menulis ini? Dengan menulis, waktu-waktu Anda di rumah setelah mengerjakan pekerjaan di rumah menjadi tidak sia-sia. Sambil menjaga anak Anda bermain, Anda bisa tetap terus menulis. Namun bagi Anda yang kebetulan punya pekerjaan tetap, menulis bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan. Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*