Pembahasan Tentang Sedekah

Ilustrasi tentang sedekah

Berbicara tentang sedekah pasti tidak asing lagi. Sudah banyak tulisan yang membahas tentang sedekah. Bahwa dengan bersedekah Anda akan mendapatkan pahala yang melimpah.

Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin, agama ini mengajarkan kepada ummatnya untuk saling berkasih sayang dan memperhatikan sesama. Apabila seorang lain yang terkena musibah maka wajib bagi kaum muslimin lainnya untuk menolongnya. Kaum muslimin diibaratkan sebagai satu tubuh, saat yang anggota badan sakit maka yang lainnya akan merasakan demam dan rasa sakit pula. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan imam muslim:

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”.

Di era yang hedonis ini, kaum muslimin mulai tergerak kesadarannya untuk kembali mengembalikan dirinya sebagai ummat yang penuh kasih dan cinta sesama. Gejala ini tampak dengan banyak bermunculannya lembaga pengelola zakat dan infak di tengah masyarakat Indonesia. Melalui lembaga-lembaga ini, seorang muslim dapat menyalurkan zakat dan sedekahnya dengan mudah dan terhitung dengan cermat.

Bila Anda kesulitan bagaimana mengatur zakat atau sedekah, maka akan lebih memudahkan bila mengunjungi lembaga zakat terdekat. Mintalah kepada mereka untuk menghitung zakat yang harus dikeluarkan, tentunya harus diketahui dulu harta yang dimiliki. Petugas dari lembaga zakat akan senang hati memfasilitasi kehendak muslim yang ingin bersedekah.

Allah Ta’ala berfirman, “Perumpamaan ( nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” .
{Qs. Al Baqarah (2) : 261}

Kalau saja Anda mau menghitung pahala sedekah, pastilah Anda akan kewalahan sendiri karena saking banyaknya. Ternyata dengan sedekah Anda tidak hanya mendapatkan banyak pahala, tetapi Anda juga akan memperoleh keutamaan-keutamaan yang lain.

Menyembuhkan Penyakit

Keutamaan tentang sedekah ini bisa menyembuhkan penyakit. Mulai dari penyakit jasmani dan juga penyakit rohani.

Diceritakan bahwa ada orang yang mempunyai penyakit kanker yang bersarang di tubuhnya. Berbagai usaha telah dilakukan bahkan dia berkeliling dunia untuk mencari obat agar bisa terbebas dari penyakit ini, namun hasilnya nihil. Kemudian dia bersedekah kepada janda yang mempunyai anak yatim dan Allah pun menyembuhkannya.

Nabi bersabda “ Obatilah orang yang sakit diantara kamu dengan sedekah.”

Nah, dalam hal ini sedekah yang Anda keluarkan hendaknya Anda niatkan karena Allah dan agar Allah menyembuhkan sakit yang Anda derita.

Mengundurkan Kematian

Tidaklah sulit bagi Allah untuk melakukan hal apapun ketika kekuasaannya telah berbicara. Keutamaan sedekah juga bisa mengundurkan kematian. Di zaman nabi Ibrahim pernah ada sebuah kisah yang membuktikan bahwa Allah mengundurkan kematian karena bersedekah.

Pada suatu hari nabi Ibrahim didatangi Izrail yang mengabarkan bahwa umur pemuda yang baru saja mendatangi Ibrahim itu tidak sampai besok pagi. Kontan saja nabi Ibrahim kaget karena pemuda yang merupakan sahabat sekaligus murid itu akan menikah besok pagi .

Ingin rasanya nabi Ibrahim mengabarkarkan perihal kematiannya itu agar dia mensegerakan pernikahannya malam itu, namun nabi Ibrahim mengurungkan niatnya karena memilih membiarkan kematian tetap menjadi rahasia Allah.

Tetapi setelah berhari, berminggu berbulan dan bertahun – tahun berlalu pemuda itu masih segar bugar bahkan  mencapai  usia 70 tahun. Melihat hal itu nabi Ibrahim bertanya kepada Izrail dan mengira kalau Izrail telah membohonginya beberapa tahun silam.

Maka Izrail pun menjawab bahwa ketika menjelang menikah, pemuda itu telah menyedekahkan sebagian hartanya dan Allah memutuskan untuk memperpanjang umurnya.

Tidak ada yang tahu kapan ajal menjemput. Allah berhak mengajukan dan memundurkan kematian seseorang. Dan Allah memberitahukan melalui kalam Rasul, kalau sedekah dapat memanjangkan umur.

Tidak itu saja dengan sedekah bisa menumbuhkan rasa cinta Allah kepada Anda sehingga dengan kecintaan itu Allah akan mengabulkan setiap permohonan Anda, memberikan jalan keluar permasalahan –permasalahn Anda dan bisa dipastikan Anda pun meninggal dalam keadaan khusnul khatimah.

Menolak Bala

Tidak ada seorang pun bisa terhindar dari bala, ketika Allah telah menetapkannya, sejauh apapun Anda berlari dan menyusun kekuatan untuk menghindarinya. Tetapi Anda bisa menghindarkan diri dari bala atau mengurangi kadarnya dengan bersedekah.

Nabi bersabda ,“Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah “.
“Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah”

Jadi bisa disimpulkan bahwa sedekah yang Anda keluarkan bisa mencegah celaka.

Pembahasan tentang sedekah ini tidak akan pernah habis jika membicarakan keutamaan-keutamaannya. Memang sedekah bisa memberikan banyak keuntungan bagi pelakunya,

Namun keutamaan itu tidaklah bisa Anda peroleh ketika niat Anda bersedekah keluar dari koridor yang telah ditetapkan Allah. Niat sedekah hendaklah semata-mata karena Allah bukan karena apapun apalagi diniatkan untuk riya’ kepada manusia.

Saat ini muncul teori bersedekahlah maka akan kaya. Teori ini benar adanya, karena dalam ayat Alqur’an telah dijelaskan sebelumnya bahwa Allah akan melipatgandakan pemberian kita di jalan kebaikan. Dan balasan tersebut tidak hanya diberikan di akhirat, namun juga akan diperoleh oleh hamba yang ikhlas di dunia ini. Dapat dilihat bagaimana teladan Nabi Muhammad yang sangat gemar bersedekah, seluruh kekayaan dan harta beliau dinafkahkan di jalan Allah. Beliau sangat rajin untuk mengunjungi kaum fakir dan miskin untuk memberikan bantuan kepada mereka.

Begitu pula dengan para sahabat, mereka adalah kaum yang gemar bersedekah dan selalu menyegerakannya. Pada suatu waktu, Rasulullah mengumumkan kepada para sahabat tentang kebutuhan perang kaum muslimin yang masih kurang. Maka seketika itu Umar bin Khattab mendatangi Nabi Muhammad Saw dan memberikan harta yang sangat banyak, ketika ditanyakan kepada Umar, maka itu adalah separuh harta yang dimiliki oleh keluarga Umar.

Tidak selang waktu yang lama, Abu Bakar datang kepada Nabi Muhammad juga dan memberikan hartanya untuk keperluan kaum muslimin. Saat ditanyakan kepada Abu Bakar, beliau menjawab bahwa itu adalah seluruh harta yang dipunyai keluarga Abu Bakar. Lalu Rasulullah menanyai Abu Bakar tentang kebutuhan keluarganya nantinya, beliau (Abu Bakar) menjawab bahwa Allah akan memenuhi kebutuhan keluarganya nanti.

Sepenggal kisah di atas menunjukkan betapa dermawannya para sahabat dalam bersedekah. Dan juga mereka saling berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik di jalan Allah. Maka tauladan ini sudah sepatutnya kita contoh dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat melihat orang yang membutuhkan, berikanlah apa yang saat itu ada pada kantong atau dompet. Dan selalu berprasangka baiklah kepada sesama manusia dan juga kepada Allah, bahwa Allah akan membalas kebaikan hamba di dunia dan akhirat.

Cukup sekian pembahasan tentang sedekah ini, semoga bermanfaat dan mari berlomba untuk bersedekah!

Speak Your Mind

*