Pemeriksaan Singkat Sebelum Menggunakan Mobil

Ilustrasi Pemeriksaan MobilTidak lama lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri yang telah kita tunggu- tunggu selama satu tahun lamanya sehingga semua persiapan termasuk mobil harus segera dilakukan. Mobil berperan sangat penting bagi Anda yang berencana melakukan kegiatan tahunan pulang kampung atau mudik.

Banyak anggapan bahwa mudik adalah hal yg tidak perlu dilakukan karena esensi hari raya adalah kebersihan hati untuk saling memaafkan dan bukan berkumpul dengan sanak keluarga di kampun halaman.

Namun demikian, tidak ada hari raya yang akan meriah tanpa dihayati dan dirayakan bersama orang-orang tercinta. Oleh karena itu, bagaimanapun juga, kegembiraan hari raya Idul Fitri akan lengkap jika dirayakan dengan mudik. Namun demikian, ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan mudik dengan aman dan lancar.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan jauh hari sebelum mudik adalah kesiapan mobil yang akan digunakan. Anda tentu tidak menginginkan terjadinya mobil mogok dan terhambatnya perjalanan Anda untuk merayakan Idul Fitri hanya karena mobil Anda yang kurang perawatan.

Dua bulan sebelum hari raya adalah waktu yang pas bagi Anda untuk melakukan perawatan mesin. Mesin mobil harus Anda perlakukan sebagai makhluk hidup yang harus Anda rawat dengan berkala agar dapat terus memberikan kerja yang optimal.

Namun demikian, lebih penting lagi bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan singkat setiap kali akan menggunakan mobil untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik.Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga mesin dan keseluruhan bagian kendaraan Anda agar selalu siap terutama untuk digunakan dalam acara pulang kampung lebaran nanti.

Pemeriksaan singkat pada mobil merupakan kegiatan yang harus Anda lakukan mulai saat ini juga untuk menjaga kerja kendaraan Anda untuk menghindari segala kemungkinan buruk di waktu mudik nanti. Jika Anda tidak terlalu paham dengan mesin mobil, sebaiknya Anda menggunakan jasa professional yang telah Anda percaya untuk mengoptimalkan kerja mesin kendaraan Anda.

Setelah itu, tugas Anda adalah melakukan pemeriksaan singkat setiap sebelum menggunakannya. Hal ini dapat Anda lakukan sembari menunggu saat Anda memanaskan mesin mobil sebelum mengendarainya. Pemeriksaan rutin singkat dapat Anda mulai dari panel-panel dashboard. Setelah itu Anda juga harus memeriksa BBM dan menyesuaikannya dengan rencana Anda mengisi BBM.

Hal ini sangat penting untuk menjaga performa jangka panjang mobil Anda agar tidak ada masalah yang nantinya dapat menganggu perjalanan mudik Anda. Ketidaksempurnaan penggunaan mobil dapat menyebabkan kerusakan di kemudian hari dan ini harus Anda hindari sejak dini. Walaupun terlihat sangat sepele, pemeriksaan terhadap BBM bisa sangat berpengaruh bagi performa mobil Anda.

Pemeriksaan singkat selanjutnya harus Anda lakukan pada lampu-lampu mobil Anda. Perhatikan dengan seksama apakah lampu sein, lampu depan, dan lampu jauh berfungsi baik. Hal ini sangat penting karena bisa saja lampu-lampu Anda tidak berfungsi tanpa Anda mengetahuinya dan harus menyelesaikannya dengan proses tilang.

Hal ini akan sangat mengganggu terutama jika waktu pulang kampung sudah semakin dekat. Pemeriksaan singkat selanjutnya adalah mengecek fungsi rem dan fungsi kopling. Kedua bagian mobil tersebut sangat krusial untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara. Jadi, merawat fungsi keduanya dengan melakukan cek secara rutin akan sangat bermanfaat.

Pemeriksaan singkat untuk menjaga performa mobil yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah pengecekan pada radiator dan tabung liquid coolant. Setelah itu, Anda juga perlu untuk memeriksa kondisi minyak rem mobil Anda. Untuk yang satu ini, Anda hanya perlu untuk memeriksanya dalam periode mingguan.

Pemeriksaan mobil akan dapat memelihara semua fungsinya dengan maksimal. Hal ini juga akan berdampak positif untuk kelancaran perjalanan mudik yang akan Anda tempuh tidak lama lagi.

Speak Your Mind

*