Pengen Jadi Artis, Hancur Band Ciptakan Lagu

Ilustrasi pengen jadi artisKetika mendengar satu kata artis, pikiran kita langsung digiring pada segala hal berbau kemewahan. Selain memiliki ketenaran dan diidolakan banyak orang, seorang artis rata-rata memiliki banyak uang, mobil mewah, dan rumah berharga milyaran rupiah. Jika demikian, siapa yang tidak ingin jadi artis?

 

Jadi artis seolah sudah bisa mendapatkan segalanya. Perawatan tubuh dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan fisik bisa dan selalu dilakukan kapan pun. Membeli apapun tinggal tunjuk tangan pada manager. Semua beres. Jadi artis adalah jadi raja atau ratu di kalangan dunia hiburan.

 

Di balik semua gosip dan isu yang sering menerpa, artis tetap menjadi sebuah sosok dan profesi yang menggiurkan. Toh, gosip tidaklah merugikan bagi sebagian artis. Gosip malah dijadikan batu loncatan untuk meraih popularitas.

 

Pengen Jadi Artis, Hancur Band Ciptakan Lagu

 

Keinginan dan obsesi yang sangat besar untuk menjadi seorang artis membuat sebuah band bernama Hancur Band menciptakan sebuah lagu berjudul Pengen Jadi Artis. Dilihat dari namanya, band ini menimbulkan keraguan banyak orang dengan nama –berdasarkan mata telanjang- yang seakan asal-asalan dan tidak memiliki nilai filosofi sama sekali.

 

Band yang pada awal terbentuknya mengusung musik beraliran rock ini memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda di dunia musik tanah air. Mereka ingin mengubah konsep dengan sengaja menciptakan lirik nyeleneh, lebih tepatnya realistis, untuk menunjukkan eksistensinya.

 

Sejak kemunculannya, personil band yang satu ini berpenampilan tidak seperti anak band kebanyakan. Mereka sering sekali tampil hanya dengan bercelana kolor tanpa mengenakan baju dan tidak beralas kaki.

 

Katanya, sih, mereka tidak ingin menciptakan kekakuan dan ingin memupuskan pemikiran bahwa anak band harus selalu tampil dengan gaya yang sudah terkonsep. Baju, celana, sepatu, serta aksesoris yang serba branded. Hancur Band hanya ingin tampil apa adanya.

 

Mereka sengaja menciptakan lagu-lagu mengenai realita kehidupan dengan cara yang santai sehingga musik dan lirik mereka diharapkan dapat diterima dan disukai banyak orang.

 

Selain beberapa alasan tersebut, mereka menciptakan lagu ini mungkin karena memang mereka benar-benar ingin jadi artis. Harapannya, semoga dengan menciptakan lirik tersebut membuat mereka benar-benar ‘menjadi artis’ seperti lagunya.

 

Berikut ini adalah lirik lagu Hancur Band “Pengen Jadi Artis.”

 

Ku jauh-jauh dari kampung
Mengadu nasib ke Jakarta
Untuk mengejar cita-cita
Cita-cita menjadi artis

 

Wahai bapak ibu produser
Aku mohon orbitin aku
Bapak dan ibu jangan ragu
Yakin aja bakalan laku

 

Reff:

 

Tuhan aku pengen jadi artis..
Tuhan aku pengen jadi artis..
Tolonglah bantu aku jadi artis

 

Ingin punya wanita cantik
Tapi cinta selalu ditolak
Lantaran ku ngga punya duit
Wajar aja ’kan belum artis

 

Kalo ku sudah jadi artis
Aku akan macarin artis
Walau tampangku hancur abis
Bodo amat yang penting artis

 

Back to Reff
Tuhan aku pengen jadi artis..
Tuhan aku pengen jadi artis..
Tolonglah jangan sampai menjadi gila…
Artis…

 

Lirik lagu tersebut menceritakan seseorang yang sengaja merantau ke Jakarta untuk mencapai cita-citanya menjadi artis. Banyak alasan mengapa ia ingin menjadi artis, di antaranya ingin punya banyak uang dan ingin memacari artis cantik.

 

Ia bercerita bahwa sebelum jadi artis ingin punya pacar cantik saja susah karena alasan tidak punya uang. Namun, setelah jadi artis ia akan memacari wanita dari kalangan artis. Tampangnya yang hancur tidak menjadi alasan ditolak karena dia memang artis dan yang penting artis.

 

Ironis memang, artis seolah selalu dijadikan pilihan karir paling tepat untuk menjadi kaya. Semua orang berebut ingin menjadi artis. Semua orang mengejar kesenangan dan kekayaan yang akan didapat secara cepat dengan ‘satu-satunya’ jalan menjadi artis.

 

Fenomena Keinginan Jadi Artis

 

Sosok artis saat ini memang menjadi sosok yang begitu mewah dan luar biasa. Hampir semua artis diidentikkan dengan kemewahan yang berarti adalah banyaknya kekayaan harta yang mereka miliki. Ataupun juga banyaknya uang yang dapat dengan mudah mereka peroleh.

 

Hal ini banyak terlihat dari bagaimana mereka diperlihatkan di layar televisi dari begitu banyaknya program infotainment artis yang menghiasi hampir setiap stasiun televisi. Artis digambarkan dengan rumah mereka yang besar dan mewah, kendaraan yang juga yang mewah yang tentunya dihargai dengan uang yang tak sedikit. Selain itu gaya hidup yang mereka tunjukkan pun juga glamor atau bergelimang dengan banyak uang.

 

Itulah yang memang banyak digambarkan mengenai kehidupan artis saat ini. dan itulah yang ada di benak kebanyakan dari masyarakat kita saat ini. sehingga mereka pun terbentuk pemikiran bahwa menjadi artis adalah sebuah hal yang akan menjamin kemudahan mereka untuk mendapatkan uang. Ataupun menjadi artis adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang akan menjanjikan kepada mereka kemudahan untuk menjadi kaya dengan cepat.

 

Dengan fakta yang demikian maka semakin tak mengherankan bahwa banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjadi artis. Terlebih di alam yang serba sulit dan semuanya membutuhkan uang seperTi saat ini, menjadi artis adalah jalan pintas yang menyenangkan untuk menjadi kaya dan banyak uang.

 

Selain memang salah satu tujuan dari menjadi artis adalah menggapai kepopuleran. Siapa orang yang tak ingin menjadi terkenal, populer dan dikenal serta dielu-elukan oleh banyak orang. Dan dengan menjadi artislah hal ini dapat diperoleh dengan mudah.

 

Oleh karena itulah, hal ini menjadi sebuah hal yang dianggap menguntungkan bagi para pengelola stasiun televisi ataupun prosuder. Mereka dapat mencium adanya peluang bisnis dari apa yang ada di masyarakat ini. mereka berpikir bahwa fenomena ingin menjadi artis ini dapat menghasilkan pundi uang bagi mereka.

 

Inilah yang mendasari lahirnya banyak reality show untuk menjadi artis. Tentu kita tak akan sulit untuk menemukan program reality sho semacam ini. hampir di setiap stasiun televisi berlomba-lomba untuk neyangkan atau mebuat program acara seperti ini.

 

Selain memang untuk memenuhi dan mengakomodir keinginan masyarakat untuk menjadi artis, acara seperti ini juga banyak disukai oleh penonton yang secara psti akan dapat menyedot banyak sponsor. Dan ini berarti keuntunganlah yang akan masuk ke kantong mereka.

 

Hal ini dapat dilihat dari awal mula diadakannya acara ajang menjadi artis ini. betapa banyaknya orang yang mengikuti acara audiensi ini. dan kebanyakan dari mereka adalah berasal dari kaum remaja.

 

Hal ini semakin membuktikan bahwa memang profesi artis dianggap sebagai sebuah hal yang menjanjikan. Kemudahan mencari uang yang juga dibarengi dengan sebuah hal yang menyenangkan yaitu ketenaran atau kepopuleran.

 

Setiap orang mencoba peruntungan mereka untuk menjadi artis. Mulai dari kebanyakan remaja kita hingga kaum yang sudah agak lebih dewasa. Bahkan sudah ada ajang pencarian bakat untuk menjadi artis yang khusus untuk anak-anak. Mulai dari menyanyi, berakting, melawak ataupun hal lain yang masih dapat dijual di layar kaca.

 

Jika ingin menyebutkan acara ini, sangatlah banyak sekali. Dimulai dari beberapa tahun yang lalu yaitu Akademi Fantasai Indonesia yang banyak dikenal dengan AFI. Dan setelahnya bermunculan banyak sekali.

 

Sebut saja Indonesian Idol yang hampir diadakan setiap tahunnya. Acara ini melahirkan seorang penyanyi baru. Juga saat ini yang sedang hebo adalah Indonesia Mencari Bakat yang diselenggarakan oleh Trans TV. Sampai Stand Up Comedy untuk mencari pelawak baru yang lebih fresh.

 

Sebelumnya juga ada API, Audisi Pelawak Indonesia, Kondang In, Konter Dangdut Indonesia untuk mencari penyanyi yang bergenjre musik dangsut. Atau untuk penyanyi anak-anak yaitu Idola Cilik. Bahkan di dunia memasak pun,kita juga mengenal masterChef.

 

Banyak memang contoh dari orang yang telah berhasil mengikuti acara sepert ini dan mereka pun berhasil untuk terjun di dunia hiburan. Namun juga tak sedikit yang hanya tampil di acara itu saja. ketika acara tersebut telah usai ataupun mereka sudah dieliminasi dari acara itu, nama mereka pun usdah tak ada dan tak muncul lagi di televisi.

 

Terlepas dari dua hal yang bertentangan itu, tetap saja menjadi artis tetaplah sebuah hal yang banyak dikejar sebagai mimpi oleh kebanyakan dari masyarakat kita. Itulah impian instant yang ingin direlaisasikan, pengen jadi artis.

Speak Your Mind

*