Pengertian Internet Protocol

Pengertian Internet Protocol – Protokol adalah standar sehingga terjadinya hubungan, komunikasi, serta data yang dapat berpindah antara dua atau lebih pada jaringan komputer. Pengertian internet protocol adalah standar protocol sehingga jaringan internet dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya. Jaringan internet akan memiliki kemampuan untuk menghubungkan antara pengguna internet di seluruh dunia sehingga mampu dan lancar berkomunikasi lewat internet.

Jenis-Jenis Protocol Komunikasi

Berikut beberapa jenis-jenis protocol komunikasi data atau pengertian internet protocol:

HTTP (Hypertext Transfer Protocol), merupakan protocol ringan untuk mentransfer dokumen ke dalam WWW (World Wide Web). Protokol ini bisa digunakan bermacam-macam tipe dokumen.

Gopher, merupakan aplikasi pencari di internet yang sudah tua dan hanya “text base” atau berdasarkan teks. Sekarang sudah jarang orang yang menggunakan gopher.

FTP (File Transfer Protocol), merupakan standar untuk mentransfer file computer dalam mesin-mesin antar internetwork. Paling awal dikembangkan dalam sejarah internet yaitu protocol FTP. Dengan adanya FTP, kita bisa mendownload lagu-lagu, pdf, dokumen-dokumen dan sebagainya dari internet.

Mailto, protokol internet mailto digunakan untuk menggunaan jasa email; mengirim surat, bertegur sapa, membalas surat, dan lain-lain. Contoh mailto, yaitu nama_email@namahost, misalnya, anneahira@yahoo.com.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan standar komunikasi data internet. Dengan menggunakan protocol internet bernama TCP/IP, maka dapat dilakukan tukar-menukar data dari satu computer ke computer lainnya. Begitulah pengertian internet protocol dalam TCP/IP, sebuah hal yang paling sering digunakan dalam protocol internet adalah TCP/IP.

Pengertian internet protocol tidak lepas dari fungsi dari internet protocol itu sendiri, yaitu menghubungkan sisi pengirim dan penerima data dari internet, mengingat internet pada masa sekarang sangatlah penting. Mengapa? Salah satunya yaitu kita bisa memesan barang apa pun atau makanan apapun lewat internet.

Oleh karena itu, kita harus taat pada internet protocol, sebagai alur yang harus kita tempuh dalam menggunakan internet, sehingga informasi dapat berjalan dengan baik dan benar, kita pun menjadi puas akan pelayanan internet masa kini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Speak Your Mind

*