Penggunaan Obat Cina Yang Aman

Ilustrasi Obat CinaSekarang ini, jumlah orang yang menderita suatu penyakit semakin banyak namun yang tidak kalah mengkhawatirkan bahwa sekarang ini banyak sekali terdapat berbagai macam jenis penyakit baru yang tidak pernah Anda temukan sebelumnya. Dokter tentu saja salah satu orang yang akan Anda temui pertama kali ketika Anda mengalami suatu penyakit.

Namun tentu saja, dewasa ini banyak sekali pengobatan alternatif yang banyak disarankan untuk Anda coba, mulai dari praktik klenik yang memang agak membuat bulu kuduk berdiri sampai praktik pengobatan alternatif yang hanya menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat.

Terutama di pedesaan, selain karena biaya yang murah meriah dari pada biaya yang harus mereka habiskan untuk berkunjung ke dokter, mereka lebih memilih untuk pergi ke praktik-praktik pengobatan alternatif.

Sebenarnya tidak ada yang salah bagi Anda jika Anda juga tertarik untuk mencoba beberapa pengobatan alternatif, selama proses pengobatan tersebut terbukti aman. Salah satu pengobatan alternatif yang disarankan saat ini adalah dengan menggunakan pengobatan Cina. Pengobatan Cina merupakan salah satu jenis pengobatan yang paling terkenal di dunia.

Salah satunya contohnya adalah seni akupuntur. Mungkin dulu orang ngeri melihat sejumlah jarum-jarum kecil di tusukkan ke tubuh seseorang tapi sekarang akupuntur menjadi trend sendiri di kalangan masyarakat, karena dengan seiring waktu masyarakat jadi mengerti bahwa teknik ini merupakan salah satu teknik pengobatan yang bisa dipercaya dan terbukti aman.

Mungkin beberapa teknik pengobatan Cina bisa dibuktikan lewat pengalaman dan dari mulut ke mulut, tapi selain teknik pengobatannya, pengobatan Cina juga menggunakan jenis obat-obatan untuk memaksimalkan hasilnya.

Tips Memilih Obat Cina yang Aman

Dalam hal ini memilih jenis obat Cina yang aman tidaklah mudah dilakukan, belum lagi dengan kasus pemalsuan obat yang sering terjadi akhir-akhir ini. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna menghindarkan dari segala jenis efek buruk menggunakan obat Cina palsu.

Yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah pergi ke toko-toko obat Cina yang memang dipercaya dan biasanya disanalah Anda bisa bertemu dengan shinse professional yang tidak hanya mengerti mengenai obat-obatan Cina tapi juga mereka-mereka yang sudah memilki pengalaman di bidang pengobatan Cina.

Namun jangan juga mudah percaya pada setiap orang yang mengaku shinse, Anda harus pastikan dulu bawah shinse tersebut berlisensi.

Kalau Anda tidak bisa menemukan seorang shinse berlisensipun di kota Anda, Anda tidak perlu takut karena sekarang ini banyak sekali dokter-dokter ahli yang tertarik untuk mengambil spesialisasi pengobatan Cina. Jadi, jika Anda tidak terlalu yakin dengan pilihan obat Anda, orang-orang seperti merekalah yang harus Anda temui untuk ditanyai.

Sinse Berlesensi

Pertumbuhan praktek pengobatan tradisional Cina atau Traditional Chinese Medicine (TCM) kini amat pesat. Namun, hal itu tidak diimbangi dengan penyediaan tenaga kesehatan yang kompeten. Dari seluruh sinse asing yang ada di Indonesia, hanya segelintir orang yang dinyatakan layak berpraktek oleh Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Gizi Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, hingga 2012 berakhir, hanya ada lima sinse asing yang mendaftar untuk mendapat surat izin praktek dari Kementerian Kesehatan. Dari jumlah itu empat sinse yang dinyatakan terbukti mememiliki kopetensi pengobatan dan diperbolehkan berpraktek di Indonesia.

Keempat sinse asing itu diajukan oleh PT Ken Tanzah Makmur dari Semarang dan PT Sejahtera Abadi Medical Center dari Surabaya. Ini sangat tidak sebanding dengan ratusan klinik pengobatan Cina yang ada.

Diduga saat ini terdapat ratusan sinse asing yang berkerja di klinik pengobatan Cina di seluruh Indonesia yang tidak terdaftar dan memperoleh rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Sinse yang melanggar aturan tersebut bisa dikenai sanksi berupa pencabutan izin tinggal hingga jerat sanksi pidana. Sedangkan klinik pengobatan Cina yang memperkerjakan sinse asing ilegal terancam sanksi pencabutan izin praktek hingga sanksi pidana.

Beberapa sinse yang tidak bersertifikat tadi berasal dari klinik pengobatan Cina Harapan Baru. Klinik ini didirikan sejak 2004. Dari 12 cabang klinik yang tersebar di kota-kota besar, tak satu pun sinse di sana yang masuk daftar Kementerian Kesehatan.

Ciri-ciri Obat Cina Asli

Selain itu, ada beberapa ciri obat Cina yang harus Anda ketahui ketika Anda hendak membelinya. Satu ciri unik dari obat-obatan Cina yang asli adalah bahwa terdapat stiker hologram yang membuktikan keasliannya, yaitu terdapat pancaran warna pelangi bila terkena cahaya.

Namun jangan hanya terpaku pada stiker hologram yang membuktikan bahwa obat yang Anda beli dinyatakan asli, ada satu hal lagi yang harus menjadi perhatian Anda bahwa obat tersebut memiliki stiker sudah lulus badan POM. Kemudian Terdapat kode produksi, tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, seperti halnya mengkonsumsi obat-obatan, ada petunjuk dan cara pakai yang harus Anda patuhi karena tanpa itu, semua jenis obat-obatan, bahkan obat sakit kepala paling ringan sekalipun bisa menjadi berbahaya bagi mereka yang mengkonsumsinya jika dikonsumsi tanpa mengikuti petunjuk pakai.

Beberapa Kasus Penggunaan Obat Cina

Beberapa waktu belakangan ini barang- barang hasil produksi China mulai dipertanyakan keamanannya oleh konsumen. Mulai dari produk kosmetik, makanan sintesis, mainan dan sekarang adalah obat- obatan herbalnya yag terkenal cukup mujarab.

Di Inggris, seorang wanita bernama Patricia Booth harus kehilangan dua ginjalnya dan menjalani dialysis atau cuci darah 3 kali seminggu serta menderita kanker saluran kemih setelah menkonsumsi obat herbal China selama 5 tahun untuk masalah kulitnya.

Sebelumnya dia menderita psoriasis dan tak ada satupun obat konvensional yang dapat mengatasinya hingga dia beralih ke herbala China. Tak disangka akibatnya justru sangat mengerikan. Kini ia harus berhenti bekerja dan hidup menderita karena penyakitnya itu.

Selain itu wanita lain bernama Sandra Stay juga mengalami hal serupa. Ginjalnya rusak parah dan harus menjalani cuci darah secara teratur setelah mengkonsumsi obat herbal China. Kini diketahui bahwa obat- obatan herbal yang mereka konsumsi ternyata mengandung aristolochia. Zat yang dapat membahayakan ginjal dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Kini aristolochia sudah dilarang.

Lebih mengerikan lagi, selain aristolochia, banyak diantara obat herbal China ternyata mengandung tanaman beracun, asbes, logam berat seperti merkuri dan ditamabah obat-obatan manjur buatan Barat.

Bahkan obat kuat Viagra herbal asal China diketahui mengandung ramuan berbahaya. Dari test diketahui bahwa obat tersebut mengandung obat untuk pasien obesitas dan impotensi dengan dosis yang sangat tinggi hingga bisa menyebabkan masalah jantung dan hipertensi.

Tapi rupanya di berbagai negara termasuk Inggris dimana sudah terlihat korban nyata, pemerintah masih kurang bisa mengatasi hal tersebut. Praktek pengobatan seta penjualan obat- obatan China masih terkesan bebas walaupun sebenarnya sudah ada peraturan yang dibuat untuk membatasinya.

Sebenarnya bukan hanya Inggris yang memiliki masalah dengan obat herbal China. Beberapa tahun lalu pemerintah Korea Selatan menghancurkan 871 ton obat herbal yang diimpor dari China karena diketahui mengandng kandungan racun yang berlebihan.

Tidak Semua Obat Cina Berbahaya

Tidak berarti semua obat herbal China itu berbahaya. Banyak juga yang bermanfaat dan aman. Tapi alangkah baiknya kalau mau memang mengkonsumsi pastikan yang sudah benar- benar aman dan ada izinnya dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba pengobatan Cina sebagai salah satu solusi kesehatan Anda, tapi jangan lupa untuk tetap melakukan riset lebih lanjut mengenai jenis obat-obatannya serta teknik pengobatannya karena sekarang ini banyak sekali praktik-praktik berbahaya yang menggunakan nama pengobatan Cina sebagai kedoknya.

Mempelajari beberapa hal mengenai pengobatan Cina juga bisa membantu Anda dalam menyeleksi mana jenis pengobatan yang bisa dipercaya dan mana yang tidak.

Speak Your Mind

*