Pengusaha pengusaha sukses di indonesia

Pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia jumlahnya memang tidak sebanding dengan jumlah rakyat Indonesia yang mencapai dua ratus juta jiwa lebih. Meskipun demikian, justru jumlah yang sedikit inilah yang berperan besar menggerakkan perekonomian di Indonesia.

Kehadiran pengusaha-pengusaha tangguh ini, telah membuka banyak lapangan pekerjaan baru bagi sebagian besar masyarakat. Pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia lahir dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari kalangan ekonomi menengah ke atas namun juga dari kalangan menengah ke bawah. Disipilin ilmu yang mereka geluti sebelumnya juga beragam, bahkan sebagian besar tidak menempuh pendidikan bisnis dan manajemen perusahaan.

Chairul Tanjung

Menggeluti berbagai bisnis semenjak bangku kuliah di Fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Kesulitan ekonomi setelah perekonomian keluarganya pailit, yang membuatnya kreatif mencari tambahan dana untuk keberlangsungan kuliah. Mulai dari berjualan sepatu, alat tulis hingga aneka kebutuhan mahasiswa lainnya di kampus. Tidak disangka ternyata aktivitasnya dalam bisnis kecil-kecilan itu telah mendidiknya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Berbekal pengetahuan di masa kuliah tersebut, pada tahun 1984 Chairul muda memberanikan diri mendirikan CV dan berselang tiga tahun kemudian (1987) berubah menjadi PT. Chairul tidak hanya puas pada satu bisnis. Melalui bendera PT Pariarti Shindutama, ia bersama dua rekannya mendirikan pabrik sepatu, industri genting, sendal dan properti. Namun perbedaan visi dengan kedua temannya, sempat menggoyang bisnis mereka. Akhirnya Chairul memilih untuk menjalankan bisnisnya sendiri.

Meskipun sudah masuk dalam jajaran pengusaha sukses Indonesia, bukan berarti Chairul tidak pernah gagal. Kegagalan demi kegagalan dijalani dengan penuh semangat. Pengalaman bangkit dari kegagalan telah mengajarkan banyak hal tentang proses menuju sukses. Satu demi satu bisnis yang di bangun kini menjadi penggerak roda perekonomian Indonesia.

Salah satu bisnis yang ikut melambungkan namanya adalah bisnis pertelevisian, trans corporation. Bisnis televisi yang digawanginya terkenal ketika berhasil membangkitkan televisi yang hampir bangkrut TV7, yang kini berganti nama menjadi trans7 dan terbilang sukses.

Purdi E. Chandra

Ia terkenal sebagai pendiri Primagama lembaga bimbingan belajar terbesar di Indonesia. Berawal dari sebuah outlet yang berisi dua murid saja hingga saat ini primagama telah menjadi Holding Company, yang membawahi lebih dari 20 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan formal, pendidikan non formal, telekomunikasi, biro perjalanan, rumah makan, supermarket, Asuransi juga lapangan golf. Perjalanan primagama tidak terbilang mulus. Semangat dan kerja keras telah membawa Purdi E Chandra masuk dalam jajaran pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia.

Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Pengusaha sukses yang identik dengan celana pendek dan selalu menyelipkan cangklong di bibirnya. Ia adalah enterprenuer pertanian tersukses di Indonesia. Siapa sangka, perjalanannya menjadi pebisnis sukses diawali setelah warisan kekayaan dari orang tua dihabiskan untuk keliling dunia.

Abdul Rahman

Pengguna internet pasti mengenal situs detik.com yang terkenal sebagai situs berita terkemuka dan teraktual di Indonesia. Pemilik situs ini adalah Abdul Rahman, seorang mantan wartawan yang memutuskan untuk terjun ke bisnis internet semenjak tahun 1990-an. Situs ini yang akhirnya membawa Abdul Rahman menjadi milyader lokal sekaligus masuk dalam jajaran pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia.

Hary Tanoesoedibjo

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia, yaitu Hary Tanoesoedibjo. Pengusaha yang lahir di Surabaya 26 September 1965 ini termasuk golongan pengusaha mida sukses di Indonesia. Latar belakang pendidikan pengusaha sukses ini, yaitu Bachelor of Commerce dari Carleton University pada 1988 dan Masters on Business Administration dari Ottawa University pada 1989.

Pria yang akrab disapa Hary Tanoe ini menjadi salah satu raja media di Indonesia. Saat ini, dia menjabat sebagai CEO MNC Groups. Selain nitu, Hary Tanoe pun menjabat sebagai presiden direktur PT Global Mediacom Tbk sejak 2002. Usaha Hary Tanoe pun tak hanya di bidang media, tapi juga dalam bidang finance, yaitu sebagai pendiri, pemegang saham, dan prseiden eksekutif PT Bhakti Investama Tbk sejak 1989.

Dalam bidang media, pria yang memiliki 5 anak ini memegang posisi strategis di berbagai perusahaan media yang tergabung dalam MNC Groups, yaitu PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC TV dan Global TV) dan PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).

Banyaknya perusahaan yang dipimpin oleh suami dari Liliana Tanaja Tanoesoedibjo ini menjadikan Hary Tanoe sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Pada 2011 yang lalu, Majalah Forbes menempatkan Hary Tanoe sebagai orang terkaya di Indonesia di posisi 22 dengan total kekayaan mencapai 1,19 miliar dollar.

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Budi Hartono dan Michale Hartono merupakan kaka beradik yang memiliki perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu Djarum. Selain sebagai pemiliki Djarum, kedua bersaudara ini pun merupakan pemegang terbesar saham BCA. Sebagai pengusaha sukses di Indonesia, kedua kakak beradik ini diklaim oleh Majalah Forbes sebagai pengusaha terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 4,2 miliar dolar Amerika Serikat.

Martua Sitorus

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia lainnya, yaitu Martua Sitorus. Martua Sitorus merupakan pengusaha yang bergerak dalam bidang minyak kelapa sawit. Perusahaan kelapa sawit yang dipimpin oleh Martua Sitorus ini adalah Wilmar Internasional. Pengusaha sukses ini diklaim memiliki kekayaan sekitar 3 miliar dolar Amerika Serikat.

Peter Sondakh

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia adalah Peter Sondakh. Peter Sondakh diperkirakan memiliki kekayaan sekitar 2,6 miliar dolar Amerika Serikat. Peter Sondakh ini mempimpin Rajawali Group.

Jusuf Kalla

Salah satu pengusaha sukses di Indonesia, yaitu Jusuf Kalla. Orang mengenal Jusuf Kalla sebagai wakil presiden. Namun, awal karier beliau dimulai sebagai pengusaha. Jusuf Kalla memiliki perusahaan bernama NV Hadji Kalla. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan barang kebutuhan sehari-hari, hasil bumi, dan bahan bangunan.

Jusuf Kalla atau JK mulai terjun ke dalam dunia usaha sejak lulus kuliah. Beliau terjun menggeluti usaha miliki keluarga. Saat itu, perusahaan dalam kondisi sulit akibat situasi ekonomi nasional yang buruk. Di tangan Jusuf Kalla, perusahaan yang dalam kondisi buruk mulai tumbuh pesat dan positif. Pada 1969, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Hadji Kalla Trading.

Bisnis yang dikembangkan Jusuf Kalla mendapat kepercayaan dari perusahaan otomotif Astra Internasional sebagai penyalur utama Toyota di kawasan Indonesia Timur. Tak hanya itu, Jusuf Kalla pun mulai mengembangkan sayapnya dengan mendirikan perusahaan di bidang konstruksi, yaitu PT Bumi Karsa.

Dari kisah perjuangan karir mereka hingga menjadi pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia, dapat diambil satu benang merah bahwa yang dibutuhkan untuk sukses adalah niat dan kerja keras. Jika dua hal tersebut ada, maka modal yang lainnya akan datang dengan sendirinya melalui niat dan kerja keras tadi.

Nah, itulah profil pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia. Semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda.

Speak Your Mind

*