Pentingnya Pelestarian Hutan

Ilustrasi pelestarian hutanApakah Anda merasa kalau bumi terasa semakin panas? Ya, bumi semakin kehilangan kesejukannya semenjak hutan-hutan ditebangi untuk kepentingan manusia. Akibatnya, suplai oksigen di bumi semakin berkurang, kadar polusi di udara meningkat sehingga terjadilah global warming atau pemanasan global. Jika pelestarian hutan terus diabaikan, kerusakan parah akan terjadi di bumi.

Hutan Sebagai Paru-paru Bumi

Paru-paru adalah organ penting dalam tubuh. Ia berfungsi untuk mengatur pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh. Oksigen diperlukan untuk kehidupan sel-sel tubuh agar bisa melakukan tugasnya dengan baik. Sedangkan karbondioksida adalah gas hasil pernapasan yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh karena sifatnya merusak.

Sama seperti halnya bumi. Hutan berperan sebagai penghasil oksigen sekaligus mengurangi kadar karbondioksida dan polusi udara di bumi. Hutan terdiri sekumpulan pepohonan yang menyerap karbondioksida untuk pembuatan makanan. Istilahnya adalah fotosintesis.

Hasil dari fotosintesis adalah oksigen. Inilah gas yang diperlukan makhluk hidup di bumi untuk beraktivitas. Oleh karena itu, pelestarian hutan sama pentingnya dengan memelihara kesehatan paru-paru.

Efek Rumah Kaca

Akibat yang ditimbulkan jika pelestarian hutan tidak diindahkan adalah efek rumah kaca. Jika Anda berada di rumah yang atap dan dindingnya terbuat dari kaca tertutup pada siang hari, pasti akan terasa gerah sekali. Hal ini disebabkan oleh panas matahari yang masuk ke dalam rumah kaca tidak bisa keluar dan akan mengendap di dalam rumah kaca.

Polusi dari asap industri dan kendaraan bermotor akan menciptakan suasana seperti rumah kaca tersebut. Panas matahari yang masuk ke dalam bumi tidak bisa terpantul ke luar angkasa karena tertahan oleh lapisan polusi di udara.

Akibatnya, panas akan tertahan di dalam bumi sehingga makhluk hidup yang berada di dalamnya merasa kegerahan. Lama-kelamaan, es di kutub utara dan selatan pun akan mencair sehingga mengakibatkan banjir yang hebat. Itulah efek rumah kaca akibat manusia melalaikan pelestarian hutan.

Manfaat Pelestarian Hutan

  • Pelestarian hutan mengurangi efek rumah kaca.
  • Pelestarian hutan akan menjaga keanekaragaman tanaman dan satwa yang hidup di dalamnya.
  • Pelestarian hutan akan menjaga udara di bumi tetap bersih dari polusi udara yang mengganggu kesehatan.
  • Pelestarian hutan membuat cadangan air di bumi melimpah karena mampu menampung air hujan.
  • Pelestarian hutan akan mencegah bahaya erosi dan ban

Speak Your Mind

*