Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya

Ilustrasi asam urat dan pengobatannyaDewasa ini, banyak orang mengaku menderita penyakit asam urat. Hal tersebut sebenarnya salah kaprah. Asam urat secara normal ada dalam darah di tubuh kita. Jumlah yang sedikit tidak akan memberikan pengaruh yang negatif. Apa sih sesungguhnya asam urat itu? Dan kenapa jumlahnya bisa menjadi berlebih? Yuk, kita bahas bersama tentang asam urat dan pengobatannya.

Apa sih asam urat itu?

Asam urat adalah suatu zat sisa atau zat buangan dari hasil pemecahan ATP. ATP adalah energi yang menjadi sumber tenaga kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Jika aktivitas meningkat, maka akan semakin banyak ATP yang terpakai. ATP ini kemudian akan dipecah menjadi Hypoxantine.

Dengan adanya enzim tertentu, hypoxantine akan diubah menjadi IMP yang mencegah pembentukan asam urat di hati. Jika sampai ke hati, hypoxantine akan diubah menjadi xantine dan asam urat. Asam urat selanjutnya akan dibuang melalui ginjal bersama dengan urin atau air seni.

Trus, kenapa bisa ada orang yang kadar asam uratnya berlebihan? Kadar asam urat yang berlebih bisa disebabkan karena 2 hal:

  1. Produksinya yang berlebihan (overproduction) Produksi yang berlebihan terjadi karena kekurangan enzim yang mengubah hypoxantine menjadi IMP, sehingga terjadi peningkatan oksidasi hypoxantine menjadi asam urat. Kekurangan enzim juga mencegah pembentukan basa purin menjadi purin nukleotida. Karena disamping sebagai bahan inti sel yang utama, purin nukleotida juga dapat mencegah pembentukan asam urat di hati
  2. Pengeluarannya yang berkurang (underexcretion) Glukosa yang tidak digunakan akan dipecah menjadi asam laktat. Asam laktat menghambat pengeluaran asam urat melalui ginjal. Sehingga, semakin banyak asam laktat yang tertimbun akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Penyakit yang Timbul

Batasan normal kadar asam urat dalam darah untuk laki-laki 7mg%, sedangkan untuk perempuan 6mg%. Jika kadar asam urat di dalam darah kita berlebihan, maka akan memunculkan beberapa kelainan penyakit, diantaranya:

  • Artritis sakit asam urat atau artritis pirai (nyeri sendi)
  • Pembentukan tophus (penumpukan kristal urat pada jaringan tubuh)
  • Nefropati urat (gagal ginjal karena kadar asam urat berlebihan)
  • Pembentukan batu urat dalam saluran kencing

Pengobatan Asam Urat

Lantas, bagaimana meminimalisir sakit asam urat dan pengobatannya? Pada prinsipnya, pengobatan untuk kelainan yang terjadi karena kadar asam urat yang berlebih terletak pada pengaturan diet makanan dan istirahat sendi. Pengobatan artritis sakit asam urat dengan diberi antinyeri dan antiradang.

Pencegahan pembentukan asam urat bisa dengan obat penurun asam urat atau dengan diet rendah purin. Beberapa contoh makanan yang tidak boleh diberikan karena kadar purinnya sangat tinggi misalnya: sarden, kerang, jantung, hati, usus, limpa, paru, otak, kaldu, bebek, angsa, dan burung.

Tinggi asam urat tingkat tidak dianggap sehat bagi tubuh. Orang-orang menderita sakit asam urat ketika ada kenaikan kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat tidak berbahaya bagi tubuh kita, sebenarnya, itu adalah produk sampingan dari penguraian kimiawi dari senyawa yang disebut purin yang ditemukan dalam sel-sel tubuh kita dan makanan. Purin sangat penting setiap hari karena mereka memberikan tubuh dengan energi dan protein, inilah proses konversi yang memproduksi asam urat dalam tubuh. Tingkat normal asam urat sangat sehat bagi tubuh karena mereka adalah antioksidan dan memberikan perlindungan pada lapisan internal pembuluh darah.

Namun, ketika kenaikan tingkat, itu membuat tubuh menderita kondisi menyakitkan yang disebut asam urat. Sakit asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang terbentuk setelah asam urat secara berlebihan akan dikonversi menjadi kristal urat dan bisa disimpan dalam berbagai sendi lutut dan jari kaki. Ketika terlalu banyak dari kristal ini membangun, mereka menyebabkan peradangan pada sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit terlalu banyak dan pembengkakan. Ya, sakit asam urat dapat diobati oleh obat, tapi obat-obatan datang dengan bagian mereka dari efek samping, sehingga yang terbaik adalah untuk mengetahui bagaimana untuk menurunkan kadar asam urat secara alami.

Bagaimana Mengurangi Tingkat Asam Urat

Jika Anda memiliki riwayat sakit asam urat, dokter mungkin menyarankan untuk mencoba lebih rendah purin dalam diet Anda jika Anda ingin mencegah episode lain dari asam urat. Setelah semua rasa sakit yang datang dengan asam urat adalah sesuatu yang tidak ada yang mau untuk memiliki, tetapi apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana untuk memastikan bahwa tingkat purin dalam tubuh Anda tidak tinggi. Dokter menyarankan obat, pasti, tapi obat-obat ini memiliki beberapa efek setelah. Itulah sebabnya, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana untuk menurunkan asam urat secara alami.

Perhatikan Minuman Anda

Jika Anda memiliki kadar tinggi asam urat dalam tubuh Anda, hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk tetap terhidrasi. Memiliki banyak cairan air putih tidak hanya akan membantu mengencerkan asam urat dalam aliran darah Anda, tetapi juga membantu ginjal menghilangkannya. Daripada minum air ketika Anda mengalami dehidrasi, lebih baik membuat sebuah titik untuk minum setidaknya 8 sampai 9 gelas air setiap hari. Hindari minuman keras seperti alkohol dan bir karena mereka meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan membuat sakit asam urat lebih buruk; di pesta-pesta dan acara sosial ganti saja minuman aneh aneh dengan jus atau koktail.

Perhatikan Diet Anda

Asam urat sebenarnya merupakan rincian dari semua purin yang Anda konsumsi. Untuk memastikan bahwa kadar asam urat berkurang, mulailah mengkonsumsi makanan yang rendah purin. Jadi mencoret jeroan, makanan laut, kacang dan bahkan sayuran seperti kembang kol, jamur dan beberapa sayuran. Ikuti diet asam urat pencegahan yang akan memastikan bahwa Anda makan hal-hal yang benar. Jangan lupa untuk mendapatkan banyak vitamin C dan memiliki susu yang rendah lemak. Untuk tahu mana makanan yang harus dihindari, membaca artikel ini pada makanan yang menyebabkan asam urat.

Obat Asam Urat?

Ya, obat tertentu dapat menyebabkan peningkatan mendadak dalam tingkat asam urat dari tubuh. Hal ini berlaku dalam kasus diuretik yang umumnya diambil untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebelum mengambil obat, berbicara dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa mereka tidak memperburuk kondisi asam urat Anda.

Berat Badan

Salah satu alasan utama sakit asam urat adalah kelebihan berat badan yang Anda miliki. Berat badan ideal dan tidak terlamapu gemuk, juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara bertahap. Pastikan untuk tidak memanjakan diri dalam teknik yang menyebabkan penurunan berat badan yang cepat karena hal ini juga mungkin memiliki efek sebaliknya dan menyebabkan tingkat asam urat meningkat bahkan lebih.

Hindari soda fruktosa

Batasi konsumsi soda dan minuman soda. Laporan kesehatan menunjukkan bahwa orang yang minum jumlah tinggi soda dan minuman ringan lebih mungkin untuk menderita asam urat. Gantilah fruktosa dengan minuman biasa, air putih, atau teh, untuk menggantikan kebiasaan Nda pada minuman fuktosa sesaat.

Mudah mudahan Anda sudah mengerti bagaimana untuk menurunkan kadar asam urat. Asam urat dan pengobatannya secara alami bekerja sangat efektif,serta menjaid cara terbaik, dibandingkan tergantung pada obat obat yang tidak cocok dengan alergi Anda pada asupan tertentu.

Speak Your Mind

*