Penyakit pada Bagian-Bagian Mata

Ilustrasi bagian bagian mata

Daftar Isi

  1. Bagian-bagian Mata
  2. Bagian Mata dan Penyakitnya
  3. Menjaga Kesehatan Mata

Bagian-bagian mata memegang peranan penting dalam kehidupan. Terdengar aneh memang, tapi tidak jika kita membicarakan mata dalam cakupan kesehatan.

Coba bayangkan jika satu saja bagian-bagian mata yang kita miliki terganggu, maka penglihatan kita pun akan terganggu. Jika mata sudah terganggu, secara tidak langsung hal tersebut juga akan mengganggu aktivitas Anda.

Membaca jadi sulit, melihat segala sesuatunya juga menjadi tidak jelas, dan akan mudah mengakibatkan Anda sakit kepala. Akibat-akibat yang tidak menyenangkan tersebut akan mendera, jika Anda tidak memerhatikan kesehatan bagian-bagian mata dengan benar.

Apakah seseorang sedang sedih, marah, gembira, dan ekspresi hati lainnya dapat terlihat hanya lewat mata.

Memerhatikan bagian-bagian mata dengan baik sebenarnya gampang-gampang susah.

Gampang karena kita bisa melakukannya seorang diri, dan susah karena terkadang masalah ini dianggap sepele sehingga timbul rasa malas.

Padahal, dengan menjaga kesehatan bagian-bagian mata, manfaat yang akan kita rasakan cukup besar.

Gaya hidup menjadi semacam jawaban dari semua upaya yang dilakukan agar bagian-bagian mata tetap sehat terjaga. Gaya hidup meliputi kebiasaan, serta makanan yang dikonsumsi.

Jika dilihat dari kebiasaan, Anda yang hobi membaca sambil tiduran dan di tempat yang agak redup sebaiknya mulai mengurangi hal tersebut.

Tempat-tempat tersebut sangat tidak cocok untuk membaca. Jika dipaksakan, mata akan bekerja ekstra keras. Seperti yang diketahui bersama bahwa, mata hanya dapat melihat jika ada bantuan cahaya. Jika bantuan cahaya yang diterima sangat sedikit, maka secara otomatis kerja mata menjadi lebih berat. Dan itu akan merusak bagian-bagian mata Anda.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel juga baik untuk menjaga kesehatan bagian-bagian mata Anda. Mulai sekarang biasakan mengonsumsi wortel atau sayuran-sayuran dengan warna yang terang.

Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Dengan bagian-bagian mata yang sehat, manusia dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Selain untuk beraktivitas, mata yang sehat membuat seseorang terlihat segar, cantik atau tampan, dan bersinar.

Layaknya ungkapan bahwa mata adalah jendela hati, maka mata bisa memperlihatkan suasana hati seseorang. Segala ekspresi dapat dipancarkan oleh mata. Apakah seseorang sedang sedih, marah, gembira, dan ekspresi hati lainnya dapat terlihat hanya lewat mata. Tanpa disadari ini juga menjadi tugas dari bagian-bagian mata.

Dengan kata lain, mata adalah sumber kejujuran seseorang. Oleh karena itu, kita harus menjaga sebaik-baiknya bagian-bagian mata kita yang diberikan Tuhan ini agar bisa berfungsi sebaik-baiknya.

Mengingat pentingnya mata bagi kehidupan, sepatutnya kita mengenal bagian-bagian mata kita sekaligus memahami penyakit apa saja yang dapat menyerang organ penting ini.

Bagian-bagian Mata

No Bagian Mata Keterangan
1 Kornea Bagian depan mata yang dilapisi selapu cahaya.
2 Pupil Merupakan bagian mata yang letaknya di tengah-tengah iris. Berbentuk celah lingkaran dan berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata.
3 Iris Merupakan bagian mata yang terletak dekat lensa dan berfungsi untuk memberi warna mata. Objek yang kita lihat dapat berwarna karena adanya iris.
4 Lensa kristalin Merupakan lensa mata yang berfungsi mengatur pembiasan. Pembentukan bayangan dari hasil pembiasan ini jatuh tepat pada retina jika mata dalam keadaan normal.
5 Retina Selaput bagian belakang mata. Berfungsi sebagai layar untuk menangkap bayangan.
6 Otot siliar Otot yang berada di sekitar lensa mata. Berfungsi mengatur menebal dan memipihnya lensa mata.

Selain organ-organ dalam pada mata, kita pun harus mengenal fungsi bagian-bagian mata yang terletak di luar dan juga memiliki fungsi sebagai pelindung mata.

No Bagian Mata Fungsi
1 Kelopak mata Berfungsi untuk berkedip dan mencegah masuknya kotoran dari luar. Bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu.
2 Alis mata Berfungsi untuk menghalangi keringat dari dahi.
3 Kelenjar air mata Berfungsi untuk mencegah mata dari kekeringan dan mengeluarkan kotoran pada mata. Oleh sebab itu, menagis itu diperlukan –sesekali– agar mata kita tidak kering dan kotoran-kotorannya keluar sehingga mata tampak semakin sehat.

 

Bagian-bagian Mata dan Penyakitnya

Miopi atau rabun jauh 
Seseorang tidak dapat melihat benda-benda jarak jauh. Penderita miopi kebanyakan dari kalangan siswa. Bagian-bagian mata yang ikut terganggu ketika seseorang mengalami miopi adalah retina, kornea, dan pupil.
Hipermetropi atau rabun dekat
Kebalikan dari miopi atau seseorang tidak bisa melihat benda-benda yang jaraknya dekat dengan mata. Bagian mata yang “terlibat” dalam kasus kesehatan ini adalah retina dan kornea.
Presbiopi
Penyakit mata yang tidak mampu melihat benda-benda yang jauh maupun dekat dari mata. Hal ini terjadi karena faktor usia yang tidak lagi muda. Penderitanya pun berasal dari kalangan orang-orang lanjut usia. Bagian-bagian mata yang tidak terjaga dengan baik ketika seseorang menderita presbiopi adalah lensa.
Kerabunan dan kebutaan 
Perbedaannya adalah penderita kerabunan masih dapat melihat dengan samar-samar, sedangkan penderita kebutaan tidak dapat melihat benda sama sekali. Kebutaan bisa terjadi akibat faktor lahir atau keturunan dan dapat pula terjadi akibat kecelakaan. Huruf Braille adalah huruf timbul yang biasa digunakan orang yang menderita kedua penyakit ini untuk membaca. Jika seseorang sudah menderita penyakit ini, maka sebagian besar bagian-bagian mata yang dimilikinya sudah mengalami kerusakan.
Buta warna
Seseorang yang tidak bisa membedakan warna-warna. Mereka hanya mampu melihat warna-warna netral, seperti hitam, abu-abu, dan putih. Penyakit ini bersifat turunan. Kemungkinan seorang penderita buta warna memiliki anak yang buta warna sangat besar.
Katarak
Penyakit mata yang membuat mata menjadi buram. Penderita katarak kebanyakan orang lanjut usia, meskipun kini katarak sudah menyerang orang-orang berumur pra-lansia. Bagian-bagian mata yang terserang ketika seseorang menderita penyakit ini adalah lensa mata. Lensa mata menjadi seolah berkabut dan menghalangi cahaya yang masuk ke dalam mata.
Rabun senja atau rabun ayam
Penyakit mata yang membuat mata menjadi samar atau rabun ketika senja (hari menjelang malam).

Menjaga Kesehatan Bagian-bagian Mata

Itulah beberapa penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang bagian-bagian mata kita. Oleh sebab itu, jagalah mata kita agar tetap sehat setiap saat. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Jadi, lakukanlah cara-cara sehat untuk mata kita.

Berikut ini dapat dijadikan tips untuk menjaga kesehatan mata :
Berolah raga dapat memperlancar aliran darah ke mata.
Untuk memenuhi kecukupan gizi, makanlah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.
Jangan dibiasakan melihat benda-benda dari jarak dekat karena dapat mengakibatkan mata lelah.
Jangan membaca di tempat-tempat yang pencahayaannya kurang baik. Perhatikan pula posisi membaca yang baik.
Latih otot mata agar tidak tegang dengan melirik ke atas dan bawah, ke kiri dan kanan, serong kanan atas dan bawah begitu pun sebaliknya, kemudian gerakkan melingkar searah jarum jam dan sebaliknya. Senam ini dilakukan 5-10 hitungan tiap gerakan.
Ketika berada di ruangan terbuka, gunakanlah kacamata untuk mengurangi pengaruh sinar matahari dan radikal bebas.
Sebaiknya jangan memakai obat atau vitamin apapun tanpa anjuran dokter.

Tidak sulit, bukan? Berkorban sedikit demi hasil maksimal tidak ada salahnya dilakukan karena sehat untuk kenyamanan kita sendiri. Kesehatan pada bagian-bagian mata kita akan menjamin kenyamanan. Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*