Penyakit Tak Menular yang Mesti Diwaspadai

Ilustrasi penyakit tak menular yang mesti diwaspadaiUmumnya, sebuah penyakit ditakuti karena dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Jangan salah teman. Ada juga beberapa penyakit tak menular yang mesti diwaspadai yang harus diwaspadai karena berbahaya bagi penderitanya. Penyakit tidak menular ini juga tidak kalah mematikannya dengan penyakit menular lainnya. Meskipun demikian, banyak orang yang tidak tahu tentang penyakit ini.

Semakin kurangnya kepedulian masyarakat dengan kesehatan ditambah dengan semakin tingginya tingkat polusi lingkungan meningkatkan resiko terkena penyakit tak menular tapi berbahaya. Oleh karena itu, sekarang kita tidak hanya perlu waspada terhadap penyakit menular, tetapi juga mewaspadai penyakit tidak menular namun cukup berbahaya bagi kesehatan.

Penyakit yang dapat menulari orang lain biasanya disebabkan oleh patogen yang berbahaya bagi tubuh. Namun, penyakit yang tidak menulari orang lain biasanya karena faktor DNA dan kondisi tubuh. Penasaran? Yuk, kita intip beberapa penyakit tak menular yang mesti diwaspadai.

Penyakit Jantung

Ini adalah jenis penyakit pembunuh nomor dua di dunia. Banyak sekali orang dengan penyakit ini rentan dengan kematian. Penyakit jantung adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang mengedarkan darah di daerah jantung sehingga jantung kesulitan untuk bekerja. Selain itu, tersumbatnya pembuluh jantung juga membuat jantung mudah lelah sehingga tubuh kita tidak bisa bekerja secara optimal.

Sifat penyakit jantung bisa tiba-tiba datang dan mengundang kematian sehingga disebut silence killer. Ada juga penyakit jantung bawaan. Penyakit ini bisa disebabkan salah satu ruang di dalam jantung bocor sehingga jantung bekerja tidak maksimal. Ibaratnya, sebuah kantong plastik yang diisi air dan mengalami kebocoran sehingga dia akan mengempis. Ini sangat berbahaya buat tubuh manusia karena akan kekurangan darah yang sangat penting bagi berlangsungnya proses kehidupan manusia.

Penyakit jantung bawaan membuat kondisi penderita cepat menurun dan tidak boleh capek. Jarang penderita jantung bawaan akan hidup lama. Rata-rata mereka bertahan sampai usia 20 tahunan, kecuali operasi mereka sukses tetapi prosentasenya sangat sedikit. Banyak diantara penderita jantung yang akhirnya berujung pada penyakit lain seperti stroke.

Kurang olah raga dan asupan gizi yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab seseorang terjangkit penyakit ini. Selain itu, semakin tingginya tingkat polusi lingkungan juga menjadi penyebab. Banyak orang yang baru sadar akan pentingnya olah raga setelah mengetahui bahwa dia terkena penyakit jantung. Ini semakin membuat penyakit jantung sulit dihindari.

Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang sering diderita oleh orang-orang lanjut usia. Namun, belakangan, karena pola makan yang serba instan dan banyak mengandung asam tinggi, membuat kaum muda pun bisa terkena penyakit ini. Penyakit ini pun menjadi penyakit yang tidak mengenal usia.

Hati-hati dengan asam urat karena dapat membuat pembengkakan pada pembuluh sehingga bagian yang diserang terasa sakit dan sulit digerakkan. Umumnya, asam urat ditemukan diwilayah kaki. Oleh sebab itu, penderita sering kesulitan berjalan ataupun menekuk wilayah kaki. Ini mengakibatkan terganggunya aktifitas sehari-hari.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurang seimbangnya asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Banyak orang yang saat ini hanya mementingkan makan makanan yang enak tetapi tidak memperhatikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ditambah dengan kurangnya olahraga membuat penyakit ini mudah menjangkiti manusia.

Kanker

Wah, kalau penyakit ini pastinya sering sekali Anda mendengarnya. Penyakit ini memang semakin hari semakin populer dan sering ditemukan. Yah, inilah momok penyakit nomor satu yang bisa menyebabkan kematian sehingga ditakuti oleh banyak orang. Selain itu, diantara banyak penyakit mematikan, kanker lah yang paling sulit disembuhkan.

Kanker diambil dari kata cancer, yaitu nama bintang dengan lambang kepiting. Asal kata tersebut mengacu pada pertumbuhan kanker yang bisa menyebar dengan cepat seperti capit kepiting. Pertumbuhan sel kanker biasanya ditandai dengan beberapa stadium. Mulai dari stadium awal hingga stadium akhir. Penderita kanker yang sudah pada stadium akhir kemungkinan untuk hidupnya sangat sedikit dan biasanya sulit ditolong nyawanya.

Kanker disebabkan oleh tumbuhnya jaringan sel tidak normal yang malah merusak jaringan sel yang normal. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa makanan, gen, pola hidup, dan radiasi. Semakin maju sebuah kehidupan, semakin banyak juga jenis kanker. Oleh sebab itu, pola hidup sehat diperlukan agar penyakit ini tidak menerjang tubuh kita.

Reumatik

Reumatik adalah penyakit sendi yang sering menyerang tulang. Penyakit ini timbul karena berkurangnya jumlah kalsium dalam tulang sehingga menyebabkan tulang kita rentan dan berbuntut rasa sakit.

Kalau sudah parah, sendi-sendi bisa sakit dengan sendirinya. Anda yang masih muda mulailah menjaga tulang. Pasti semua orang tidak mau menderita penyakit persendian ini? Meskipun penyakit ini biasanya menyerang para orang tua lanjut usia, tak jarang penyakit ini juga menyerang yang masih muda.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena kurangnya asupan gizi untuk tulang. Selain itu, ada mitos yang mengatakan bahwa reumatik disebabkan karena sering mandi di malam hari. Meskipun hal ini belum terbukti kebenarannya, tetapi banyak orang yang percaya akan hal ini. Tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan tambahan yang mengandung lebih banyak kalsium untuk menghindari terkena penyakit reumatik.

Mag

Penyakit mag disebabkan oleh kelebihan asam lambung sehingga menciptakan gas dan perasaan tidak nyaman di perut. Penyakit ini ditimbulkan oleh faktor keterlambatan makan, bisa juga karena sering sekali mengonsumsi makanan yang padat asam, terlalu banyak makan, atau stres yang terus-menerus dan bertingkat sehingga memicu asam lambung meningkat.

Gejala umumnya adalah nyeri di ulu hati dan perasaan mual. Dengan mengunakan obat yang beredar dipasaran seperti promag dan milanta, nyeri ini dapat dinetralisasi. Namun, hati-hati. Mag kronis bisa menyerang. Mag kronis biasanya susah dinetralisir karena saking parahnya. Oleh karena itu jika sudah terdiagnosa terkena penyakit ini, sebaiknya mengatur kembali pola makan setiap hari.

Jagalah lambung dengan tidak makan terlalu banyak. Seringlah mengonsumsi sayuran dan buah, juga tepati jadwal makan. Jangan suka mengolor waktu makan. Jika sudah merasa lapar, sebaiknya segera mengisi perut dengan makanan yang bergizi. Dengan begitu, penyakit ini bisa ditendang menjauh.

Tips Menghindari Penyakit

Semakin hari masyarakat semakin sibuk dengan urusannya masing-masing. Hal ini menurunkan tingkat kepedulian masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Apalagi waktu sudah banyak dihabiskan untuk kesibukan dan mengurangi waktu istirahat yang diperlukan oleh tubuh.

Ketidakpedulian terhadap kesehatan juga nampak ketika masyarakat memakan makanan sehari-hari. Saat ini semakin banyak makanan yang tidak sehat. Makanan mengandung pengawet dan bahan pewarna sintetis sudah banyak beredar di masyarakat. Akan tetapi masyarakat seakan tidak peduli dan tetap saja mengkonsumsi makanan sembarangan.

Yang terbaik sebenarnya adalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat menyehatkan. Selain makanan pokok, sayuran dan buah-buahan juga perlu dikonsumsi secara rutin. Setidaknya setiap hari harus mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup. Tidak perlu sayuran dan buah-buahan yang mahal, cukuplah yang murah dan mudah didapat. Yang terpenting adalah sayuran dan buah-buahannya masih segar dan bersih sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Makan tepat waktu bisa juga menghindarkan Anda dari penyakit, khusunya penyakit mag. Perut yang kosong membuat tubuh kurang mendapatkan asupan gizi yang diperlukan. Jika dibiarkan kosong terlalu lama, maka tubuh akan terasa lemas dan kurang bertenaga.

Selain makanan yang sehat, perilaku hidup sehat juga perlu diterapkan. Olahraga secara rutin bisa membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka tubuh tahan terhadap berbagai penyakit. Olahraga juga bisa menghilangkan stress. Riset membuktikan bahwa stress berlebihan bisa menyebabkan penyakit berbahaya termasuk jantung dan kanker.

Olahraga rutin minimal sekali setiap minggu bisa membantu menignkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga tidak melulu dilakukan di luar rumah. Di dalam rumah pun olahraga tetap bisa dilakukan. Gerak-gerak ringan melemaskan otot tubuh bisa dilakukan di dalam rumah. Jika menginginkan lebih, bisa melakukan jogging setiap pagi. Selain menyehatkan, jogging juga menyenangkan dan bisa menghilangkan stres.

Speak Your Mind

*