Penyalahgunaan Email Artis dalam Dunia Maya

Perkembangan zaman menyebabkan semua orang berusaha untuk dapat mencapai tujuan hidupnya. Salah satu kebutuhan yang secara implicit menjadi tujuan adalah dekat dengan pujaannya. Setiap orang ingin sekali mempunyai link khusus dengan pujaannya, terutama artis. Mereka memuja pujaannya sehingga terus memburu alamat email artis tersebut tanpa lelah.

 

E-mail artis adalah sebuah alamat resmi ataupun tidak resmi yang ada di internet dengan subyek artis tertentu. Alamat ini sedemikian rupa sehingga banyak orang, terutama anak-anak yang terpikat dan terus berkomunikasi dengan sang artis.

 

Mereka tidak peduli tentang kebenaran alamat tersebut. Bagi mereka, jika surat mereka dibalas oleh sang artis, maka kebahagiaan hati tidak terperihkan. Dengar penuh antusias, mereka terus berkomunikasi dengan sang artis, dan terus merasa bahagia saat mendapatkan balasan.

 

Alamat e-mail artis di internet memang sedemikian banyaknya sehingga seringkali kita berada dalam keraguan atas kebenaran alamat tersebut. Jika dianggap awu-awu, ternyata saat dikirimi surat, mereka membalas dengan penuh semangat, sebagaimana seorang pujaan mendapatkan surat dari fans. Mereka membalas surat elektronik yang kita kirim dengan ungkapan kata-kata yang menarik, memikat dan memaksa untuk terus berkomunikasi.

 

Pada saat teknologi belum berkembang sebagaimana sekarang ini, korespondensi dengan para artis memang sebuah keasyikan tersendiri. Ketika mengirim surat kepada artis idola, maka selama seminggu penuh si pengirim akan berharap cemas menantikan datangnya balasan dari sang idola.

 

Setiap kali ada pak pos melintas, ingin rasanya berteriak untuk bertanya pada pak pos apakah tidak ada surat balasan. Begitu sederhananya saat menjalaninya dan begitu bahagia saat pak pos datang sambil tersenyum mengantar surat balasan.

 

Apa itu e-mail?

 

Email adalah sejenis surat elektronik yang ada di dalam dunia maya atau lebih dikenal dengan internet. Di dalam internet banyak sekali penyedia jasa email baik yang gratis maupun yang berbayar.

 

Untuk yang gratis sendiri sudah sangat banyak sekali, misalnya saja yahoo dan google. Dua perusahaan ini sudah sangat dikenal luas oleh seluruh orang yang ada di dunia internet sebagai penyedia email dan search engine yang banyak digunakan oleh banyak orang.

 

Berbagai kemudahan untuk membuat email itu sendirilah yang memacu orang untuk membuat email bahkan terkadang satu orang bisa memiliki sebuah alamat email lebih dari satu. Tentu saja itu semua tidak luput dari kemudahan yang mereka berikan dalam pembuatannya dan hal tersebut tidaklah dipungut biaya sepersen pun.

 

Email juga memiliki sebuah peran penting bagi seseorang selain sebagi media surat elektronik yang ada di dunia maya atua internet. Saat ini email juga bisa difungsikan sebagai sebuah hardiks atau media penyimpanan.

 

Hal tersebut bisa terjadi karena memang oleh penyedia jasa email tersebut telah disediakan ruang khusus untuk menyimpan file pribadinya. File yang disimpan tentu saja terbatas karena sekali lagi akun tersebut dibuat secara gratis. Meskipun demikian ruang yang disediakan untuk satu akun email sudah cukup besar hingga ukuran giga byte.

 

File yang disimpan di dalam email tidak saja berupa tulisan, tetapi juga bisa berupa gambar atau dokumen penting lainnya. Tentu saja dengan kemudahan tersebut maka seseorang tidak perlu membawa hardiks atau falasdiks kemana-mana karena file yang dimilikinya bisa diakses dengan mudah asalkan ada jaringan atau koneksi internet.

 

Di manapun kita berada dan kapan pun itu, kita bisa mengambil dan mengedit setiap file yang kita butuhkan dengan cepat. Semua itu bisa dilakukan meskipun terkadang laptop tertinggal di rumah.

 

Selain sebagia media penyimpanan , email saat ini berfungsi seperti kartu tanda pengenal seseorang ketika seorang tersebut hendak mendaftar pada suatu forum atua web tertentu. Ketika seseorang mendaftar dalam suatu forum atau jejaring sosial seperti facebook dan twitter maka secara otomatis email diperlukan.

 

Email digunakan sebagai alamat dan tanpa pengenal ketika seseorang hendak mendaftarkan dirinya ke dalam situs jejaring sosial ataupun suatu forum yang ada di dunia internet. Tanpa email tersebut maka seseorang tidak akan bisa mendaftar ataupun memiliki akun dalam web tersebut.

 

Inilah mengapa sebuah email begitu berarti dan sangat penting dimiliki oleh banyak orang saat ini. Seseorang yang tidak memiliki email saat ini sungguh ibarat seseorang yang sudah ketinggalan teknologi dan kemudahan yang diberikan oleh suatu zaman.

 

Penyesatan Informasi

 

Tidak menutup kenyataan bahwa fenomena e-mail artis di dunia maya memang sudah menjadi konsumsi anak-anak muda. Mereka dengan penuh semangat terus berburu informasi mengenai sang artis. Ada banyak alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Tetapi, setidaknya yang seringkali terjadi adalah anak-anak kesengsem dan berharap banyak kepada sang artis.

 

Pada saat anak mengakses e-mail artis anak-anak begitu ceria, bahkan nampak begitu histeris ketika mereka menemukan alamat terkait dengan sang artis atau saat membuka inbox dalam e-mailnya, ternyata ada beberapa e-mail yang masuk dan salah satunya dari sang artis. Apalagi jika e-mail yang datang dari sang artis ternyata lebih dari satu. Maka mereka segera pamer pada teman-temannya dengan menunjukkan surat yang dikirim sang artis.

 

Akibat dari fenomena ini sungguh sangat hebat. Pola kehidupan anak-anak berubah menjadi sosok yang bergantung pada sang artis. Setiap saat mereka mengunjungi email artis dan mengirim berbagai macam surat elektronik untuk sang artis. Bahkan, mereka dengan penuh rela hati mengirimkan foto yang dimilikinya untuk sang artis melalui e-mail artis tersebut. Mereka terus berharap dapat foto balasan dari sang artis.

 

Jika kondisi seperti ini dibiarkan, maka ke depannya, kehidupan anak didik semakin tidak terpantau. Mereka pasti semakin tenggelam dalam pengaruh sang artis. Setiap saat mereka mengikuti segala model yang dilakukan oleh sang artis. Model rambut, wajah, pakaian, dan sepatu, bahkan segala asesories yang dipakai sang artis langsung menghiasi dirinya.

 

Tentunya jika hal ini bersifat positif tidak bermasalah, tetapi jika negatif, wah siapapun pasti tidak menerima kondisi tersebut. Bagaimana nasib bangsa ini jika ternyata anak-anaknya menyentralkan kehidupannya pada kehidupan para artis yang memasang e-mail artisnya dalam internet.

 

Mereka tentunya kehilangan karakter dirinya dan berganti dengan karakter yang benar-benar baru dan kadangkala tidak sesuai dengan karakter dasar bangsa ini.

 

Perlu Mengendalikan Diri

 

Anda memang perlu mengendalikan diri jika menghadapi kondisi seperti ini. Bagaimana Anda dapat mengelola kondisi sehingga email artis tidak menjadi permasalahan hidup. Justru jika mampu mengendalikan diri, maka selamanya Anda berhasil menyelamatkan masa depan anak-anak.

 

Dan, untuk dapat mengendalikan diri, maka Anda harus secara terus menerus berusaha mengarahkan anak didik sehingga tidak terbawa oleh arus yang menyimpang. Anda harus memberikan pandangan kepada anak agar mengetahui hal positif dan negatif dari program e-mail artis yang mereka ikuti. Apakah alamat tersebut memang benar-benar ada ataukah hanya kamuflase semata untuk tujuan yang lainnya.

 

Memang, bermain-main di internet sangat mengasyikan, tetapi satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu gampang terpikat dengan apa yang ada di internet. Jika gampang terpikat, Anda pasti celaka. Begitu juga halnya dengan e-mail artis juga perlu dipahami benar- apakah ini benar-benar alamat sang artis ataukah hanya awu-awu semata.

 

Jika memang awu-awu, kenapa sang artis tidak berusaha untuk menghapuskan kondisi tersebut? Anda harus dapat mengendalikan diri sehingga tidak gampang terpengaruh dan terjebak pada kondisi yang tidak diinginkan. Pengendalian diri merupakan kekuatan terbesar agar kehidupan menjadi lebih baik.

 

Penyalahgunaan e-mail

 

Email memiliki fungsi sebagai media penyimpanan baik itu berupa dokumen penting maupun gambar yang dimiliki oleh personal. Biasanya yang disimpan dalam email tentu saja sesuatu yang bersifat personal dan rahasia.

 

Namun bagaimana jika hal tersebut disalahgunakan oleh mereka yang tidak pada tempatnya. Belakangan ini sempat tertangkap seseorang yang memiliki kemampuan untuk meretas suatu email terutama email yang dimiliki oleh para artis.

 

Tentu saja di dalam email tersebut terdapat berbagai gambar yang memang hanya dikonsumsi untuk pribadi. Bisa saja dalam email tersebut terdapat sebuah gambar yang hanya boleh dipertontonkan untuk suami. Namun karena keisengan dan penyalahgunaan oleh para peretas tersebut akibatnya file yang disimpan untuk pribadi tersebut bocor ke publik.

 

Tentu saja kasus yang seperti ini bisa dipidanakan karena sudah termasuk masuk ke rumah orang tanpa permisi. Selain itu juga sudah mencuri milik orang lain yang bukan haknya.

 

 

Speak Your Mind

*