Perawatan Komputer Menunjang Keawetan Komputer

Ilustrasi perawatan komputerKini hampir semua orang mengenal komputer dan penggunaannya. Komputer menjadi barang yang wajib diketahui di jaman yang serba memakai teknologi ini.

Tidak hanya di perkantoran saja, komputer kini menjadi kebutuhan semua orang bahkan hingga anak-anak berpendidikan usia dini seperti Sekolah Dasar. Komputer bermanfaat sebagai alat bantu dalam penulisan/pengetikan dan memberikan tambahan informasi jika disambungkan dengan jaringan/koneksi internet.

Mungkin kita tidak peduli dengan kondisi komputer saat memakai jasa rental di tempat penyewaan komputer umum. Tapi bagaimana jika kita sendiri yang memiliki komputer pribadi, baik di rumah maupun di kantor?

Tentu bukan hal yang mudah saat kita hendak menggunakan komputer dan tiba-tiba saja komputernya rusak. Perawatan komputer harus diketahui untuk menjaga agar kondisi komputer tidak cepat rusak.

Sebab-sebab Kerusakan pada Komputer

Sebab kerusakan pada komputer sangat bervariasi. Sebab-sebab komputer kerusakan antara lain: serangan virus, rusaknya komponen dalam CPU atau instalasi/program yang dipakai crash.

Crash pada program komputer ini biasanya ditandai dengan komputer yang tiba-tiba restart sendiri, muncul layar biru di monitor komputer anda yang kemungkinan besar disebabkan oleh tidak bekerjanya perangkat driver hardware, rusaknya satu atau lebih file pada sistem windows, maupun karena software yang diinstal tidak mendukung komputer untuk membuka atau menjalankan program tertentu.

Selain itu, tegangan listrik yang tidak stabil (naik/turun), terkena air dan sambar petir pada kabel, juga dapat menyebabkan rusaknya komputer.

Cara Merawat Komputer

Berikut ini ada beberapa cara untuk perawatan komputer, antara lain :

  • Bersihkan debu pada perangkat komputer, seperti pada CPU. Buka casing/tutup CPU dan gunakan sikat yang halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel, seperti pada RAM, Sound Card dan lain-lain.
    Saat Anda tidak menggunakan komputer, sebaiknya komputer ditutup dengan alas/cover sehingga debu tidak akan masuk.
  • Tempatkan komputer di ruangan yang sejuk, berventilasi baik dan jauh dari air. Ruangan yang ventilasinya kurang baik akan menyebabkan perangkat komputer seperti komponen CPU menjadi cepat panas dan mudah rusak. Jarak antara CPU dengan tembok/dinding sekitar 30 cm.
  • Install program anti virus pada komputer. Program ini bisa diunduh secara gratis dan ada yang bisa dibeli. Selalu meng-update anti virus yang anda miliki sehingga lebih cepat mendeteksi jika ada serangan virus. Biasanya jika komputer sudah terkena virus, anda harus menginstal ulang komputer.
  • Un-Install atau tutup program yang tidak dipakai lagi. Setiap program yang diinstal membutuhkan memori (RAM) yang cukup menyita kapasitas memori komputer. Komputer akan berjalan lambat, karena berat terlalu banyak program di dalamnya.
  • Menghapus file yang sudah dibuang di Recycle Bin.  Biasanya file yang sudah tidak terpakai dan sudah dihapus, tidak akan langsung hilang melainkan masuk ke dalam recycle bin.  File tersebut tetap akan terbaca oleh komputer dan akan memperlambat kerja dari komputer.

Membersihkan Komputer

Komputer selalu sangat membantu bagi kita dengan cara yang terlalu banyak untuk segala jenis list yang bisa Anda beberkan kapan saja, intinya kita tidak bisa lepas dari komputer. Hidup tanpa komputer entah bagaimana rasanya ? Maka dari itulah, seperti gadget elektronik lainnya, perlu perawatan yang tepat dan pembersihan. Mengingat dalam beberapa paragraf berikutnya adalah beberapa tips terkait dengan bagaimana membersihkan komputer Anda.

Hal pertama yang harus diingat ketika membersihkan komputer entah itu komputer desktop, laptop atau komponen komputer adalah untuk memastikan bahwa itu benar dimatikan. Bisa juga dimanfaatkan alat alat pembersih umum seperti  penyeka kapas yang dapat digunakan untuk membersihkan daerah-daerah pada keyboard dan mouse yang tidak mudah diakses.

Anda harus membersihkan semua tombol pada keyboard komputer Anda dengan bantuan cotton buds yang cairan yang digunakan untuk membersihkan sudah diterapkan. Anda dapat mengangkat keyboard dan mengubahnya terbalik sehingga semua kotoran dikumpulkan di bagian sela sela yang sulit akan jatuh dengan sendirinya.

Sebuah cara yang berguna untuk membersihkan komputer adalah untuk meniup udara pada berbagai komponen, bisa digunakan kompresor untuk membersihkan kamera juga. Pembersihan kasus komputer Anda sangat penting karena tidak melakukannya dapat menyebabkan banyak akumulasi kotoran pada prosesor komputer Anda.

Harus Tahu Cara Buka Casing

Pembersihan ini harus dilakukan dengan melepas penutup dari casing komputer.

Sementara memahami bagaimana untuk menjaga komputer Anda bersih, kita harus membahas bagaimana menjaga mouse komputer bersih.

Mouse komputer adalah salah satu komponen yang paling penting dan menjaganya agar tetap bersih akan membantu kita untuk menghindari perilaku aneh pada bagiannya, walau kita tahu harga mouse tidak seberapa.

Langkah pertama dalam membersihkan mouse adalah untuk menghapus penutup terletak di bawahnya. Setelah penutup akan dihapus, Anda juga harus menghapus bola dan kemudian menggunakan kapas untuk membersihkan debu dan kotoran yang hadir dalam rol dari mouse. Setelah ini dilakukan, Anda dapat menempatkan bola kembali dan sesuai dengan sampul mouse.

Bagian Dalam Periferal

Sementara mengetahui bagaimana untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda, hal penting yang harus Anda ketahui adalah bahwa penutup komputer harus dihapus dan peripheral komputer harus dihapus sebelum Anda memulai prosedur yang sebenarnya.

Anda harus membersihkan bagian dalam dengan meniup udara terkompresi. Anda juga harus mendapatkan interior dan eksterior dari penutup komputer menyeka dengan baik. Beberapa orang bahkan mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan keyboard serta monitor komputer Anda.

Anda juga dapat menggunakan kain yang lembab dan dibubuhi atau diterapkan dengan sedikit cuka untuk membersihkan bagian-bagian yang berbeda dari komputer Anda seperti mouse, kabel dan keyboard. Bagian penting dari komputer adalah layar komputer.

Secarik kain lembut, bersih dan anti-statis dapat digunakan untuk membersihkan monitor komputer dengan teknologi CRT. Ada beberapa cairan berkualitas baik yang tersedia untuk membersihkan monitor yang dapat diterapkan pada kain dan dibersihkan dengan cara yang tepat dari atas ke bawah.

Jika monitor LCD satu, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih dimaksudkan untuk monitor plasma. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakan zat yang tidak perlu untuk membersihkan monitor karena hal ini dapat menyebabkan LCD akan cepat rusak.

Dan lebih dari semua itu, nila tidak ingin ambil resikom Anda selalu bisa melakukan panggilan untuk teknisi atau bersih komputer profesional atau Jasa Perbaikan yang lebih profesional, jika Anda tidak tahu bagaimana membersihkan komputer Anda sendiri. Namun, tidak mendapatkan semua bekerja sampai karena pekerjaan tidak benar-benar semua yang sulit.

Ingat, membersihkan Komputer penting untuk mempercepat proses komputer. Kecepatan komputer Anda berkurang jika Anda tidak melakukan ini pemeliharaan rutin. Kadang-kadang, jika serangan virus Anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi. Bad sector dikembangkan pada hard disk dapat adanya sesuatu yang berbahaya karena ada kemungkinan kehilangan informasi atau data yang disimpan di sektor-sektor dari disk. Nah, mudah bukan? Mulailah perawatan komputer Anda agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

 

Speak Your Mind

*