Perawatan Rutin Untuk Mobil

Ilustrasi Perawatan Rutin MobilMemiliki barang, tentu jangan hanya ingin enaknya saja dalam menggunakan. Bagaimanapun juga, barang apapun perlu perawatan agar tetap enak digunakan dan awet. Apalagi mobil yang sangat Anda butuhkan untuk transportasi sehari-hari. Tentu membutuhkan perawatan mobil yang rutin agar mobil Anda tidak sering ‘bandel’.

Anda tentu tidak mau kan, di suatu pagi yang macet dan harus buru-buru ke kantor untuk meeting super penting lalu tiba-tiba mobil Anda mogok hanya karena kurang air. Karena itu, perawatan rutin sangat penting untuk kendaraan Anda yang satu ini.

Selain untuk menjaga stabilitas dan tidak mengganggu aktivitas Anda, juga agar tetap awet dan nyaman saat mengendarai. Percayalah bahwa perawatan rutin yang mungkin selama ini Anda remehkan, ternyata berpengaruh sangat besar bagi kondisi kendaraan Anda.

Dari segi kebersihan, Anda dapat melakukan perawatan secara sehari-hari. Mencuci bagian luar mobil meski hanya sejenak menyemprot dengan selang lalu di lap agar tampak mengkilat. Kebersihan body mobil ini tidak hanya agar lebih sedap dipandang. Namun juga agar debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama dan menggesek cat mobil sehingga menimbulkan bercak yang tidak sedap dipandang.

Lalu cek bagian dalam mobil seperti jok, plafon, sela-sela pintu, dan bawah kursi. Bersihkan dan jangan sampai terjadi penumpukan debu dan kotoran. Selain dapat menimbulkan bau tidak sedap, juga dapat menyebarkan penyakit pada pengendara. Agar lebih mudah dan praktis, Anda dapat menggunakan penyedot debu. Anda juga dapat sekaligus memeriksa bagian vital mobil seperti lampu.

Bila Anda merasa lampu kurang terang atau ada yang mati, periksa bagian sakelar. Periksa juga kepakeman rem mobil Anda. Anda pasti tidak ingin terjadi kecelakaan hanya karena rem yang aus atau blong. Untuk AC, tentu Anda dapat merasakan apakah suhunya sudah dingin atau perlu ditambah freon.

Perawatan mesin yang paling penting adalah bagian radiator. Ketika ada kerusakan pada radiator, sistem pendingin bekerja tidak sempurna. Temperatur mesin tidak terkontrol dan akan terjadi overheating yang menyebabkan mogok bahkan sampai berasap.

Anda tentu pernah melihat mobil di tengah jalan yang berhenti dan tampak berasap mesinnya. Atau Anda pun pernah mengalami? Karena itu, periksa selang-selang air dan tabung cadangan air serta air radiator secara berkala, jangan sampai terjadi kebocoran.

Bahan bakar, tentu elemen penting yang harus Anda perhatikan. Isi bahan bakar jika sudah hampir habis, jangan saat benar-benar habis karena akan cepat merusak mesin mobil Anda. Pelumas atau oli pun harus Anda periksa secara berkala. Perhatikan jumlah kilometer mobil Anda sehingga Anda tahu kapan saat yang tepat untuuk mengganti ol.

Biasanya, perusahaan mobil akan menyarankan Anda mengganti oli setiap mencapai jarak tempuh 3000 mil. Oli sangat berfungsi sebagai pelumas untuk mesin, rem, power steering, persneling, kopling, dan gardan. Sehingga jika jumlah volume dan kualitas oli tidak mencukupi, mobil Anda tidak akan nyaman dipakai.

Roda mobil. Tentu Anda pernah mendengar adanya kecelakaan akibat mobil slip atau roda yang aus. Periksa kondisi ban agar selalu menggembung dan tidak goyang saat berjalan. Juga cek tekanan angin pada keempat ban mobil agar sama rata.

Karena ban yang kempes salah satu atau seluruhnya, akan membutuhkan bahan bakar yang banyak sehingga menjadi boros. Selain roda, Anda perlu memeriksa komponen penggerak lain dalam mobil seperti kopling, gardan, persneling dan sebagainya. Dengan Anda memeriksa dan merawat setiap komponen, Anda akan merasakan mengendara mobil lebih nyaman.

Mungkin Anda tidak memiliki peralatan yang lengkap untuk memeriksa kondisi mobil Anda. Namun tidak usah khawatir, Anda bisa membawa kendaraan Anda ke bengkel terpercaya untuk memeriksa dan melakukan perawatan mobil secara rutin. Mobil sehat, pengendara pun nyaman.

Speak Your Mind

*