Perguruan tinggi swasta terbaik

Jika dihitung secara keseluruhan, jumlah perguruan swasta di Indonesia memiliki jumlah yang lebih banyak daripada jumlah perguruan tinggi negeri. Perguruan tinggi tersebut biasanya berdiri karena adanya kesepakatan bersama antara pihak-pihak swasta. Lantas perguruan tinggi mana sajakah yang tergolong perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia?

Hingga kini, kualitas perguruan tinggi swasta memang masih dianggap kurang baik oleh beberapa masyarakat, jauh bila dibandingkan dengan kualitas yang dimiliki oleh perguruan tinggi negeri.

Para orangtua beranggapan bahwa menyekolahkan putra dan putrinya ke sebuah perguruan tinggi negeri akan lebih membanggakan bila dibandingkan dengan memasukkannya ke sebuah perguran tinggi swasta. Ini disebabkan karena banyaknya perguruan tinggi swasta yang tidak terlalu mempermasalahkan kemampuan mahasiswa dalam menangkap pelajaran. Yang masih menjadi anggapan kebanyakan orang tua bahwa perguruan tinggi swasta hanya membutuhkan uang yang besar agar bisa masuk ke sana.

Pandangan atau anggapan para orangtua yang seperti itu terlihat memang sudah agak lambat, namun nyatanya cara pikir para orangtua yang seperti itupun tidak bisa diubah dengan cepat. Tentu saja ini tidak bisa dipisahkan dengan keadaan yang ada di perguruan-perguruan tinggi swasta tersebut.

Pihak perguruan swasta harus bekerja ekstra kuat untuk membuktikan bahwa mereka juga memiliki kualitas pengajaran yang tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi yang berstatus negeri. Berbagai usaha peningkatan kualitas pun telah mereka lakukan, salah satunya adalah dengan pengembangan dalam berbagai sistem pengajaran.

Dari sekian banyak perguruan swasta di Indonesia, berikut adalah sekilas tentang 10 perguruan tinggi swasta terbaik menurut beberapa survei. Kesepuluh perguruan swasta terbaik tersebut dipilih oleh beberapa lapisan masyarakat.

Mereka memilih berdasarkan sistem pembelajaran, sistem akademik, dan kualitas yang dimiliki tiap-tiap perguruan swasta tersebut.

1. Universitas Trisakti, Jakarta

Universitas ini adalah satu-satunya universitas swasta yang didirikan oleh pemerintah. Didirikan pada 1965. Trisakti memiliki program diploma, sarjana, dan pascasarjana. Universitas ini menyediakan sembilan fakultas yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi ini. Mungkin salah satu yang terkenal dari Universitas ini adalah adanya mahasiswa yang meninggal saat demo melawan pemerintah sekitar tahun 1998 yang disebut dengan peristiwa Trisakti. Ini merupakan salah satu bukti kepedulian dari para mahasiswa Trisakti terhadap keadaan pemerintahan Indonesia.

Tetapi, adanya kualitas yang bagus, tentu juga harus ditunjang dengan dana yang bagus juga. Karena itu, Universitas ini membebankan perolehan dana tersebut kepada mahasiswa. Akibatnya, biaya kuliah di tempat ini cukup tinggi dibandingkan dengan biaya kuliah di tempat lain. Sehingga, seringkali orang yang kuliah di universitas ini adalah golongan menengah ke atas dan sekaligus menunjukkan prestise mereka.

2. Universitas Parahyangan (UNPAR), Bandung

UNPAR adalah salah satu universitas kristen yang ada di Indonesia. Universitas ini memiliki program pendidikan untuk jenjang sarjana dan pascasarjana, dengan jumlah fakultas sebanyak tujuh. Universitas Parahyangan didirikan tanggal 17 Januari 1955. Universitas ini menyediakan program doktoral bagi mahasiswanya. Tentu saja jurusan yang ada di universitas ini cukup banyak yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan calon mahasiswa.

Begitu banyaknya lulusan UNPAR yang menjadi tokoh publik, merupakan salah satu bukti dari keberhasilan universitas ini dalam mendidik mahasiswanya. Sebut saja pengacara kondang O.C Kaligis, atau juga komedian ternama Denny Chandra. Juga yang sedang berkibar namanya dan hampir semua orang tahu adalah penyanyi dan penulis novel best seller Dewi Lestari.

3. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Universita Islam Indonesia adalah universita swasta tertua di Indonesia dan didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 di Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, universitas yang awalnya merupakan Sekolah Tinggi Islam ini berganti nama menjadi Universitas Islam Indonesia dan mempunyai beberapa kampus di Yogyakarta. Universitas berbasis ajaran agama Islam ini memiliki delapan buah fakultas. Yaitu Ekonomi, Hukum, Ilmu Agama Islam, Kedokteran, Matematika dan IPA, Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Teknologi Industri.

Berbagai macam penghargaan yang didapat oleh universitas ini tentu saja merupakan salah satu bukti kualitas yang dimiliki oleh UII. Salah satu di antaranya adalah pada tahun 2009, UII mendapatkan penghargaan berupa perguruan tinggi dengan penjaminan mutu terbaik tingkat nasional. Tentu saja ini merupakan satu dari banyaknya prestasi yang dimiliki oleh UII.

4. Universitas Katholik Atma Jaya

Universitas ini berdiri pada 1 Juni 1960. Memiliki setidaknya delapan buah fakultas untuk jenjang sarjana, dan empat jurusan untuk program pascasarjana. Saat ini terdapat di tiga kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Makassar. Banyaknya cabang ini tentu saja merupakan salah satu bukti bahwa Universitas ini bisa diterima masyarakat.

Awal mula universitas ini berada di Jakarta yang kemudian berkembang di Jogja dan Makassar. Saat ini, Unversitas Atma Jaya Yogyakarta sudah memisahkan diri dari Universitas Atma Jaya Jakarta dan menjadi universitas mandiri di bawah yayasan Slamet Rijadi sejak tahun 1973.

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta

Universitas ini didirkan pada 21 Oktober 1974. Memiliki beberapa program pendidikan, seperti sarjana, sarjana untuk program internasional, dan pasca sarjana. Salah satu yang menonjol adalah program Teknik Informatika di mana banyak ahli dalam bidang TI merupakan lulusan dari universitas ini.

6. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Universitas yang terletak di Jakarta ini berdiri resmi pada 15 Oktober 1953. Menyediakan delapan fakultas jenjang sarjana, dan pascasarjana. Universitas ini menjadi salah satu yang terbaik karena semboyan yang dimilikinya yaitu melayani bukan dilayani. Tentu saja ini memberikan efek besar terhadap sistem belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa dengan tujuan utama pengabdian kepada masyarakat.

Fasilitas yang lengkap sebagai penunjang kegiatan belajar dan mengajar merupakan salah satu bukti dari UKI untuk memberikan yang terbaik kepada setiap mahasiswa yang belajar di sana.

7. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Universitas ini berdiri di bawah yayasan Tarumanegara. Diresmikan oleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 23 Desember 1994. Universitas Tarumanegara memiliki program studi yang semuanya berkaitan dengan ilmu ekonomi, seperti manajeman, akuntansi, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan atau perpajakan.

8. Universitas Surabaya

Universitas ini sekaligus menjadi universitas swasta terbaik di Jawa Timur. Resmi berdiri pada 11 Mei 1968. Perguruan swasta ini memiliki enam fakultas dan satu politeknik, yaitu politeknik UBAYA.

9. Universitas Gunadarma

Universitas ini mulanya berbentuk sekolah tinggi ekonomi, kemudian pada 2002 berubah menjadi universitas. Gunadarma menyediakan enam fakultas, terdiri dari Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Industri, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Psikologi, dan Sastra.

10. Universitas Pelita Harapan, Jakarta

UPH berdiri pada 1994, dibawah yayasan Pelita Harapan. Universitas Pelita Harapan memiliki program jenjang pendidikan untuk sarjana dan pascasarjana. Dengan kampus yang besar, Universitas ini siap menjadikan mahasiswanya menjadi penerus generasi bangsa. Terletak di Kota Tangerang dan dekat dengan pusat kota.

Sepuluh perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini semoga menjadi modal untuk Anda yang sedang bingung mencari tempat kuliah.

Speak Your Mind

*