Perjalanan Iwan Fals Orang Gila Mendobrak Kegilaan

Pada awal mendengarkan lagu milik Iwan Fals, Anda pasti berpikir bahwa Iwan Fals orang gila. Hal ini karena lirik lagu-lagunya sungguh sangat tidak bersahabat, khususnya bagi mereka yang melakukan kesewenang-wenangan dalam posisinya. Ketika zaman pemerintahan Suharto yang cukup kejam terhadap para pengkritiknya, Iwan Fals dengan lantang menyuarakan apa yang dianggapnya mengguncang rasa keadilan. Orang merasa heran dengan penyanyi ‘Bongkar’ satu ini. Kritikannya seolah mengguncangkan hati semua orang.

Awal Kemunculan Iwan Fals

Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listyanto H ini memulai debut menyanyinya dari album PERJALANAN yang menceritakan penderitaan seseorang yang naik kendaraan umum dan mendapati teman sebangku mengalami mabuk, muntah-muntah. Seorang nenek-nenek yang bawel dan cerewet untuk ukuran lelaki muda yang berada dalam perjalanan selama hampir sembilan jam, di bis tua sialan. Sungguh ini merupakan syair yang sangat unik pada zamannya.

Pada saat itu lagu-lagu banyak yang mendayu merayu, tetapi Iwan Fals memilih syair yang begitu sederhana tetapi menggigit dan menohok. Meskipun demikian, dia tetap dianggap sebagai Iwan Fals orang yang agak gila. Ia dengan gamblangnya menggunakan kata-kata yang cukup vulgar sehingga rasanya lirik lagunya itu tidak pantas didengar oleh anak-anak. Lirik lagu Iwan Fals mungkin sama dengan lirik lagu Dul Sumbang yang ketika itu juga membuat lirik tentang apa yang terjadi di hamparan mata memandang.

Tidak hanya soal politik, kehidupan yang cukup susah dengan berbagai ketimpangan, membuat mata hati seorang Iwan Fals tergerak membuat lagu yang menggelitik. Iwan Fals terlihat begitu sangar dengan segala hal yang membuatnya unik. Kepiawaian Iwan Fals dalam bermusik ternyata menarik minat pembuat film sehingga ia pun main film yang kurang lebih berkisah tentag hidupnya. Musiknya masih juga disenangi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Iwan Fals pun berkolaborasi dengan musisi lain. Ia membentuk Kantata Takwa yang juga mengkritik pemerintahan Suharto pada saat itu. Namun, ketika ia kehilangan anaknya yang dinyatakan meninggal karena narkoba, lirik lagu Iwan Fals sedikit berubah. Ia tidak terlihat garang lagi. Penyandang sabuk hitam ini seolah menjadi goyah dan berusaha merenungi apa yang telah ia alami dalam hidupnya. Ia yang mengkritik banyak orang ternyata gagal menjadi seorang ayah yang tak mampu menjaga anaknya dari bahaya narkoba.

Kesedihan Iwan Fals ini ternyata diimbangi oleh perubahan arah politik di tanah air. Masa reformasi datang dan menggerus hampir semua orang-orang yang pernah berada di pemerintahan zaman Suharto. Kini lagu Iwan Fals lebih romantis dan tidak garang sama sekali. Pengganti anaknya yang meninggal pun telah datang. Seorang anak laki-laki yang benar-benar ia jaga agar tidak menjadi seperti Galang Rambu Anarki, sang putra yang meninggal diusia yang sangat muda.

Iwan Fals pun telah menjadi seorang model iklan kopi. Iwan Fals sudah tampak sangat dewasa dengan rambutnya yang memutih. Ia terlihat seperti seorang laki-laki yang merasa bahwa tak perlu sangar dalam menghadapi dunia. Santai saja dan mengubah kehidupan itu dari diri sendiri saja. Ketika semua orang berusaha mengubah diri sendiri ke arah yang lebih baik, maka kehidupan ini akan menjadi jauh lebih baik. Tanatang hidup setiap generasi memang berbeda.

Kalau kini orang dihadang dengan kritik pedas dan tanpa alternatif solusi, orang akan mengira bahwa sang pengkritik hanya bisa membuat kritik tanpa mampu memberikan solusi yang terbaik. Bukan sesuatu yang baik ketika hanya bisa bicara tanpa bisa menghasilkan apa-apa. Iwan Fals sangat sadar itu. Ia lebih menunjukkan sikap yang rendah hati. Ia pun berkolaborasi dengan para penyanyi muda dalam berbagai kesempatan. Ia memberikan konser gratis kepada orang-orang yang ada di dekat rumahnya.

Intinya adalah di hari tuanya Iwan Fals tak garang lagi dan tak menunjukkan kritik pedas yang begitu memerahkan telinga. Walau begitu kesan bahwa ia pernah dianggap sebagai orang gila memang ada. Ketika ia menyanyikan lagu-lagu lamanya, ia masih terlihat bersemangat dan energik sekali. Penggemarnya pun masih merasakan bara api Iwan yang mungkin tak akan padam walaupun usia telah menggerogotinya.

Karir Iwan Fals

Perjalanan karir Iwan Fals yang dianggap orang gila memang sangat fantastis sehingga begitu lagu-lagunya memasuki pasar, masyarakat langsung mengenalinya.  Musik Iwan Fals memang mempunyai kekhasan tersendiri. Pada saat itu belum banyak yang berani bertaruh menceburkan karir dalam genre musik yang satu ini. Bahkan, masyarakat mengatakan bahwa Iwan Fals adalah penyanyi yang paling berani di negeri ini. Syair-syairnya begitu ganas menyerang tatanan yang dianggap tidak benar.

Syair Lagunya Adalah Penyadaran
Hampir semua album Iwan Fals merupakan upaya untuk meluruskan ketimpangan-ketimpangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebagaimana syair yang ditulisnya dalam album berjudul Orang Gila, Orang gila yang ditemuinya dalam perjalanan pulang jam dua malam.  Bagaimana seorang orang gila masih menyadari bahwa untuk menyeberang jalan, dia harus lewat di zebra cross, bahkan tepat di tengah-tengahnya. Langkahnya lurus ke depan.

Iwan Fals dianggap orang gila, memang merupakan ungkapan bahwa orang gila saja masih menyadari keharusan dalam kehidupan. Mengapa mereka yang waras justru lebih gila dari orang gila? Dan, jika kita telusuri dari sekian banyak album yang berhasil ditelorkan oleh Iwan Fals si orang gila ini, maka seharusnya menyadarkan pendengar bahwa banyak tindakan dan kelakuan yang tidak mencerminkan sebagai manusia waras.

Banyak manusia yang tidak menyadari bahwa kehidupan mereka tidak waras, alias gila. Banyak dari manusia yang lebih gila dari orang gila! Tetapi, karena gayanya yang nyentrik dalam menuliskan syair lagu, banyak orang yang merasa tersindir dan menganggap bahwa Iwan Fals orang gila.  Mereka tidak dapat menerima apa yang disampaikan oleh Iwan Fals, terutama mereka yang melakukan kesalahan dalam kehidupan di masyarakat. Mereka merasa bahwa Iwan Fals telah mempermalukannya dengan mengangkat tema kelakuan mereka dalam lagu-lagu Iwan Fals.

Mereka tidak menyadari apa yang telah dilakukan, justru semakin menenggelamkan kehidupannya dalam kenistaan sebab mengabaikan ajakan positif dari seorang Iwan Fals si orang gila ini.

Semua Aspek Kehidupan Digarap Iwan Fals

Kalau Iwan Fals dikatakan sebagai pemusik country, memang begitulah adanya dan pada umumnya pemusik dan penyanyi country adalah juga penyanyi balada.Pada setiap karyanya Iwan Fals memang berusaha untuk menyampaikan hal-hal penting untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan golongan, apalagi kepentingan pribadi.

Sungguh hal tersebut tidak pernah terpikirkan walaupun banyak orang mengatakan Iwan Fals orang gila tetapi dia justru lebih waras dari orang-orang waras. Ketika Iwan Fals menemukan satu atau beberapa kondisi kehidupan yang jauh dari kebenaran yang dianggapnya sebagai acuan hidup, maka pada saat itulah nuraninya mulai bekerja dan berusaha untuk memperbaiki kondisi.

Memang, dia tidak mungkin dapat memperbaiki mengikuti kapasitasnya. Tetapi dia yakin bahwa melalui sentilan-sentilan ‘halus’ yang dituliskan dalam syair lagu, maka orang menyadari bahwa mereka tidak pantas menyebut Iwan Fals orang gila sebab justru Iwan Fals lebih waras dari mereka. Meskipun demikian, bukan berarti Iwan Fals tidak dapat menuliskan syair cinta. Bahkan rasa cinta yang disampaikan lewat syair lagunya begitu halus dan bermakna. Ada satu lagu yang syairnya seperti ini …

Ingin kuludahi mukamu yang cantik// agar kau mengerti bahwa kau memang cantik// ingin kucongkel keluar indah matamu// agar engkau tahu memang indah matamu// harus kuakui bahwa aku pengecut// untuk menciummu juga merabamu// tapi aku tak takut untuk ucapkan// segudang kata cinta padamu//……. dan seterusnya.

Ini merupakan pernyataan Iwan Fals si orang gila terhadap kekasihnya yang untuk mengatakan mata kekasihnya indah, maka harus dicongkel dan meludahi muka kekasihnya agar kekasihnya tahu dia cantik. Sungguh sebuah ungkapan yang gila.  Namun, itulah kenyataan. Iwan Fals si  Orang gila yang selalu ingin mendobrak kegilaan yang terjadi dalam kehidupan sebab dia menyadari bahwa kegilaan itu sangat membahayakan eksistensi sebagai manusia, makhluk dengan keistimewaan di depan Tuhan, bahkan atas malaikat-malaikat yang ada.

Iwan Fals adalah fenomena tersendiri dalam kehidupan bermusik di tanah air. Ia tak ada duanya. Iwan Fals adalah musisi yang unik.

Speak Your Mind

*