Perjalanan Musik Blink 182

Ilustrasi blink 182Terbentuk pada tahun 1992 di Poway, California, Blink 182 merupakan sebuah band beraliran pop punk yang diprakarsai oleh Tom DeLonge (vokal dan gitar) dan Mark Hoppus (vokal dan bass).

Bersama dengan Travis Barker (drummer), Blink 182 sukses memberikan warna baru pada dunia musik internasional melalui musikalitas mereka yang tinggi, lirik yang catchy, serta aksi panggung yang kocak.

Mereka jadi contoh nyata bahwa musik punk tak melulu berbicara mengenai politik serta kondisi sosial, namun juga mampu mengungkapkan isi hati yang paling dalam. Terbukti dari suksesnya salah satu lagu mereka yang berjudul I Miss You (2003).

Awal Terbentuk

Blink 182 berawal dari pertemanan Tom DeLonge dengan Mark Hoppus. Setelah berlatih tanpa henti di garasi rumah milik Tom, mereka akhirnya memutuskan untuk menarik Scott Raynor sebagai drummer dan mulai membuat demo rekaman. Saat itu, mereka masih menyebut diri mereka Duck Tape, hingga kemudian beralih menjadi Blink.

Beberapa demo rekaman dikerjakan pada tahun 1993 dan mereka pun mendapat tawaran untuk mengisi di beberapa acara kecil. Hingga di tahun 1994, mereka menelurkan album pertama berjudul Cheshire Cat.

Tak lama setelah peluncuran album tadi, sebuah band asal Irlandia menuntut Blink secara legal karena dianggap menggunakan nama band mereka. Akhirnya, Blink memutuskan untuk menaruh angka 182 di belakangnya menjadi Blink 182. Album kedua yang berjudul Dude Ranch dirilis pada tahun 1997 dan terjual hingga 1,5 juta kopi.

Pergantian Personil

Kesuksesan album tersebut mengharuskan Blink 182 untuk tur keliling Amerika. Namun sayangnya, Tom dan Mark bersitegang dengan Scott karena ia ketergantungan alkohol. Konser kerap menjadi kacau balau berkat aksi Scott yang kerap kedapatan mabuk saat bermain. Tak lama kemudian, Tom dan Mark memecat Scott dan menggantikannya dengan Travis, yang kala itu merupakan drummer dari band pendukung, The Aquabats.

Kesuksesan Bertubi-Tubi

Pada 1999, Blink 182 meluncurkan album berjudul Enema of the State. Di dalamnya, terdapat lagu-lagu yang menuai sukses, seperti What’s My Age Again, All the Small Things, serta Adam’s Song. Enema of the State pun meledak 10 kali lipat dari album sebelumnya dan menembus angka 15 juta kopi.

Album live berjudul The Mark, Tom, and Travis Show (The Enema Strikes Back!) muncul di tahun 2000, diikuti dengan album Take Off Your Pants and Jacket di tahun 2001. Kematangan Blink 182 terlihat ketika single Feeling This dan I Miss You yang fenomenal itu merebak di mana-mana melalui self-titled album, Blink 182 (2003).

Perpecahan

Karena lelah dengan perhatian yang ada serta konser berkepanjangan, Tom memaparkan keinginannya untuk lebih dekat dengan keluarganya dan istirahat sejenak dari band. Meski terjadi percekcokkan, Mark dan Travis pun mau tak mau setuju.

Setelah 6 bulan, Mark mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi di acara 2004 Indian Ocean Earthquake; Tom setuju dan ia pun kembali berlatih. Namun, lagi-lagi mereka bersitegang, hingga akhirnya Tom keluar dari Blink 182, sehari sebelum acara tersebut dimulai. Ia bahkan mengganti nomor telepon karena tak ingin berhubungan lagi dengan Mark dan Travis.

Setelah tak saling bicara selama 4 tahun, mereka akhirnya kembali bertemu saat menjenguk Travis di rumah sakit yang tengah mengalami cedera parah akibat kecelakaan pesawat terbang. Reuni tersebut akhirnya menyatukan mereka kembali dan Grammy Awards ke-51 pada 8 Februari 2009 mereka jadikan momen sebagai kembalinya Blink 182 di dunia musik sejak terakhir main bersama di bulan Desember 2004.

Profil Para Personil Blink 182

Siapa yang tidak mengenai band beraliran pop punk, Blink 182? Grup yang beranggotakan 3 personil ini menggebrak dunia music dengan karya-karyanya yang digemari pencinta music. Tiga personil Blin 182 in, yaitu Tom DeLonge, Travis Barker, dan Mark Hoppus. Grup band ini telah menjual sektiar lebih dari 27 juta copy album di selurh dunia.

Pada awal pembentukannya, drummer yang sekarang, Travis Baker belum bergabung. Awalnya, posisi drummer dipegang oleh Scott Raynor. Namun, karena Scott Raynor seorang pecandu alkohol berat, dua temannya Tom DeLonge dan Mark Hoppus memutuskan untuk memecat drummernya, Scott Raynor. Untuk mengisi kekosangan posisi drummer, masuklah Travis Baker menggantikan Scott Raynor.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini profil para personil Blink 182.

1. Tam DeLonge

Salah satu pentolan grup band Blink 182, yaitu Tom DeLonge. Pria kelahiran 13 Desember 1975 ini menjadi gitaris sekaligus vokalis Blink 182. Tom DeLonge menjadi anggota Blink 182 sejak pertama band ini dibentuk. Saat Blink 182 vakum, Tom DeLonge menjadi personil gitaris sekaligus vokalis dari band bergenre alternative, Angels & Airwaves. Selain itu, dia pun pernah menjadi gitaris dan vokalis dari band Box Car Racer. Meskipun begitu, dia tetap menjadi personil Blink 182 karena band-band tersebut hanya pengisi dalam masa vakum Blink 182.

Tom DeLonge mulai tertarik terhadap musik punk rock saat remaja. Setelah dikeluarkan dari Poway High School karena mabuk dalam sebuah pertandingan basket, dia menghadiri Rancho Bernardo High School dan dia bertemu Anne Hoppus. Kemudian, Anne Hoppus mengenalkan DeLonge kepada saudaranya, Mark Hoppus, yang memiliki minat yang sama dalam hal musik.

Perkenalan itu pun berlanjut. Lalu, DeLonge mengenalkan Mark kepada Scott Raynor. Akhirnya, mereka pun membentuk band dengan nama Blink-182. Band ini pun berhasil menjadi salah satu band rock terpopuler pada era 2000an. Seiring waktu, Travis Barker menggantikan posisi Scott Raynor. Blink-182 memasuki masa vakum pada 2005. Setelah itu, Tom DeLonge mulai fokus pada proyek Angels & Airwaves miliknya. Blink-182 kembali terbentuk pada 2009.

2. Mark Hoppus

Pentolan lain dari band Blink 182, yaitu Mark Hoppus. Pria kelahiran 15 Maret 1972 ini memegang posisi basis. Selain berkiprah menjadi basis Blink 182, Mark Hoppus pun berkiprah sebagai basis pada bank +44.

Mark belajar bermain bas secara otodidak. Mark bertemu Tom DeLonge setelah dikenalkan oleh adik Mark yang bernama Anne. Pada 1992, Mark dan Tom bertemu dengan Scott Raynor. Selanjutnya, mereka bertiga sepakat untuk membentuk band Blink 182.

Selain beraktivitas bersama ban Blink 182, Mark pun sering membantu band lainnya. Mark pernah bernyany sebagai backing vocal pada band MxPx. Selain itu, Mark pun pernah membantu band Simple Plan dalam menggarap lagu yang berjudul I’d Do Anything. Dalam urusan keluarga, Mark menikah dengan Skye Everly pada 200 dan memiliki anak yang bernama Jack Hoppus.

3. Travis Barker

Satu lagi pentolan Blink yang memiliki cirri khas, yaitu Traveis Barker. Drummer Blink 182 ini memiliki dandanan yang khas, yaitu gaya punk, piercing, dan tato. Ya, di antara personil Blink 182 yang lain, penampilan Travis paling mencolok dan paling memiliki banyak tato. Selain berkarier bersama Blink 182, Travis pun mengisi waktu luang dengan bergabung bersama Box Car Racer. Gaya bermain drum dari seorang Travis Barker menjaikan Blin 182 memiliki cirri khas dari tabuhan drum dalam setiap lagunya.

Nah, itulah penjelasan mengenai Blink 182. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*