Perlengkapan Perangkat Keras Input pada Komputer

Ilustrasi perangkat keras inputKalau selama ini hanya bisa menggunakan komputer tanpa tahu apa-apa tentang komputer, sudah saatnya belajar tentanga perangkat keras input pada komputer. Mempelajari perangkat keras satu ini akan membuat orang mengerti tentang komputer lebih mendalam. Tidak ada salahnya mempelajari sesuatu yang dekat dengan kehidupan. Orang yang berilmu tentu akan menjadi rujukan. Kalau sangat ahli, akan banyak orang yang bertanya. Inilah berkah suatu ilmu yang dipelajari dengan saksama.

Membedah Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer ini terdiri atas berbagai peralatan, misalnya motherboard, CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), VGA (Video Graphic Array), HDD (Hard Disk Drive), Optical Disk Drive, dan Power Suppy Unit (PSU). Itu baru perangkat keras komputer yang ada di dalam komputer dan melekat pada papan utama atau motherboard atau harus berhubungan dengan motherboard.

Untuk perangkat keras yang ada di dalam komputer ini, biasanya tidak terlihat dari luar. Hanya orang-orang yang paham komputer yang biasanya membukanya dan menganalisisnya demi kepentingan tertentu. Sedangkan perangkat keras yang ada di luar komputer, misalnya, monitor, keyboard, dan mouse. Untuk perangkat keras ini, semua pengguna komputer bisa melihatnya dengan mudah dan tidak harus membuka bagian apa pun.

Selain yang disebutkan itu, ada juga perangkat keras lain yang dianggap sebagai tambahan bagi yang membutuhkan. Misalnya, scanner, modem, printer, speaker, UPS (Uninterruptable Power Supply) yang biasanya dipakai oleh orang-orang yang berada di daerah dengan keadaan listrik tidak stabil, Sound Card, dan LAN Card.

Fungsi Perangkat Keras

Perangkat keras yang sudah disebutkan itu mempunyai fungsi masing-masing. Ada perangkat keras untuk unit masukan (input device), unit pemrosesan (prosess unit), unit keluaran (output device), dan unit penyimpanan (backing storage) serta unit tambahan (periferal). Masing-masing unit ini mempunyai peralatan dan perlengkapan masing-masing. Ibarat satuan tempur, setiap unit ini mempunyai pendukung masing-masing agar mereka sukses dalam menjalankan misinya.

Misalnya, unit masukan terdiri dari keyboard dan mouse. Unit keluaran terdiri dari monitor dan printer. Unit penyimpanan terdiri dari harddisk, CD ROM, dan lain-lain. Untuk unit tambahan misalnya, modem, TV tuner card, dan lain-lain.

Perangkat Keras Input

Mari membedah tentang perangkat keras input. Unit masukan ini artinya memasukan data. Perangkat kerasnya tentu saja keyboard sebagai tempat untuk mengetik dan menuliskan data yang akan dimasukan ke dalam komputer. Tidak ketinggalan si tikus ajaib alias mouse. Tentu saja mouse ini sangat penting dalam membantu memasukan data ke dalam komputer.

Selain keyboard dan mouse, scanner juga bisa digunakan untuk memasukan data. Selain itu ada Touch Panel yang hanya dengan menyentuhnya lalu data bisa masuk ke dalam unit penyimpanan. Terkadang ada orang yang menggunakan light pen, tablet, dan digitizer graphics. Jangan juga dilupakan perangkat input yang tidak secara langsung membantu memasukan data ke dalam komputer. Katakanlah peralatan seperti punched card, dan harddisk.

Untuk keyboard sendiri, kini sudah ada beberapa jenis keyboard yang beragam. Bahkan ada keyboard virtual yang bisa digunakan di mana saja hanya dengan membawa perangkatnya. Keyboard virtual ini artinya adalah keyboard ini sendiri tidak berupa benda yang bisa diangkat ke mana-mana melainkan hanya berupa gambar keyboard tetapi bisa berfungsi seperti keyboard. Teknologi telah memungkinkan apa pun bisa terjadi termasuk keyboard virtual tersebut.

Kebanyakan keyboard yang beredae sekarang adalah jenis QWERTY. Keyboard jenis ini menjadi referensi pembuatan keyboard yang lain termasuk untuk pembuatan keypad pada ponsel. Masyarakat pengguna komputer sudah sangat akrab dengan keyboard yang terdiri dari 104 tuts ini. Hal ini tidak mengherankan karena keyboard jenis ini telah menjadi keyboard standar ISO (International Standard Organization).

Keyboard ini mempunyai beragam port, misalnya serial, ps2, usb dan wireless. Sekedar informasi, keyboard QWERTY ini berasal dari mesin tik. Keberadaan mesin ketik memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Apalagi untuk mesin ketik merek terkenal. Kebiasaan menggunakan mesin ketik dan ketrampilan mengetik 10 jari, telah membuat para pembuat keyboard pada komputer menggunakan apa yang ada di mesin ketik tersebut.

Sebenarnya ada paling sedikit tiga jenis keyboard dilihat dari pembagian jenis huruf dan fungsi tombol atau tutsnya, yaitu, QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG. Keyboard QWERTY sendiri dinamakan demikian diambil dari 6 huruf pertama pada bagian huruf di keyborad barisan paling atas.

Ada empat bagian yang harus diketahui pada keyboard jenis QWERTY ini, yaitu typewriter key, numeric key, function key, special function key. Untuk typewriter key sendiri terdiri dari Back Space, Caps Locks, Enter, Delete, End, HOME, Esp, PGUP, PGDN, TAB. Tombol-tombol ini adalah tombol paling penting dalam proses pemasukan data ke komputer. Tombol-tombol tersebut berada pada bagian paling kanan, paling kiri, paling atas, dan paling bawah dari keyboard.

Numeric key terdiri dari tombol-tombol angka yang ada di bagian baris ke-2 dari keyboard. Kalau tombol Num Lock ditekan, maka arrow key akan menjadi angka. Begitu juga sebaliknya.

Function key adalah tombol dengan simbol F1-F12. Fungsi masing-masing tombol bisa berbeda dari satu komputer dengan komputer lainnya. Penting untuk melihat gambar bagian bawah lambang F1-F12 tersebut sebelum menekannya. Kalau tidak perpengalaman, sebaiknya tidak menggunakannya daripada bingung dan merasa data hilang karena monitor menjadi gelap. Berbeda kalau sudah sangat tahu apa fungsi masing-masing tombol tersebut.

Special function key mempunyai fungsi yang sangat istimewa sesuai dengan namanya. Tombol-tombol yang dikatakan spesial ini adalah Ctrl, Shift, dan Alt. Mengapa mereka istimewa karena mereka penggunaannya biasanya dilakukan secara bersama-sama. Misalnya, ketika tombol CTR+ALT+DEL digunakan, maka komputer akan mati untuk sementara. Begitu juga ketika tombol CTR ditekan bersamaan dengan huruf-huruf tertentu, akan memberikan fungsi yang berbeda.

Perangkat Input Lainnya

1. Mouse

Teknologi mouse ini sekarang sudah sangat beragam. Ada yang bentuknya kecil imut dengan warna yang sangat menarik. Mouse ini disenangi karena ia berfungsi sebagai penggeser cursor dengan cepat. Kalau tidak terbiasa dengan mouse, orang memang lebih senang menggunakan tombol yang ada di keyboard. Tetapi bagi yang terbiasa, mengetik tanpa ada mouse itu seperti kehilangan tempat makan siang yang sangat dibutuhkan. Sebelum sistem berbasis GUI (Graphical User Interface), mouse belum digunakan secara maksimal.

2. Touchpad

Touchpad adalah pelengkap laptop dan netbook yang letaknya ada di bagian bawah tengah. Tetapi terkadang touchpad yang berfungsi sebagai pengganti mouse ini menjadi sangat sensitif sehingga sering tidak diaktifkan. Cara mematikannya adalah dengan menekan FN+F7. Malah ada yang tidak bisa berfungsi lagi. Oleh karena itulah penggunaan touchpad ini sering digantikan oleh mouse. Selain touchpad, ada juga pointing stick dan trackball. Penggunaanya sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan para pengguna komputer saja.

Perangkat keras input lainnya adalah light pen, joy stick dan paddle games, barcode, scanner, kamera digital, mikrophone, headphone, dan graphics pad. Masing-masing perangkat ini mempunyai fungsi memasukan data yang berbeda ke komput

Speak Your Mind

*