Perlengkapan Standar Bayi Yang Harus Disiapkan Ketika Membawa Mobil

Ilustrasi Perlengkapan Standar bayiMembawa bayi adalah salah satu hal yang sangat merepotkan. Apalagi jika Anda tergolong ibu muda yang baru mempunyai bayi, tentunya belum mempunyai pengalaman dalam hal ini. Persiapan akan menjadi hal yang sangat penting bagi Anda yang memiliki bayi kecil, karena tertinggal satu barang saja akan berujung pada kerepotan Anda pada saat bepergian.

 

Perlengkapan Standar Bayi Yang Harus Disiapkan

 

Ketika mengajak bayi keluar rumah, maka bisa jadi orang tua terutama ibu harus menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan ketika bayi berada di luar rumah. Hal ini disebabkan keadaan bayi memang membutuhkan banyak hal yang harus disiapkan.

 

Untuk itu, menjadi seorang ibu dengan bayi memang diharuskan harus mampu untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan oleh bayi. Walaupun ketika ke;uar rumah harus membawa banyak barang seperti halnya orang mau bepergian jauh maka hal itu bukanlah menjaid sebuah permasalahan yang berarti. Yang paling penting adalah dapat membawa segala hal yang nantinya akan dibutuhkan oleh bayi.

 

Beruntung di lokasi tempat yang Anda kunjungi ada yang menjual keperluan bayi Anda, bagaimana jika tidak. Bagaimana Anda menyiasatinya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda membawa serta bayi di dalam mobil atau liburan jauh, perlengkapan standar bayi apa saja yang seharunya disiapkan:

 

1. List barang yang akan Anda bawa. Jangan sepelekan hal ini, sekalipun Anda mempunyai ingatan yang cukup kuat. Meng-list barang sangat membantu Anda jika ada perlengkapan bayi Anda yang tertinggal.

 

Hal ini memang bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Pikirkan dengan matang dan teliti, jikalah sudah berada di tempat tersebut atau di tempat yang dituju, bayi akan membutuhkan apa saja.

 

Daftarlah segala keperluan bayi mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Dalam menentukan barng apa yang akan dibawa ini memang tak dapat dilakukan dengan tergesa gesa atau tanpa pertimbangan yang matang.

 

Lakukanlah dengan hati hati dan penuh dengan pertimbangan. Pikirkan dengan sungguh sungguh dan juga jagan terburu untuk menentukan segala apa yang akan dibawa. Ini adalah kunci ketika akan menentukan barang apa yang akan dibawa.

 

Daftar yang dibuat juga harus jelas dan dapat membantu untuk benar benar membuat ibu mengambail barang yang tepat guna bagi si bayi ketika berada di luar rumah. Barang yang dimasukan ke dalam daftar adalah memang barang yang benar benar dibutuhkan oleh bayi.

 

2. Tentukan tujuan perjalanan. Karena dengan menentukan tujuan perjalanan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan segalanya. Tujuan perjalanan juga akan menentukan peralatan bayi apa saja yang akan dibawa termasuk berapa banyak barang yang akan dibawa.

 

Misalnya ketika akan mengajak bayi keluar rumah menuju taman hiburan maka bisa jadi akan membawa perlengkapan bayi yang tak begitu banyak. Lain halnya ketika akan mengajak bayi untuk pergi dalam waktu yang lebih lama atau jika bayi akan diajak menginap di luar rumah. Maka barang yang akan dibawa tentunya lebih banyak lagi.

 

3. Tas bayi/tas perlengkapan bayi. Selain untuk menyimpan perlengkapan bayi Anda, Anda pun dapat menyimpan barang-barang pribadi Anda. Untuk tas perlengkapan bayi memang terkesan lebih besar dibandingkan dengan tas ibu atau tas yang lainnya.

 

Dengan ukuran tas bayi yang jauh lebih besar maka memiliki kelebihan dapat menampung segala perlengkapan bayi dengan lebih baik lagi. Banyak barang yang dapat ditampung di dalam tas bayi tersebut.

 

Terlebih kebanyakan tak bayi juga memiliki banyak saku di beberapa bagian dari tas. Hal ini juga memberikan kemudahan atau manfaat untuk tempat menyelipkan barang tertentu di tempat itu agar lebih mudah dalam pengambilannya.

 

4. Alas untuk pergantian popok atau perlak kecil. Alas perlu dibawa. Tentunya Anda tidak menginginkan jok mobil Anda kotor karena terkena cipratan bedak atau cipratan kotoran lainnya bukan. Alas juga berguna untuk semua tempat dan kondisi, tidak hanya berada dalam mobil saja,

 

Alas ini sangat diperlukan ketik bayi membutuhkan untuk mengganti popoknya. Sehingga apa yang ada di dalam popok bayi tak sampai mengenai barang yang lain namun langsung terkena ke alas yang sudah dibawa ini.

 

5. Popok. Cara termudah adalah menggunakan popok hanya sekali pakai atau diapers. Namun Anda juga dapat menggunakan popok kain bila lebih menyukainya. Bawalah jumlah lebih dari yang Anda perkirakan, karena belum tentu Anda dapat membeli diaper di daerah tempat Anda berkunjung. (catatan : Memakai popok kain sebenarnya sangat merepotkan, karena Anda tidak tahu seberapa seringnya anak Anda buang air kecil).

 

Saat ini kebanyakan popok yang digunakan adalah diaper sekali pakai. Dan banyakd isarankan ketika memang akan mengajak bayi keluar rumah untuk bepergian sebaiknya membawa diapers ini. karena akan praktis untuk digunakan.

 

Pipis bayi juga tak akan mengenai pakaian Anda ketika berada di luar. Dan ketika diaper sudah penuh cukup diambil dari tubuhsi bayi dan kemudian dibuang. Lain halnya jika menggunakan popok kain yang bisa saja pipis bayi akan mengenai pakaian kita. Sedangkan kita membutuhkan tempat tertentu untuk menempatkan seluruh popok kain yang telah basah terkena pipis si bayi.

 

6. Alat mandi. Anda tidak mungkin tidak membawa alat mandi. Bayi Anda akan merasa gelisah jika badannya merasa tidak nyaman. Sediakan alat mandi selalu jika Anda ingin bepergian jauh, walaupun itu hanya sehari.

Anda bisa melengkapinya dengan membawa sabun cair bayi, baby oil agar bagian-bagian yang terlipat dari tubuh bayi Anda tidak lecet, tisu basah yang praktis digunakan, baik untuk membasuh tangan sebelum atau sesudah mengganti popok yang tidak mengandung alcohol atau pewangi. Baby cologne atau minyak wangi, agar bayi Anda selalu fresh dimanapun berada.

 

7. Handuk kecil atau sapu tangan khusus bayi. Handuk bayi berguna untuk mengusap air liur bayi atau membersihkan tumpahan susu pada bayi Anda juga dapat berfungsi sebagai pelindung di saat bayi Anda akan makan.

 

Handuk kecil ini akan menjaga penampilan si bayi agar tidak terlihat belepotan. Agar penampilan bayi juga masih tetap menawan. Tentunya hal ini juga akan membuat orang tua lebih suka untuk meliaht bayinya yang menawan.

 

8. Kantung plastic. Kantung akan Anda pakai untuk menyimpan baju bayi Anda yang kotor, atau sebagai tempat sampah untuk diapers yang sudah kotor. Sejatinya akan banyak sekali manfaat yang akan diambil ketika Anda membawa kantong palstik.

 

Karena bisa jadi memang akan ada beberapa hal di luar pikiran kita yang akan terjadi di luar sana. Dan yang membutuhkan kantong plastik. Jika kita sudah membawa kantong palstik ini maka akan mudah bagi kita untuk menggunakannya dan tak repot lagi untuk mencarinya.

 

8. Botol berisi air tawar dan termos air panas. Selain untuk minum bayi Anda tetap hangat. Air panas juga dapat dipakai untuk mencampur makanan bayi. Dengan membawa cadangan air panas dan juga air tawar maka Anda tentunya tak akan merasa kerepotan atau bingung membelinya ketika akan memberikan makan kepada bayi.

 

9. Pakaian bayi. selimut dan baju hangat bila diperlukan. Khususnya di bulan Desember.  Baju atau yang berhubungan dengan pakaian anak Anda dibawa tergantung dari beberapa lama Anda bepergian. Sesuaikan semuanya.

 

10. Mainan bayi. Bawalah beberapa mainan bayi ringan kesukaan anak Anda untuk membuat bayi Anda nyaman selama berlibur/bepergian jauh. Selain memberi rangsangan visual, bayi pun akan lebih tenang jika diberikan mainan tertentu. Sehingga bayi Anda tidak mudah rewel jika kondisi tidak sesuai dengan hatinya.

 

11. Obat muntah mencret dan panas untuk bayi. Jangan lupakan yang satu ini, jika sewaktu-waktu bayi Anda merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya.

 

12. Alas pundak. Kemungkinan bayi Anda muntah atau mengeluarkan sesuatu dari dalam mulutnya. Alas pundak ini bisa Anda gunakan saat Anda menggendongnya, dan menghindarkan baju basah serta aroma tak sedap.

 

Kalaupun akhirnya membawa bayi Anda untuk perjalanan jauh, tidak masalah kan, jika semua kebutuhan terpenuhi. Itulah beberapa perlengkapan standar bayi yang sebaiknya memang disiapkan ketika akan mengajakanbayi bepergian dengan mengendarai mobil.

 

 

 

 

Speak Your Mind

*