Persahabatan Menjadi Cinta

Ilustrasi persahabatanManusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Manusia butuh berinteraksi dengan orang lain, baik dengan keluarga, teman, atau kelompok lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu membutuhka teman atau persahabatan dengan orang yang dia anggap sebagai teman.

Arti Sebuah Sahabat

Persahabatan manusia tentu saja berbeda dengan makhluk Tuhan yang lain karena manusia adalah makhluk yang mempunyai akal dan pikiran. Persahabatan di jalin karena adanya saling kecocokan antara keduanya.

Semenjak dari kecil, seseorang sudah diperkenalkan dengan yang namanya bersosialisasi. Dari situlah seseorang mengenal apa yang namanya teman. Dimulai dari lingkungan keluarga. Seorang anak mempunyai orang tua yang sekaligus menjadi teman untuk bercerita. Begitu juga dengan kakak atau adik, sebagai teman untuk bermain di rumah.

Ketika seorang anak keluar rumah dan menemukan lingkungan baru yang lebih luas, maka sikap sosialisasinya akan tumbuh. Anak sudah mulai berkenalan dengan teman sebayanya atau bahkan dengan orang yang lebih besar darinya.

Sikap kepercayaan dirinya muncul ketika seorang anak mengenal lebih banyak orang dan memiliki banyak teman. Setelah mereka mempunyai banyak teman, mereka mulai memilih teman yang selalu dekat dengan mereka, yang kemudian dijadikan sahabat.

Persahabatan yang dijalin semenjak kecil biasanya akan berlanjut terus sampai mereka tumbuh dewasa. Persahabatan memang merupakan jalinan antara dua orang atau lebih yang dapat mengikat tali persaudaraan.

Banyak orang yang menganggap persahabatannya dengan seorang teman, seperti saudara sendiri karena kedekatan mereka. Karena sudah dianggap saudara, terkadang terbawa sampai dewasa, sehingga persaudaraannya semakin erat.

Persahabatan tidak dibatasi antara laki-laki dan perempuan, tapi kebanyakan orang yang bersahabat itu sesuai dengan sesama jenisnya. Mungkin karena lebih nyaman dan sama jenisnya, sehingga mereka saling mengerti satu sama lainnya.

Menjalin persahabatan dengan lawan jenis pun, tak ada salahnya. Saat kecil kita biasa bermain dan bersahabat dengan siapa saja, termasuk lawan jenis. Namun, persahabatan dengan lawan jenis pada usia remaja atau dewasa kerap memunculkan sebentuk rasa cinta, sehingga banyak yang mengalami persahabatan menjadi cinta.

Menjalin Cinta dengan Sahabat

Persahabatan yang menjadi hubungan cinta telah sering terjadi. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Mungkin waktu seseorang masih kecil, belum ada rasa sayang terhadap lawan jenis, yang ada hanya kasih sayang terhadap keluarga dan teman.

Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya umur dan pergaulannya semakin luas, seseorang mulai mengenal perasaan suka terhadap lawan jenis. Hal tersebut lumrah terjadi pada manusia karena memang kodrat manusia itu mempunyai rasa cinta dan kasih sayang.

Selain itu, ada beberapa sebab yang mengakibatkan persahabatan berubah menjadi rasa cinta. Berikut ini ada beberapa sebab yang menjadikan persahabatan lawan jenis berubah menjadi cinta.

1. Kenal Baik

Persahabatan biasanya terjalin setelah beberapa tahun saling kenal dan berteman. Dalam masa perkenalan yang berlangsung sekitar 1-2 tahun, secara otomatis kita mengevaluasi apa yang kita sukai dan tidak sukai dari si teman. Jika nilai hal-hal yang kita sukai lebih banyak, hubungan pertemanan akan meningkat jadi persahabatan.

Persahabatan membuat kita tahu banyak segala hal tentang si teman, juga sebaliknya. Hal-hal yang sangat pribadi bahkan tabu dalam masyarakat mengenai si teman dapat kita ketahui. Semakin lama kita mengenal sahabat dan nilai plus dia di mata kita semakin tinggi, rasa suka dan cinta akan muncul seiring waktu

2. Kesamaan

Umumnya kita menjalin persahabatan dengan orang yang punya banyak kesamaan dengan kita. Kesamaan-kesamaan tersebut menyebabkan kita sering menghabiskan waktu dengan teman. Akibat kesamaan dan kebersamaan tersebut akan muncul cinta karena kita menduga pastilah nyaman dan menyenangkan hidup bersama dengan orang yang punya banyak kesamaan dengan kita.

3. Perhatian

Karena sahabat tahu banyak tentang kita, ia dapat memberikan perhatian lebih banyak dari pada orang yang belum mengenal kita. Ia bukan hanya tahu tanggal penting, seperti tanggal lahir, namun juga tahu kebiasaan, kelebihan, dan kekurangan kita. Pengetahuan itu menjadi kunci untuk sebuah perhatian lebih. Tentu saja setiap orang senang mendapat perhatian. Dan, perhatian itulah yang di kemudian hari menumbuhkan cinta.

4. Sering Berbagi

Salah satu kebutuhan sosial manusia adalah teman untuk berbagi. Dan, kita paling sering berbagi dengan sahabat, terutama jika ada masalah. Dari sharing inilah kita jadi saling tahu sifat, sikap, dan perilaku sahabat. Beberapa sifat, sikap, dan perilaku sahabat sangat mungkin akan menumbuhkan rasa cinta di hati kita.

5. Kontak Fisik

Akibat sering bersama dengan sahabat, kontak fisik seperti berpegangan tangan, saling menyentuh sangat mungkin terjadi. Kontak fisik dengan sahabat akan cepat direspon oleh syaraf dan tubuh, sehingga menimbulkan kesan istimewa. Jika kontak fisik itu merupakan kali pertama dengan lawan jenis, kesan tersebut akan membekas lama dalam ingatan kita.

Jadi, soal mengatakan cinta tinggal menunggu waktu saja. Persahabatan yang berubah menjadi pacaran atau pernikahan bukan hal tabu dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun, bagi Anda yang jatuh cinta dan mengubah persahabatan menjadi percintaan, perlu ingat hal-hal berikut ini.

    • Anda harus serius, bukan untuk main-main ketika mengatakan cinta. Iseng-iseng belaka hanya akan mengubah sahabatmu menjadi salah seorang musuh. Satu musuh saja sudah lebih banyak daripada 100 orang teman.
    • Ikatlah hubungan cinta tersebut dalam ikatan pernikahan, sehingga Anda dan sahabat bebas melakukan apa saja. Hal-hal yang tabu bahkan haram akan berubah menjadi ibadah.
    • Tetap bersahabat jika dia menolak cinta Anda. Bisa saja sahabat ingin tetap bersahabat saja, tanpa ada rasa cinta layaknya pasangan kekasih. Anda harus selalu siap dengan kemungkinan ini.
  • Jika dia menolak, tetaplah menjaga rahasia sahabat Anda. Jangan bongkar rahasia yang dapat menyebabkan ia malu. Bagimana pun Anda telah dipercaya dan jagalah kepercayaannya itu selamanya.

Jika Anda belum siap dengan poin-poin di atas, lebih baik Anda tetap bersahabat saja. Apabila Anda ingin menjadikan sahabat sebagai pasangan hidup, minta petunjuk-Nya dan Anda tetap harus siap jika sahabat mengatakan tidak.

Jangan rusak persahabatan Anda karena gara-gara cinta Anda ditolak. Mungkin sahabat Anda lebih nyaman berhubungan dengan Anda sebagai seorang sahabat. Seorang sahabat itu tidak pernah putus sampai kapan pun.

Semenjak kecil, Anda diajari untuk menjalani hubungan baik dengan orang lain. Bahkan sekarang ini, di dalam pembelajaran di sekolah-sekolah sudah ada program karakter bangsa, salah satunya adalah persahabatan.

Jangan pernah menganggap hubungan Anda dengan sahabat Anda itu hanya sekadar pertemanan biasa. Meskipun tumbuh benih-benih cinta, tapi jagalah persahabatan Anda dengan baik sampai kapan pun.

Persahabatan yang kita jalin dengan teman kita jangan dirusak dengan tingkah kita yang salah. Sangat sulit mendapatkan seorang teman yang dapat kita jadikan seorang sahabat. Jadi, jagalah hubungan baik dengan sahabat kita sampai kapan pu

Speak Your Mind

*