Persiapan Membuat Theme WordPress Sendiri untuk Pemula

Persiapan Membuat Theme WordPress Sendiri untuk Pemula – Selain telah disediakan oleh WordPress itu sendiri, theme yang digunakan sebagai wajah WordPress dapat dibuat sendiri. Berikut sedikit tips serta panduan persiapan membuat theme wordpress untuk pemula.

Persiapan Membuat Theme WordPress

Untuk membuat theme WordPress sendiri setidaknya memerlukan beberapa persiapan. Seperti software, theme atau template dasar, dan beberapa engine yang telah terintegrasi di dalam WordPress itu sendiri.

Beberapa tool yang dibutuhkan untuk membuat theme Wordpress seperti WordPress theme yang telah terinstal dan berjalan dengan sempurna secara lokal di komputer Anda. Kemudian, tool yang lain seperti program editor untuk menyunting source code. Serta yang terakhir adalah beberapa software untuk mneyunting image.

Engine Wordpress yang teristal di komputer lokal Anda maksudnya adalah, sebagai server yang dapat digunakan secara offline. Sehingga dalam proses pembuatan theme tersebut Anda tidak harus sedang dalam posisi online.

Cara penyetingannya cukup mudah. Download XAMPP yang fungsinya untuk menjadikan PC Anda sebagai sebagai server. Kemudian, instal sofware tersebut. Dan jangan lupa untuk menginstal versi terbaru dari WordPress. Anda dapat mengunduhnya di http://wordpress.org/download/.

Program editor yang diperlukan untuk menyunting source code contohnya seperti Macromedia Dreamweaver. Program ini sangat favorit dan paling sering digunakan. Misalnya fitur autocomplete code yang mirip seperti fitur autocomplete dalam Google search.

Namun masalahnya, untuk Dreamweaver softawre ini berbayar. Dan dalam menjalankannya membutuhkan cukup berat, memakan RAM, dan tentu saja berbayar. Untuk urusan bayar-membayar, telinga kita biasanya sangat geli jika mendengarnya.

Nah, adakah software yang ‘gretongan’? Tentu saja ada. Gunakan NotePad ++. Software ini sangat ringan, gratis, dan bekerja sangat baik. Untuk mendapatkan NotePad ++ dapat mengunjungi laman resminya di http://notepad-plus-plus.org/. Download dan instal.

Dan yang terakhir adalah software untuk menyunting image. Ada dua nama yang pantas dijadikan rujukan. Seperti Adobe Potoshop serta Corel Draw. Karena sebuah template tidak hanya sekadar bahasa pemograman. Gambar biasanya akan disusupkan untuk membuat theme atau template kita menjadi lebih menarik.

Tool Untuk Persiapan Membuat Theme WordPress

Beberapa tool atau persiapan dasar dalam membuat theme WordPress adalah perangkat wajib yang harus dimiliki untuk membuat template WordPress sendiri. Jika Anda telah memiliki berbagai tool tersebut. Maka proses pembuatan theme Wordpress siap untuk dilakukan.

Theme yang menarik akan membuat visitor nyaman. Dan ketika visitor telah nyaman, mereka tak segan untuk kembali dan kembali ke blog Anda. Imbasnya? Tentu saja blog kita akan kebanjiran pengunjung. Bagi yang bergelut di bisnis online, hal ini merupakan faktor yang potensial.

Anne Ahira lewat situsnya Asianbrain.com menggarisbawahi tentang visitor. Karena pengunjung adalah ‘nyawa’ yang sesungguhnya dari sebuah blog. Blog dengan konten dan tampilan yang andal, maka akan sia-sia tanpa visitor yang hinggap.

Dengan demikian, kita harus pandai dalam memelihara visitor. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan tampilan blog. Lihat situs Asianbrain.com yang beralamat di http://www.asianbrain.com/, bagaimana Anne Ahira mengemas situsnya agar menarik dan memancing ketertarikan visitor. Jika Anda mampu memaksimalkan theme WordPress secara tepat, maka tak mungkin banjir visitor akan melanda di blog Anda suatu kelak. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*