Pesona Cerita Harry Potter

Ilustrasi cerita harry potterBuku merupakan gudang ilmu dan membaca adalah jendela dunia. Semua orang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Dengan membaca kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru yang terjadi di seluruh dunia.

Bagi yang memiliki hobi membaca buku, biasanya menyukai bacaan apa saja. Dimulai dari bacaan yang berat seperti buku pengetahuan umum, sampai dengan bacaan yang ringan seperti cerita novel.

Cerita dalam novel juga bisa kita jadikan sebagai sarana hiburan sekaligus menambah wawasan. Anda sudah tentu mengetahui cerita novel yang sempat menjadi fenomenal dengan daya imajinasinya. Ya, siapa yang tidak tahu dengan buku novelnya JK Rowling, Harry Potter.

Kisah Harry Potter

Cerita Harry Potter, dengan tokoh utamanya bernama Harry Potter, mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang penyihir yang ditinggalkan oleh ayah ibunya sejak masih bayi. Ia dengan paman dan bibinya disekolahkan di sekolah khusus penyihir Hogwards, karena Harry memiliki kemampuan sebagai seorang penyihir seperti kedua orang tuanya.

Serial cerita harry potter terdiri atas 7 judul cerita. Setiap cerita mengisahkan perjalanan Harry Potter setiap tahun di sekolah Hogwardsnya. Harry tidak sendirian, ia memiliki dua orang sahabat yang setia bernama Ron Weastley dan Hermione Granger. Bertiga mereka melewati masa sekolah di Hogwards penuh dengan petualangan.

Terutama petualangan Harry Potter, hidupnya selalu dihantui oleh Pangeran Kegelapan Lord Voldemort karena Harry Potter dianggap sebagai penghalangnya untuk mewujudkan kekuatan sihir hitamnya.

Kisah dibuka dengan perayaan tak terkendali di dunia sihir (yang biasanya merupakan komunitas yang rahasia) setelah bertahun-tahun mengalami teror oleh Lord Voldemort. Pada malam sebelumnya, Voldemort telah menemukan tempat perlindungan rahasia keluarga Potter, dan membunuh James dan Lily Potter.

Namun demikian, ketika ia mengarahkan tongkat sihirnya kepada bayi mereka, cerita harry potter, kutukan pembunuh yang dikeluarkannya malah membalik kepada dirinya sendiri. Arwah Voldemort tercabik dari tubuhnya sendiri yang hancur, menghilang dari dunia sihir, tapi tidak mati.

Sementara itu, satu-satunya hasil dari kutukan yang gagal itu meninggalkan bekas yang khusus di dahinya, cacat berbentuk sambaran kilat. Kekalahan misterius Voldemort memberikan Harry Potter sebutan khusus di kalangan dunia sihir, “Anak Laki-Laki yang Bertahan Hidup”. Sebutan ini khususnya dikarenakan tidak ada penyihir yang diarah oleh Voldemort dapat bertahan hidup melawannya.

Pada malam berikutnya, seorang penyihir membawa cerita harry potter ke rumah Bibi dan Pamannya, Dursley, tempat di mana ia akan tinggal bertahun-tahun setelahnya. Keluarga Dursley adalah keluarga Harry Potter yang disiplin dan merupakan orang-orang non-penyihir. Mereka senantiasa berusaha menyembunyikan latar belakang Harry Potter yang merupakan penyihir dan keturunan penyihir, dan memberinya hukuman jika terjadi kejadian-kejadian aneh.

Pada ulang tahunnya yang kesebelas, Harry Potter mendapatkan kontak pertamanya dengan dunia sihir, ketika ia menerima surat dari Sekolah Sihir Hogwarts, yang berusaha disembunyikan oleh Paman dan Bibinya, hingga ia tidak berhasil membaca surat tersebut. Surat itu pada akhirnya dapat dibacanya setelah ia ditemui oleh Hagrid, Pengawas Binatang Liar di Hogwarts. Hagrid memberitahunya bahwa ia sesungguhnya adalah seorang penyihir, dan surat itu memberitahunya bahwa ia disediakan tempat untuk belajar di Hogwarts.

Setiap jilid dari novel mengisahkan mengenai satu tahun kehidupan Harry, yang kebanyakan dihabiskannya dalam pelajaran di Hogwarts, di mana ia mempelajari penggunaan sihir dan membuat ramuan. Harry juga mempelajari bagaimana mengatasi rintangan-rintangan sihir, sosial, dan emosi selama masa remajanya.

Dalam periode yang sama, Voldemort juga berusaha untuk kembali ke tubuh fisiknya dan mengembalikan seluruh kekuatannya, sementara Kementrian Sihir berusaha juga untuk menolak untuk mengakui adanya ancaman akan kembalinya Voldemort. Penolakan Kementerian Sihir ini kemudian menyebabkan banyak kesulitan bagi Harry Potter.

Penggemar Harry Potter

Para maniak baca novel tentu suka mencari cerita novel yang menarik, menghibur, cerdas, serta diikuti dengan alur cerita yang mengasyikkan.

Nah, cerita harry potter bisa dijadikan salah satu alternatif bagi para maniak novel untuk dijadikan bahan bacaan. Bahkan bisa dijadikan sebagai koleksi novel pribadi di rumah.

Tokoh utama cerita Harry Potter ini seorang remaja, sehingga pas untuk menarik perhatian para maniak novel yang mayoritas remaja. Tidak hanya di Indonesia, Harry Potter juga digandrungi di seluruh dunia. Bahkan, novelnya pun dialihbahasakan lebih dari 20 bahasa negara-negara di dunia. Hebat, bukan?

Ketujuh buku Potter yang ditulisnya telah terjual lebih dari 450 juta kopi di seluruh dunia. Buku yang berkisah tentang seorang bocah penyihir itu menjadi fenomena dunia dan juga telah difilmkan dengan bintang utama Daniel Radcliffe. Saat seri terakhir buku itu dirilis pada 2007, ribuan buku terjual hanya dalam hitungan menit.

Tidak cukup hanya novel, cerita Harry Potter pun dialihmediakan ke layar lebar. Hal ini dilakukan guna mengobati rasa penasaran penggemar Harry Potter yang ingin melihat gambaran sesungguhnya dari tokoh imajinatif tersebut. Dari anak-anak hingga orang dewasa menjadi penonton film Harry Potter.

Film berseri cerita harry potter mesti berujung. Setelah sekitar 10 tahun memikat penggemar dan pencintanya, rangkaian kisah tentang sekelompok penyihir belia itu ditutup dengan episode penutup, “Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2.” Menegaskan kesuksesan film, untung yang diraih dari pemutaran filmnya di seluruh dunia juga bikin tercengang.

Jika pemutaran perdana film itu di 26 negara jadi patokan, petualangan terakhir carita harry potter di layar lebar akan mengalahkan film-film lain yang mendahuluinya dalam segi pendapatan.

Di Eropa dan Australia, karya besutan Warner Bros – yang juga berencana membangun taman hiburan, bisnis daring (online) dan game video cerita harry potter – itu mengantongi US$43.6 juta (Rp371,8 miliar) pada pemutaran perdana.

JK Rowling

Novel cerita harry potter yang memiliki banyak penggemar sudah tentu dibuat dengan daya imajinasi yang tinggi dan dikemas dengan alur cerita yang kreatif dan tidak membosankan. Bukan tidak mungkin cerita yang bergenre imajinatif lainnya pun juga bisa mengikuti jejak JK Rowling.

Tahukan Anda dimana pengarang yang sempat menjadi pengarang terkaya di dunia itu mendapatkan ide membuat cerita harry potter?

JK Rowling pada waktu tertentu sedang menempuh perjalanan ke sebuah kota kecil di Inggris dengan menggunakan kereta. Selama perjalanan, kereta yang ia tumpangi melintasi padang rerumputan yang hijau, dan banyak burung yang beterbangan.

Nah, berawal dari pemandangan yang ia lihat dari dalam kereta itulah ide untuk membuat cerita harry potter yang memiliki bangunan sekolah di tengah padang rumput muncul.

Tahun 1995, dengan susah payah, karena tak memiliki uang untuk memfotocopy naskahnya, Rowling terpaksa menyalin naskahnya itu dengan mengetik ulang menggunakan sebuah mesin ketik manual. Naskah yang akhirnya selesai dengan perjuangan susah payah itu tidak lantas langsung diterima dan meledak di pasaran.

Berbagai penolakan dari pihak penerbit harus ia alami terlebih dahulu. diantaranya, adalah karena semula ia mengirim naskah dengan memakai nama aslinya, Joanne Rowling. pandangan meremehkan penulis wanita yang masih kuat membelenggu para penerbit dan kalangan perbukuan menyebabkan ia menyiasati dengan menyamarkan namanya menjadi JK Rowling.

Memakai dua huruf konsonan dengan harapan ia akan sama sukses dengan penulis cerita anak favoritnya CS Lewis.akhirnya keberhasilan pun tiba. Tak disangka cerita harry potter luar biasa meledak dipasaran. semua itu tentu saja adalah hasil dari sikap pantang menyerah dan kerja keras yang luar biasa. Tak ada kesuksesan yang dibayar dengan harga murah.

Ide yang datang tidak diduga tersebut, muncul dari sebuah perjalanan. Agak klise terdengar, namun namanya pikiran dan imajinasi seseorang tidak ada yang bisa menduga berasal dari mana.

Sehingga tidak jarang juga kita mendengar banyak penulis novel mendapatkan ide cerita tidak hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Ide cerita juga bisa didapat dengan melihat, mendengar atau merasakan sesuatu di mana pun kita berada.

Speak Your Mind

*