Puisi Cinta Sebagai Ucapan di Hari Valentine

Hari valentine atau valentine’s day, yang lebih dikenal dengan hari kasih sayang, merupakan satu hari penting bagi mereka yang berpasangan. Hari kasih sayang ini dirayakan setiap tanggal 14 Februari.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang membuat kartu ucapan di hari valentine sebagai bukti rasa cinta dan kasih sayang mereka terhadap orang yang amat dikasihinya, baik itu teman, kekasih, maupun orang tua.

Tapi, kasih sayang dan cinta seperti apa sih yang sebetulnya dirayakan pada hari tersebut? Mungkin kita juga penasaran kan mengenal definisi cinta dan kasih sayang yang dimaksud itu seperti apa? Maka dari itu, sebelum kita membahas berbagai ucapan di hari valentine, ada baiknya jika kita membahas dulu hal yang paling pokok dari hari tersebut, yakni cinta dan kasih sayang.

Cinta yang Bagaimana?

Berbagai cara dilakukan dan ditempuh oleh umat manusia di berbagai penjuru dunia untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan cinta. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang secara sengaja mencari bahan referensi untuk menemukan definisi cinta yang sesuai dengan apa yang mereka rasakan atau apa yang mereka hadapi.

Sayangnya, tidak ada orang yang mampu membuat definisi yang tepat dan absolut mengenai apa itu cinta sehingga sampai saat ini, cinta masih menjadi bahan perdebatan yang secara tidak langsung mengapung dalam permukaan kehidupan kita sehari-hari.

Definisi cinta masih sangat relatif dan dianggap sebagai sebuah asumsi yang boleh diapresiasi secara bebas oleh siapa pun. Oleh sebab itu, semakin banyak orang mempertanyakan definisi dan hakikat cinta, semakin banyak pula referensi yang memuat berbagai info mengenai cinta.

Berbagai karya seni, dari mulai film, musik dan lagu, karya sastra, catatan harian, dan lukisan kerap memuat tema tentang cinta sebagai sesuatu yang krusial dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan setiap manusia di muka bumi ini. Hal itu disebabkan oleh energi cinta yang begitu besar pengaruhnya terhadap ruh dan kepribadian seseorang.

Bagi remaja, mungkin cinta adalah segala keindahan yang berkutat antara diri mereka dengan pasangan yang mereka harapkan. Akan tetapi , bagi sebagian orang yang sudah berpikir dewasa, cinta tidak melulu soal pasangan. Cinta adalah sesuatu yang bersifat universal dan mengandung makna yang lebih besar daripada sekadar hasrat.

Lantas, berbagai pengalaman pun dilakukan dan dihadapi sehingga seseorang menemukan titik pandang yang jelas mengenai apa dan bagaimana itu cinta. Artinya, cinta adalah sesuatu yang lebih tepat untuk dirasakan, dilakukan, dan dihayati ketimbang untuk didefinisikan.

Jadi, hubungannya dengan valentine apa? Tentu saja, sebelum kita memberikan ucapan di hari valentine, kita juga harus benar-benar meyakini bahwa ucapan tersebut muncul dari dasar hati yang paling dalam. Bukan sekadar emosi sesaat atau hanya ikut-ikutan orang lain.

Apa Itu Valentine?

Valentine selalu identik dengan sesuatu yang serba pink. Valentine juga erat hubungannya dengan coklat. Berbagai barang, seperti boneka dan bantal, bernuansa pink laris manis pada bulan ini. Berbagai bentuk dan warna coklat diserbu para pemuda dan pemudi. Barang bernuansa pink dan coklat selalu dijadikan hadiah yang seolah menjadi keharusan di hari kasih sayang ini.

Hal yang tidak kalah penting di momen ini adalah bunga mawar dan kartu ucapan berbentuk hati dengan gambar Cupido atau Cupid yang diyakini sebagai dewa cinta pada zaman Romawi. Cupid adalah dewa bersayap dengan busur panah di tangannya. Dewa ini ‘bertugas’ menancapkan anak panah pada manusia di bumi. Manusia yang tengah jatuh cinta dipercaya telah terkena anak panah dewa cinta ini.

Valentine sendiri merupakan kata dan budaya yang berasal dari Barat. Tradisi ini berasal dari bangsa Romawi. Dengan demikian, valentine merupakan tradisi orang-orang non-muslim. Anehnya, orang Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam turut merayakan tradisi ini.

Kebanyakan dari mereka mungkin hanya sekadar ikut-ikutan merayakan tanggal 14 Februari sebagai hari kasih sayang tanpa mengetahui asal mula tradisi tersebut. Hari kasih sayang sebenarnya tidak hanya terpaku pada tanggal 14 Februari. Setiap hari bisa dijadikan hari kasih sayang bagi kita dan orang-orang yang kita cintai.

Cinta adalah perasaan yang tidak mudah dilukiskan. Cinta memang unik. Cinta itu ajaib. Tidak pernah habis kata-kata jika dipakai untuk mendeskripsikan cinta. Bagi para pencinta di seluruh dunia, valentine adalah hari penting dalam dunia percintaan sehingga harus dirayakan denga cara dan kata yang tidak biasa.

Keunikan dan keajaiban rasa itu membuat kita tidak ingin mengungkapkan cinta dengan cara sederhana. Seseorang yang tengah jatuh cinta ingin segera mengungkapkan perasaan itu pada orang yang dimaksud.

Memberikan Ucapan Valentine Lewat karya

Banyak cara yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Puisi menjadi salah satu bentuk karya yang sering dijadikan media untuk mengungkapkan rasa cinta.Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra berisikan kata-kata dan kalimat-kalimat indah yang penuh dengan perumpamaan. Puisi itu asosiatif, hiperbola, dan sebagainya.

Yang jelas, puisi merupakan salah satu -dari sekian banyak tulisan- yang kerap dijadikan cara untuk mengungkapkan perasaan cinta. Salah satu penyair yang sangat terkenal dengan puisi-puisi cintanya adalah Kahlil Gibran.

Di momen penting -bagi sebagian orang- seperti valentine, puisi banyak dipilih sebagai tanda ucapan di hari  kasih sayang ini. Kartu-kartu ucapan dipenuhi dengan puisi-puisi cinta. Selain yang telah ada dengan sendirinya pada kartu ucapan, banyak pula puisi yang sengaja diciptakan seseorang pada momen ini untuk diberikan pada orang yang mereka cintai.

Kelenturan bentuk yang tidak mengikat membuat puisi banyak dipilih sebagai cara lain pengungkapan rasa cinta. Setiap orang pada dasarnya bisa berpuisi, terlebihpuisi modern, dengan pemilihan kata dan gaya serta rima yang sudah lepas dari ikatan kebakuan sebuah puisi.

Puisi dan cinta memang dua hal yang saling bersinggungan. Salah satu hal penting dari isi puisi adalah cinta dan puisi sendiri merupakan bagian penting dalam cinta.

Contoh Puisi Untuk Hari Valentine

Berbagai inspirasi mengenai cinta tentu saja tidak bisa membuat kita berpaling begitu saja. Pasalnya, cinta merupakan sesuatu yang sangat menarik dan tak lekang oleh waktu.
Berbagai kata mutiara dan ungkapan cinta biasanya disuguhkan di hari valentine sehingga membuat orang yang kita cintai benar-benar merasakan cinta yang kita rasakan jua.

Lantas, karya seperti apa yang cocok untuk diberikan sebagai ucapan di hari valentine? Kita simak saja salah satu penggalan puisi cinta karya W.S.Rendra berikut ini.

Surat Cinta

Kutulis surat ini
kala hujan gerimis
bagai bunyi tambur yang gaib,
Dan angin mendesah
mengeluh dan mendesah,
Wahai, dik Narti,
aku cinta kepadamu !

Kutulis surat ini
kala langit menangis
dan dua ekor belibis
 bercintaan dalam kolam
bagai dua anak nakal
jenaka dan manis
mengibaskan ekor
serta menggetarkan bulu-bulunya,
Wahai, dik Narti,
kupinang kau menjadi istriku !

Kaki-kaki hujan yang runcing
menyentuhkan ujungnya di bumi,
Kaki-kaki cinta yang tegas
bagai logam berat gemerlapan
menempuh ke muka
dan tak kan kunjung diundurkan

Selusin malaikat
telah turun
di kala hujan gerimis
Di muka kaca jendela
mereka berkaca dan mencuci rambutnya
untuk ke pesta Wahai, dik Narti
dengan pakaian pengantin yang anggun
bunga-bunga serta keris keramat
aku ingin membimbingmu ke altar
untuk dikawinkan
Aku melamarmu,
Kau tahu dari dulu:
tiada lebih buruk

……….

Speak Your Mind

*