Pusat Penjualan Mobil Bekas di Bandung

Saat ini, berbagai pusat penjualan mobil bekas bisa dengan mudah kita temui di berbagai situs online. Namun, dari situs online tersebut, kita hanya akan mendapati foto mobil yang akan dijual dan spesifikasi mobil tersebut. Meskipun kondisi mobil juga ditampilkan, siapa yang tahu kondisi sebenarnya mobil tersebut. Sebaiknya kalau ingin membeli mobil bekas, harus bisa melihat, menyentuh, bahkan mencoba mobil bekas yang akan dibeli. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memang berniat membeli mobil bekas.

Bukan Makanan

Mobil tidak seperti makanan, kalau tidak suka lalu bisa dengan cepat diberikan kepada orang lain. Kalaupun sudah basi, tinggal dibuang. Harganya pun tidak mahal dan bisa beli lagi dengan cepat. Mobil bekas yang sudah dibeli, tentu sangat sulit untuk dijual lagi. Kalau pun ada yang mau membeli, mungkin harganya tidak sama dengan ketika membelinya. Hal-hal yang mungkin akan terjadi harus dipikirkan dengan matang. Apalagi kalau tidak mengetahui tentang mesin. Kondisi mobil dengan body yang mulus tidak bisa menjamin bahwa mesinnya juga mulus.

Bisa jadi sebelum dijual, semua ban mobil sudah diganti. Body didempul dan dicat lagi. Interior diperbaiki sehingga mobil tampak wah dari luar. Bisa jadi juga mesinnya memang bagus karena mendapatkan perawatan yang maksimal dan disayangi sepenuh hati sehingga mobil memang terjaga. Kalau beruntung seperti ini, persoalannya menjadi berbeda. Harganya biasanya cukup mahal walaupun mobil dengan keluaran tahun yang cukup tua. Terutama kalau mobil tersebut mempunyai kenangan dengan pejabat atau pemimpin yang kharismatik.

Para penyuka mobil antik juga mempunyai pandangan yang berbeda dengan mobil bekas ini. Ketika mereka sudah menyukai sebuiah mobil bekas, mereka tidak memikirkan harganya atau apakah setelah dibeli mereka akan keluar uang banyak atau tidak. Rasa cinta itu telah mengalahkan segalanya sehingga mereka akan membeli mobil incarannya dengan harga berapa pun. Setelah itu mereka akan membawa mobil itu ke bengkel terpercaya dan akan membuat mobil bekas itu bisa dioperasikan lagi.

Banyak orang yang seperti ini. Biasanya mobil yang dicari adalah jenis mobil mewah pada zamannya atau jenis mobil yang dianggap jantan dan wah pada zamannya. Ada suatu kebanggaan tersendiri ketika bisa membuat mobil tua yang tadinya telah terbenam tak terawat bisa berjalan lagi. Orang-orang seperti ini biasanya telah mempunyai segalanya dan hidupnya tinggal untuk dinikmati dengan hal-hal seperti itu. Kalau belum seperti ini, berhati-hatilah dalam membeli mobil bekas.

Tak dapat dipungkiri, berbagai situs online yang menjamur di internet mampu mempermudah kita. Khususnya, yang tengah mencari mobil bekas akan mendapatkan apa yang dicari. Berbagai merek dan tahun keluaran mobil, semua terpampang dengan jelas beserta harga jualnya. Namun, ini hanya membantu para pembeli yang setidaknya pernah melakukan transaksi jual beli secara online. Tidak semua yang ada di situs itu jelek dan tidak semuanya bagus. Tetap harus ada ilmu ketika membeli barang lewat internet terutama mobil bekas.

Lantas, apakah keberadaan situs penjualan mobil bekas ini cukup membantu mereka yang memang baru pertama kali (mau mencoba) melakukan transaksi online? Rasanya, tidak. Bagaimanapun,  “kepercayaan” pembeli mobil pada penjual online terhadap kondisi mobil yang sebenarnya hanya akan didapat setelah pembeli itu melakukan percobaan mengemudikannya secara langsung. Dengan melihat langsung, pembeli tidak seperti membeli kucing dalam karung. Rek dan direcek akan lebih mudah dilakukan.

Penjualan Mobil Bekas Offline di Bandung

Bagi masyarakat Bandung yang berniat membeli mobil bekas, namun ragu akan penjualan berbagai jenis mobil bekas secara online, jangan khawatir dan berkecil hati. Di Bandung, setidaknya, terdapat dua tempat khusus sebagai pusat penjualan berbagai mobil bekas offline. Tempat penjualan berbagai mobil bekas khusus yang akan memberikan pengalaman berbeda kepada pembeli dibanding pembelian online.

1. Lapangan Parkir Stasiun TVRI Bandung
Bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas di kawasan Bandung, lapangan parkir stasiun TVRI Bandung layak menjadi tujuan utama. Di tempat yang beralamat di Jl. Raya Cibaduyut No. 276 Kota Bandung ini, terdapat puluhan, bahkan, ratusan kendaraan bermotor bekas (motor dan mobil) dipampang untuk dijual. Beragam merek dan kendaraan dari berbagai tahun pembuatan “nangkring” di tempat ini setiap minggunya.

Keberadaan pusat penjualan berbagai mobil bekas ini memang hampir sama dengan pasar kaget. Hanya muncul di hari Minggu. Selain itu, yang membedakan tempat ini dengan penjualan mobil bekas online adalah sistem test drive yang bisa dilakukan langsung oleh pembeli untuk mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya. Di tempat ini, tak ada istilah membeli kucing dalam karung. Yang paling menarik, tentu saja adanya kemungkinan untuk nego harga.

Tidak hanya di kota Bandung. Kota Yogyakarta juga mempunyai pasar kaget untuk mobil bekas yang letaknya juga di lapangan TVRI Yogyakarta di Jalan Megelang. Waktu transaksi juga dilakukan pada hari Minggu. Sistemnya juga hampir sama dengan yang penjualan dan pembelian mobil bekas di TVRI Bandung. Sepertinya hal ini telah menjadi suatu program dari TVRI yang mempunyai lapangan kantor yang besar.

Para peminatnya cukup banyak. Mobil-mobil yang diperdagangkan malah hingga berderat di jalanan depan TVRI sehingga membuat macet. Pagi hari mulai dari pukul 8 hingga tengah hari, para peminat mobil bekas berduyun-duyun mencari objek yang bisa dilihat. Di kaca mobil tertampang tulisan ‘DIJUAL’ bersama dengan keterangan tentang mobil sekilas dan harga mobil. Ada juga nomor telepon yang bisa dihubungi.

2. Stadion Persib (Sidolig) Bandung
Jika mobil yang Anda cari tidak ditemukan di lapangan parkir TVRI Bandung, jangan kecewa dulu. Coba putar haluan Anda ke Jl. Ahmad Yani, Bandung. Tepatnya, di seputaran stadion Persib (Sidolig) Bandung. Ya, tempat ini adalah alternatif lain yang bisa dikunjungi untuk mencari mobil bekas terbaik di Bandung.

Setiap Minggu pagi hingga sore hari, di tempat ini, “mangkal” puluhan mobil bekas yang siap dilepas (lagi) ke jalanan. Selain menerapkan sistem penjualan yang hampir sama dengan yang dilakukan di lapangan parkir TVRI Bandung, tempat ini terkadang menyediakan mobil bekas yang masih berusia muda. Para penjual juga terkadang berusia masih belia. Mereka belajar bertransaksi jual beli mobil bekas.

Akan tetapi, di tempat ini, tak jarang pembeli hanya akan berhadapan dengan calo dan bukan pemilik aslinya. Namun, jangan khawatir, kelengkapan surat-surat kendaraan yang akan dijual sudah dikuasakan sepenuhnya kepada si calo tersebut. Bagaimana, tertarik untuk membeli mobil bekas di Bandung, jangan sungkan untuk mengunjungi kedua tempat tadi. Selamat belanja!

Mobil Bekas di Palembang

Penjualan mobil yang tidak baru lagi itu memang merupakan bisnis yang cukup menggiurkan banyak orang. Tidak sedikit orang yang berusaha menghidupi keluarganya dengan menjual mobil. Di daerah Palembang ada kawasan yang memang disediakan untuk menjual mobil bekas. Sepanjang jalan Veteran akan dijumpai orang yang menjual beragam mobil bekas dari berabagi merek dan tahun keluaran.

Para penjual ini cukup bisa dipercaya karena memang telah lama menempati berbagai pertokoan yang ada di sepanjang jalan tersebut. Kalau ingin mencoba tempat lain, tidak menjadi masalah. Masih ada beberapa tempat di Kota Pempek ini yang menyediakan mobil bekas. Di dekat Polygon dan di jalan-jalan terkadang ada beberapa mobil bekas yang dijajahkan. Harga mobil bekas tersebut cukup beragam, mulai dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah untuk mobil bekas keluaran tahun 2010 ke atas.

Bagi yang berminat membeli mobil bekas, pastikan untuk memperhatikan mesin dan onderdil lainnya. Kalau memang peduli dengan interior, lihat apakah interiornya telah ada yang rusak atau masih bagus. Kalau masih bagus, cukup lumayan mengurangi biaya perawatan dna tidak perlu ke salon mobil. Biaya ke salan mobil cukup mahal apalagi kalau ingin menghilangkan bekas asap rokok. Bagi orang-orang tertentu interior sangat penting karena akan berkaitan dengan kenyamanan mengendarai mobil tersebut.

Interior yang baik akan membuat bau mobil tidak terlalu menyengat. Kalau interiornya terbuat dari beludru, bau mobil bisa tidak sedap. Apakah kalau beludru itu basah. Jadi, membeli mobil bekas itu ada seninya dan tidak asal beli saja.

Speak Your Mind

*