Rally Wisata Kuliner Jakarta Selatan

Ilustrasi wisata kuliner jakarta selatanBingung mau liburan ke mana tetapi tidak mau ke luar kota? Liburan seperti apa yang paling enak bersama keluarga? Jawabannya, wisata kuliner jakarta selatan. Wisata makanan ini dapat menjadi alternatif liburan keluarga Anda di akhir pekan selain mengunjungi mall yang tersebar begitu banyak di Jakarta ini.

Sebagai pusat ibukota dari sebuah negara yang kaya akan tradisi, makanan enak menjadi salah satu daya tarik untuk para wisatawan. Jika Anda hanya ingin berwisata kuliner di satu wilayah, maka Anda perlu dicoba rute wisata kuliner Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan terkenal akan tempat-tempat hiburan mulai dari pagi hingga pagi lagi, 24 jam non stop. Anda ingin mencoba? mungkin Anda perlu mengetahui tempat-tempat yang potensial.

1. Tebet

Tebet kini berkembang pesat sebagai salah satu spot hiburan dan juga wisata kuliner Jakarta Selatan bagi anak-anak muda, setelah distro-distro berjaya di daerah Tebet Utara Raya. Untuk di daerah Tebet Utara Raya, Anda dapat menyantap Roti Bakar Edy cabang Blok M, Bebek Goreng Ginyo, dan tentu saja D’Jons, pelopor tempat makan di daerah itu.

Kalau hanya ingin duduk-duduk santai sambil minum-minum ringan, Comic Cafe dan 7 Eleven tersedia untuk Anda. Tidak jauh dari situ, masuk Tebet Raya ada Cafe Pisa.
Tidak hanya di daerah Tebet Utara, Tebet Barat lah yang justru pertama kali populer sebagai pusat wisata kuliner Jakarta Selatan untuk daerah Tebet.

Kini telah berderet-deret tempat makan enak mulai dari warung hingga restoran bergengsi. Sebut saja, Bubur Ayam Sukabumi, Cheese Cake Factory, Dapur Cokelat. Hingga tukang martabak Bangka dan Mie Yamin di sekitar pasar Tebet Barat.

2. Pasar Minggu

Selain berbelanja buah-buahan dan sayur mayur murah nan lengkap, Pasar Minggu memiliki satu tempat makan mpek-mpek enak. Namanya mpek-mpek Pak Jenggot yang terletak di Jl. Ragunan Raya, berada disamping pintu terminal Ps. Minggu.

Walau terkesan ramai dengan deretan angkutan umum yang hendak masuk terminal, tetapi begitu masuk ke dalam keriuhan itu sirna oleh gurihnya mpek-mpek Pak Jenggot. Jangan sampai salah pilih, ada dua warung mpek-mpek berdampingan, konon kabarnya masih bersaudara, tetapi pilih warung yang paling besar dan luas. Rasanya beda.

3. Kemang

Bicara Kemang sudah tidak bisa lagi dipungkiri, awalnya terkenal dengan wisata kuliner jakarta selatan untuk jam malam bagi para ekspatriat. Namun kini sudah semakin membumi dengan adanya Barcode sebuah plaza dengan berbagai tempat makan di dalamnya, hingga D’Cost dengan aneka seafood yang murah tetapi tetap enak.

4. Ampera

Satu ruas jalan ini memang kaya makanan enak. Seolah menjadi hiburan wisata kuliner Jakarta Selatan di siang hari bagi para penghuni Kemang. Jika Anda masuk dari arah Kemang, Anda dapat mampir mulai dari Warung Es Oyen, Warung Bali Lovina di mana Anda dapat menyantap seafood bakar dan goreng di bawah gazebo dan iringan musik Bali (lewat piranti musik). Lalu Rumah Makan Ampera milik si Jinny di film Jinny oh Jinny, tempat makan khas Sunda yang murah meriah.

Tidak hanya itu, jika perjalanan wisata kuliner Jakarta Selatan diteruskan, Anda dapat bermewah-mewah di Raja Rasa. Bisa juga makan sambil bermain di Bondis Resto, dapat mencicipi Nasi Ijo di warung Ijo, dan merasakan mantapnya Coto Konro Daeng Naba.

5. Jeruk Purut – Cipete – Antasari

Tidak jauh dari Ampera, ada jalan Jeruk Purut, selain kuburan dengan mitos horornya ternyata ada beberapa tempat wisata kuliner enak. Misalnya Warung Solo, jika Anda ingin makanan khas Jawa di bawah rumah Joglo dengan desain interior yang unik (meja yang kakinya adalah mesin jahit Singer) dan didampingi nenek-nenek dan kakek-kakek yang memainkan musik Jawa (bersimpuh di lantai beralas koran) benar-benar seperti pulang kampung ke rumah Eyang.

Lalu jika Anda suka old style ala Europe, mampir saja ke coffeshop Kedai di Jl. Benda. Choc n Chocolatenya nikmat dan jangan lupa Nasi Goreng Jumat Kliwonnya perlu Anda coba. Suasananya cozy dan ada fasilitas free WIFI. Sedangkan didepan kuburan ada Iga Bardidos dengan Australian Ribs yang cukup bayar Rp. 20.000,- sudah dapat steak bercita rasa tinggi dan tidak perlu begah. Begitu pula halnya dengan Cipete Raya yang kian ramai dengan tempat makannya.

Jangan bicara wisata kuliner jakarta selatan jika tidak mampir di Abuba. Tersohor akan steak murah dan pasti kenyang tidak perlu dipertanyakan lagi. Coto Konro Daeng Naba juga ada di sini, jika Anda ingin tempat yang lebih luas. Sambara dengan menu khas Sunda dan interior yang apik dengan harga terjangkau.

Lalu ada Bebek Tilam yang rasa bebeknya, sambalnya, bahkan nasinya juga enak.
Oh iya, jangan lupa mampir di Jl. Antasari, ada Soto Banjar yang enak sekali. Mau yang kuah susu atau bening? semuanya enak, apalagi bila mengunakan ayam kampung, hmmmm…

Sepertinya tidak ada habisnya membicarakan makanan enak di Jakarta Selatan. Tetapi untuk wisata kuliner jakarta selatan bersama keluarga, daerah-daerah ini wajib Anda kunjungi. So, enjoy your holiday with great foods!

Menikmati Wisata Kuliner di Jakarta Selatan

Untuk Anda yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya, sekarang tidak perlu bingung kalau ingin mencari makanan enak dengan harga yang pas di kantong. Beberapa restoran yang akan direkomendasikan berikut ini terkenal beda, nikmat, dan harganya pun tidak terlalu mahal. Yuk, kita telusuri wisata kuliner jakarta selatan ini satu-satu!

Mencicipi Tongseng sampai Bakmi Simpur

Untuk Anda penggemar menu tongseng, coba saja nikmati menu ini di Warung Tongseng Mbah Ani. Lokasinya ada di kawasan Pesanggrahan dan dekat dengan kodam. Warungnya memang tidak terlalu besar dan terletak persis di depan sebuah masjid. Saking larisnya tongseng di sini, pemiliknya pun hanya buka 3 jam saja dalam sehari. Yaitu antara pukul 11 sampai pukul 2 siang.

Di Jalan Ciranjang juga ada warung terkenal yang bernama Warung Ciranjang. Warung ini menyajikan Gulai Kepala Ikan, Bakmi Ikan sampai masakan ayam khas Perancis. Letak warung ini persis di sebelah minimarket Circle K, Jalan Ciranjang. Jam bukanya lebih fleksibel, yaitu antara jam 10 siang sampai jam 9 malam.

Yang suka dengan olahan mie, coba saja mi ayam khas Bakmi Simpur di kawasan Tebet. Restoran ini terlihat mencolok karena gedungnya sendiri juga baru. Lokasi persisnya di Jalan Tebet raya dan persis di depan toko kue Cheese Factory. Anda yang ingin mencari makan siang ataupun makan malam, bisa datang ke tempat ini karena jam bukanya yang dari jam 10 siang sampai 9 malam.

Nikmatnya Bubur Halal dan Menu Tebing

Kalau Anda umat muslim yang hobi berwisata kuliner di Jakarta Selatan, dan benar-benar menjaga kehalalan makanan, Anda bisa coba menu Bubur Ayam Halal At-Thoyibah. Lokasinya masih di kawasan Tebet, tepatnya di Jl Tebet Barat 4. Anda tidak akan tersesat menemukan tempat ini karena ada di dekat LBB Primagama Tebet Barat. Tapi jangan kecele datang ke tempat ini siang-siang, ya. Ini karena restoran ini buka mulai jam 5 sore dan tutup sampai jam 12 malam.

Warung kaki lima ternyata juga menyediakan masakan yang tidak kalah lezat dari restoran besar, lho. Coba saja warung Sate Ayam yang ada di Jl Wolter Monginsidi ini. Warung yang tidak ada namanya ini terletak persis di depan apotik dan minimarket Santa. Harganya hanya sekitar 8 ribu rupiah saja per porsinya, dan rasanya benar-benar maknyus!

Masih soal sate, Anda juga bisa lho makan di Tebing. Lho kok? Iya. Restoran ini memang bernama Kedai Tebing yang berarti Kedai Sate Kambing. Yang membuat beda, olahan sate dan sop di restoran ini memakai menu daging kambing muda yang empuk dan tidak alot. Lokasinya ada di Jl Karang Tengah raya dan terletak persis di sebelah toserba Kumiku. Sate Kambing dan Sop Iga Kambing-nya perlu Anda coba!

Selamat berwisata kuliner!

Speak Your Mind

*