Ramalan Hebat Paul si Gurita

Ilustrasi paulSalah satu sosok yang menyedot perhatian khalayak di ajang Piala Dunia 2010 bukanlah seorang pemain bintang, pelatih hebat, atau tim juara, melainkan seekor gurita. Namanya PaulPaul the Octopus (Paul si Gurita), yang berada di sebuah akuarium di Sea Life Centre, Oberhausen, Jerman, mendadak menenggelamkan popularitas sejumlah bintang lapangan hijau berkat ketepatannya menebak pertandingan-pertandingan di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Saat melakukan ramalan, Paul diminta memilih salah satu dari dua kotak berisi makanan berupa remis. Tiap kotak itu ditandai masing-masing dengan bendera tim sepak bola negara yang akan bertanding. Ia akan memasuki kotak yang dianggap akan memenangkan pertandingan. Hasilnya, Paul seratus persen menebak dengan tepat pemenang tujuh pertandingan di Piala Dunia 2010.

Diancam Dimasak

Paul diyakini ditetaskan dari telur pada Januari 2008 di Sea Life Centre di Weymouth, Inggris, kemudian dipindahkan ke sebuah akuarium di Oberhausen, Jerman. Namun, televisi kabel Amerika ESPN kemudian melaporkan sebuah klaim dari artikel yang dipublikasikan majalah Bild bahwa Paul si Gurita ditangkap pada bulan April 2010 oleh Verena Bartsch, dari Pulau Elba.

Nama Paul diambil dari sebuah judul puisi karya penulis Jerman Boy Lornsen, Der Tintenfisch Paul Oktopus.

Pada Euro 2008, Paul diminta menebak enam pertandingan yang dijalani tim Jerman. Hasilnya, empat pertandingan ditebak dengan tepat pemenangnya, yakni pada laga penyisihan Jerman melawan Polandia dan Austria, perempat final Jerman lawan Portugal, dan semifinal Jerman melawan Turki. Pada penyisihan Jerman melawan Kroasia dan final Jerman melawan Spanyol, tebakan Paul meleset.

Pada Piala Dunia 2010, Paul menebak tujuh pertandingan dan semuanya tepat, yakni pertandingan penyisihan grup Jerman lawan Australia, Jerman lawan Serbia, dan Jerman lawan Ghana, babak 16 besar Jerman lawan Inggris, babak perempat final Jerman lawan Argentina, semifinal Jerman lawan Spanyol, dan perebutan tempat ketiga Jerman lawan Uruguay.

Setelah tebakan Paul mengenai semifinal Jerman lawan Spanyol terbukti, para pendukung tim Jerman marah dan hendak membunuh dan memasak Paul si Gurita. Perdana Menteri Spanyol menanggapinya dengan canda untuk menawarkan petugas perlindungan negara guna memberikan pengamanan bagi Paul.

Berbagai Reaksi

Paul dan ramalan-ramalannya mendapat banyak reaksi dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Di internet, berbagai aplikasi dan situs bermunculan, baik untuk mendukung maupun melakukan tipuan seakan-akan itu hasil ramalan Paul. Sebuah situs internet, Paul Predicts, misalnya, langsung muncul tak lama setelah Piala Dunia 2010 berakhir. Sebuah lagu untuk Paul dibuat di YouTube dan dipakai di CNN ketika melakukan tayangan tentang Paul.

Sementara itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berkali-kali mengkritik Paul dalam pidatonya di Teheran. Ahmadinejad menuduh Barat menggunakan si gurita untuk menyebarkan “propaganda Barat dan takhyul”.

Paul diprediksi akan mati sebelum Euro 2012 berlangsung karena masa hidup gurita rata-rata tak lebih dari tiga tahun. Si pemilik pun mengatakan bahwa setelah Piala Dunia 2010, Paul tak akan melakukan ramalan apa pun.

Speak Your Mind

*