Rumah Bernuansa Saung Bambu

Ilustrasi saung bambuBambu memang kaya manfaat. Indonesia tak akan pernah bisa lepas dari peranan bambu. Sejak zaman dulu, bambu runcing menjadi senjata paling tersohor dalam menggelorakan semangat perjuangan pada masa penjajahan melawan senjata api modern.

Hingga hari ini, beragam manfaat bambu telah dirasakan. Baik dalam batangan atau juga belahan. Batangan bisa digunakan mulai dari konstruksi semisal rumah, jembatan, tangga, pipa air, gudang, tempat air, dan alat rumah tangga lainnya. Dalam bentuk belahan dapat juga dibuat bilik, lantai, reng, pagar, dinding, serta kerajinan. Bambu sudah merambah dunia industri yang sangat menguntungkan. Bahkan, di sebagian rumah berbentuk modern, bambu dijadikan bahan membuat saung bambu yang menimbulkan kesan asri dan teduh. Hanya saja, masih jarang yang menggunakan seluruh material rumahnya berbahan bambu. Padahal, kenyamanannya bisa melebihi saung bambu itu sendiri.

Bambu

Peranan bambu bagi Indonesis sangat penting. Batang bambu sangatlah dikenal karena memang memiliki ragam sifat kaya manfaat: kuat, ulet, lurus, rata, keras, dan mudah dibelah. Sehingga, bambu kemudian mudah diolah sesuai dengan kreasi kita. Dari sisi pendistribusian, bambu lebih mudah dibawa karena ringan. Sementara, dari sisi harga, bambu sangatlah murah. Literatur mencatat, di Indonesia ditemukan sekitar 60 jenis spesies bambu. Cukup banyak, bukan?

Bahan Rumah

Melihat potensi bambu dan kekuatannya sebagai bahan material rumah, seharusnya bambu layak dijadikan bahan membuat rumah. Selain kuat dan tahan gempa, bambu juga mempunyai tekstur tersendiri, yang jika diolah, bisa menjadikan hunian yang teduh, melebihi teduhnya saung.

Nuansa saung akan terasa lebih di dalam rumah. Namun, rendahnya peminatlah yang menyebabkan para arsitek kemudian enggan mengembangkannya. Bambu pun semakin tidak menarik dijadikan bahan rumah, dan masyarakat pun enggan. Bahkan, di masyarakat Sunda sendiri yang kental dengan kerajinan dan alat musik, bambu pun tidak banyak yang menggunakan material bambu untuk membuat rumah.

Cocok untuk Rumah

Sebagai bahan material rumah, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa struktur pada batang bambu mempunyai aneka keunggulan. Bagian seratnya yang liat juga elastis sangat cocok guna menahan beban. Baik beban tekan, tarik, tekuk, atau beban geser. Kabar mengejutkan datang dari para mahasiswa-mahsiswi di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengatakan, dibanding kayu, bambu lebih kuat menahan beban tarik.

Melihat kekuatannya itu, bahkan ada jenis bambu yang bisa menandingi baja sebagai tulang-belulang pondasi beton. Bahkan, pada tahap tertentu bambu bisa juga menjadi rumah yang tahan dengan gempa. Jika mau, kondisi Jakarta yang sering banjir pun, bisa disiasati dengan menggunakan rumah berbahan bambu yang ditinggikan bagian permukaannya.

Speak Your Mind

*