Rumah Zakat – Lembaga Zakat Tepercaya

Ilustrasi lembaga zakatPernah mendengar nama dari sebuah lembaga zakat? Ya, lembaga zakat adalah sebuah lembaga yang bertindak dalam kepengurusan zakat. Lembaga ini pasti cukup akrab di kalangan umat Islam. Mengingat zakat hanya dikenal di kalangan umat muslim.

Lembaga zakat biasanya akan lebih dipercaya oleh masyarakat yang ingin menyalurkan zakatnya. Kepercayaan masyarakat menjadi harga mati yang seharusnya tidak bisa lagi ditawar. Hal ini disebabkan karena zakat menyangkut hak hidup banyak orang yang membutuhkan.

Masyarakat yang ingin menyalurkan zakatnya, tetapi ingin agar zakatnya tersampaikan pada yang membutuhkan dengan baik bisa menggunakan layanan jasa dari lembaga zakat. Mengingat lembaga tersebut memang bertujuan untuk mengoordinir zakat kemudian memberikan kepada mereka yang membutuhkan secara adil dan jujur.

Mengenal Lembaga Zakat Terbesar di Indonesia – Rumah Zakat yang Inspiratif

Salah satu lembaga zakat di Indoensia yang namanya sudah cukup terkenal adalah Rumah Zakat. Nama besar yang dimiliki Rumah Zakat adalah bukti kepercayaan masyarakat dalam menunaikan zakatnya. Kejujuran dan ketepatan dalam menyampaikan zakat kepada yang membutuhkan bisa jadi merupakan poin utama yang membuat Rumah Zakat mendapatkan kepercayaan dari masyarakat banyak.

Bermula dari semangat membantu dan rasa keprihatinan akan ekonomi dan persaudaraan umat Islam, sekelompok anak muda penuh potensi membentuk sebuah lembaga penyaluran zakat atau lembaga zakat. Lembaga zakat yang terbentuk 2 Juli 1998 itu diberi nama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ).

Salah satu lembaga zakat terbesar di Indonesia ini memiliki latar belakang permasalahan sosial yang cukup mendasar. Bahwa keadaan ekonomi dan sosial di sekitar mereka yang memrihatinkan ditambah dengan kewajiban sebagai sesama muslim untuk membantu saudaranya adalah hal-hal yang menjadi inspirasi para pendiri Rumah Zakat tersebut.

Lembaga zakat yang didirikan atas keinginan untuk saling membantu ini melayani dan menyalurkan serta menyambungkan tali antara mustahik dan muzaki. Menghubungkan antara mereka yang ingin memberi zakat dan mereka yang berhak menerima zakat.

Rumah Zakat – Lembaga Zakat yang Bukan Hanya Mengurusi Zakat

Keihklasan dan ketulusan para pengurus lembaga zakat ini telah membuat semakin banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan DSUQ. Lembaga zakat yang berdiri di atas keinginan untuk saling membantu ini semakin berkembang.

Berkembangnya lembaga zakat ini diikuti dengan meluasnya bidang yang mereka tangani. Kini, zakat bulan lagi satu-satunya bidang yang ditekuni. Lembaga zakat ini juga mengadakan dan membantu masyarakat yang ingin berkurban melalui tabungan kurban.

Sadar bahwa lembaga zakat ini semakin “membesar”, pengurus lembaga zakat inipun mengembangkan diri lebih luas. Bukan hanya dari orgram tapi juga penyalurannya. Program bantuan serta penyaluran dana bagi yang membutuhkan semakin meluas hingga ke beberapa provinsi di Indonesia.

Kini, dengan semangat yang semakin membara dan jauh sangat modern serta profesional, dengan baju Rumah Zakat, para pengurusnya telah mampu menjadikan Rumah Zakat sebagai lembaga zakat yang semakin dipercaya, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lain, seperti Singapura dan Malaysia.

Sebuah usaha yang dirintis atas dasar keinginan untuk saling membantu pada akhirnya berbuah kepercayaan. Hebatnya kepercayaan tersebut bukan lagi didapatkan dari masyarakat Indonesia, tapi luar Indonesia. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi lembaga zakat Indonesia ini.

Lembaga Zakat – Rumah Zakat dan Kerjasama yang Dilakukan

Manajemen berbasis profesionalitas, ketulusan hati, dan teknologi telah membuat lembaga zakat ini mampu mengetuk beberapa perusahaan besar di Indonesia untuk menyalurkan zakat mal, zakat profesi, maupun zakat fitrah ke Rumah Zakat.

Kerjasama pun dilakukan oleh lembaga zakat ini. Menyadari bahwa perusahaan-perusahaan besar adalah juga mereka yang wajib memberikan zakat, Rumah Zakat pun menjalin hubungan yang baik guna terciptanya hubungan silaturahmi yang baik antara mustahik dan muzaki.

Di antara perusahaan-perusahaan yang menjalin silaturahmi dengan lembaga zakat ini adalah:

  • Beberapa bank nasional dan bank daerah, seperti Bank Permata, Bank BTN, BNI, Bank Jabar Banten, Bank Riau, dan Bank DKI.
  • Beberapa penerbitan koran, seperti Pikiran Rakyat, Batam Pos, dan Tribun Batam.
  • ZIS Indosat, Telkom, Medco, Telkomsel, Trijaya radio, Trans 7, Mizan, Pamella swalayan, SBS, Indosat, Rabbani, dan lain-lain.

Rumah Zakat – Lembaga Zakat yang Berteknologi

Kepercayaan yang diberikan kepada lembaga zakat Indonesia terbesar ini rasanya tidak mungkin jika tidak ada nilai kepercayaan di dalamnya. Hal ini seolah membuktikan bahwa Rumah Zakat adalah lembaga yang mampu menjalankan amanat dengan baik, dengan menyampaikan titipan zakat dari para perusahaan itu kepada masyarakat yang membutuhkan. Sekaligus membuktikan bahwa Rumah Zakat sangat berkomitmen untuk terus menjadi lebih dan lebih profesional, dan world class!

Oleh karena itu, Rumah Zakat sangatconcerneduntuk terus meningkatkan kemampuan teknologi para pengelolanya. Semakin sibuk dan semakin banyaknya mobilitas para wajib zakat, membuat lembaga zakat ini sangat sadar bahwa teknologi bisa menjadi jembatan yang sangat efektif dan efisien bagi seseorang untuk menyalurkan zakat, sedekah maupun infaknya.

Mengacu pada hal tersebut, maka diciptakanlah sebuah program. Program tersebut diberi nama Zakat High Tech: pengelolaan zakat berbasis IT (information technology).

Dengan datareal time on time, para donatur bisa berhubungan dengan Rumah Zakat melalui www.rumahzakat.org. Pertanyaan apa pun bisa ditanyakan di situs tersebut. Donatur bisa mengakses apakah dananya sudah masuk atau belum. Tinggal masukan nomor id-donatur dan password, data yang dibutuhkan sudah di depan mata. Lembaga zakat ini menghapus image kampungan dan lamban pada pengelolaan zakat.

Program yang dimiliki oleh lembaga zakat ini cukup aplikatif danbandwich friendly. Dengan teknologi seperti ini, kecepatan akses data antar pengguna tidak akan saling mengganggu.

Rumah Zakat juga berkomunikasi dengan para donaturnya melalui majalah Rumah Lentera. Di majalah ini, donatur pun dapat mengetahui data perkembangan program, misalnya:

  • berapa jumlah anak yang dikhitan gratis,
  • berapa jumlah anak asuh yang sudah tersantuni,
  • berapa jumlah anggota pemberdayaan ekonomi,
  • berapa orang yang mendapatkan program operasi katarak, operasi hernia, operasi bibir sumbing gratis,
  • berapa jumlah relawan yang bergabung,
  • berapa jumlah klinik gratis yang tersebar di beberapa daerah di seluruh Indonesia,
  • berapa jumlah masyarakat yang mendapatkan pengobatan gratis,
  • berapa jumlah pengantaran jenazah gratis dapat terlayani,
  • berapa jumlah ibu-ibu yang dapat dilayani di Rumah Bersalin Gratis,
  • berapa jumlah sekolah juara,
  • berapa jumlah anak yang mengikuti program Kemah Juara,
  • berapa jumlah kurban yang didapat dan kornetnya disalurkan ke mana saja.

Lembaga zakat ini juga menggunakan satu nomor sms center: 081573001555. Program Simple Process dapat juga digunakan untuk membayar zakat. Apa saja layanan di Simple Process yang bisa Anda nikmati di lembaga zakat ini?

  • Ada Layanan Jemput Zakat. Tinggal hubungi ZIS consultant di daerah Anda, zakat, infak, sedekah Anda akan dijemput.
  • Visitin’ counter. Tinggal kunjungi counter Rumah Zakat yang ada di daerah Anda.
  • Gesek zakat yang memanfaatkan fasilitas EMA (EDC Mini ATM) yang ada di counter Rumah Zakat.
  • Auto zakat. Tinggal gunakan kartu kredit Anda. Kirim sms berformat: Nomor Kartu Anda#Batas MasaBerlaku#Jenis Program#JumlahDonasi kirim ke sms center 081573001555.

Hal-hal seperti itulah yang mendorong semakin berkembangnya lembaga zakat ini. Berkenalan dengan Rumah Zakat lebih lanjut akan memudahkan Anda untuk berzakat. Beramal serta menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim pun menjadi lebih mudah.

Speak Your Mind

*