Saatnya Anda Beli Rumah!

Ilustrasi beli rumahHarga property semakin tahun semakin melambung. Bagi Anda yang belum memiliki rumah, sudah saatnya Anda persiapkan diri untuk beli rumah. Bagi Anda yang sudah memiliki rumah, tak ada salahnya beli rumah lagi untuk Anda investasikan.

Karena di masa mendatang, rumah akan menjadi kebutuhan yang sangat mewah. Populasi manusia semakin banyak dan tanah untuk tinggal akan semakin sempit. Jadi, sekaranglah saatnya Anda beli rumah!

Namun, membeli rumah adalah sebuah keputusan penting yang seseorang buat dalam hidupnya. Keputusan ini dapat mempengaruhi keuangan serta kehidupan pribadi di masa depan. Menjadi investasi terbesar dalam hidup, dan Anda tidak punya pilihan selain untuk membuat keputusan ini dengan sangat bijak dan hati-hati.

Sebenarnya, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli rumah dan jika Anda seorang pembeli pertama kali di rumah Anda tersebut mungkin tidak menyadari semua itu. Seringkali pembeli begitu terpesona oleh rumah impian mereka atau hanya karena takut prospek membeli dan pembelian akan tersendat dan takut keduluan oleh orang lain.

Mereka gagal untuk melihat fakta-fakta yang harusnya menyenangkan tentang rumah yang dapat membuat banyak perbedaan nanti. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencoba menggunakan aturan “kepala” Anda daripada “hati” Anda ketika datang ke hal penting seperti membeli rumah.

Tidak peduli jika Anda pindah ke rumah baru hanya beberapa blok jauhnya atau pindah ke sebuah kota baru sama sekali. Sebuah survei dasar rumah harus dilakukan tanpa prasangka apapun. Jika Anda telah mempercayakan tanggung jawab mencari rumah untuk Anda ke agen real, maka jangan merasa santai dan percaya setiap kata-katanya.

Cobalah untuk membuat mata terbuka dan menggunakan akal sehat Anda daripada mempercayai agen atau penjual. Ingat, hanya Anda yang dapat memutuskan apakah rumah adalah hidup layak untuk Anda dan keluarga Anda. Diberikan di bawah ini adalah beberapa hal penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli rumah.

Karena itulah, sebelum Anda memutuskan untuk beli rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di bawah ini:

  • Tempat

Lokasi adalah faktor pertama dan terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah. Lihat kedekatannya dengan kantor Anda, sekolah, stasiun kereta api, bandara dan jalan raya. Meskipun,

Anda mungkin tidak mendapatkan semua ini di satu tempat, itu pasti masuk akal untuk memilih sebuah rumah yang dekat dengan tempat kerja atau sekolah anak-anak. Sementara pindah ke sebuah kota baru memilih lokasi yang tidak hanya indah tapi menawarkan segalanya untuk hidup nyaman dan aman.

·         Hitung Berapa Budget Anda

Berapa kira-kira kemampuan financial Anda? 150 juta, 200 juta, 300 juta? Ini menjadi poin penting ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Entah itu rumah second atau rumah baru. Karena membeli rumah harus sesuai dengan kemampuan kita membayar secara kredit. Kecuali bila Anda punya uang cash.

  • Rumah yang Menjadi Target

Tentukan Anda rumah apa yang Anda dan pasangan Anda impikan? Rumah yang mungil namun asri? Rumah di pinggir jalan? Rumah mewah? Atau bagaimana? Buat secara detail apa keinginan Anda. Bila Anda beli rumah di developer tentu Anda hanya akan mendapatkan jenis rumah yang seragam.

Jadilah ekstra waspada ketika Anda memeriksa rumah Anda berniat untuk membeli. Menanyakan dengan penjual mengenai pekerjaan perbaikan di masa lalu dan proyek-proyek perbaikan rumah yang ia mengambil. Juga tekan dia jika rumah kebutuhan setiap memperbaiki dalam waktu dekat. Tidak hanya hal ini akan membantu Anda untuk menurunkan harga rumah tetapi juga akan memberi Anda gambaran mengenai biaya langsung Anda akan cenderung untuk dikenakan.

Periksa ruang bawah tanah untuk kerusakan air dan juga memeriksa setiap ketidaksempurnaan di halaman. Tekan penjual atau agen jika Anda mencium bau tikus. Meminta dia untuk melihat dokumen-dokumen penting seperti penerimaan tagihan listrik, pembayaran pajak, dll inspeksi harus sebaiknya dilakukan pada siang hari yang pada hari kerja.

 

·         Perhatikan Calon Rumah Anda

Bila Anda sudah mendapatkan rumah yang Anda inginkan, sebelum membeli sebaiknya Anda sering berjalan-jalan di lingkungan rumah itu.

Cobalah telusuri jalan dari calon rumah Anda ke kantor Anda, lalu ke sekolah anak Anda, ke kantor istri Anda, ke pasar, ke rumah sakit. Apakah jarak tempuhnya jauh atau dekat. Lebih baik, beli rumah yang mempunyai akses mudah ke segala tempat yang biasa Anda kunjungi.

Bila malam hari tiba, cobalah sedikit duduk-duduk di sekitar calon rumah yang akan Anda beli. Perhatikan penerangan jalannya, apakah kalau malam ramai? Apakah sistem keamanannya baik? Sehingga meyakinkan Anda untuk beli rumah itu.

Bila Anda membeli rumah di developer, perhatikan dulu perumahan itu. Apakah sudah banyak peminatnya? Apakah ke depannya akan berkembang dengan baik dan bisa dijual kembali dengan harga tinggi? Prediksikan kira-kira berapa lama perumahan itu akan ramai?

Tetangga Anda membuat banyak perbedaan dalam hidup Anda. Sebuah lingkungan yang tenang dan indah mungkin tampak seperti pilihan yang jelas bagi Anda, tapi pastikan Anda melihat melampaui faktor-faktor yang jelas.

Lihat apakah itu lingkungan yang bersih dan rapi dan mematuhi kode lingkungan yang tepat. Ini harus aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan, sehingga Anda tidak stres ketika Anda meninggalkan mereka sendirian di rumah.

Periksa dengan kantor polisi setempat mengenai tingkat kejahatan di lingkungan Anda. Juga melihat apakah tetangga Anda orang orang yang ramah atau bermusuhan. Semua hal ini membuat banyak perbedaan ketika Anda bergerak membeli.

·         Tawar Menawar Harga

Bila sudah benar-benar yakin dengan rumah yang Anda incar, sekarang saatnya tawar menawar harga. Lihat juga kondisi bangunan rumahnya, apakah layak diberi harga mahal atau tidak? Lakukan tawar menawar dengan etika yang baik, karena jual beli rumah bisa batal kalau ada satu pihak yang tersinggung.

·         Perhatikan Surat-suratnya

Sudah lengkap atau belum. Asli atau tidak? Surat IMBnya bagaimana? Sertifikat, SHM, PBB dan lain sebagainya. Apakah ada sengketa lahan atau tidak? Semua aspek harus diperhatikan.

·         Carilah Notaris yang Anda Percayai

Bila Anda beli rumah second maka urusan surat menyurat menjadi urusan Anda. Mintalah bantuan orang yang sudah pengalaman membeli rumah untuk merekomendasikan Anda notaris yang handal dan bisa dipercaya.

Anda juga perlu untuk mendapatkan beberapa fakta dari petugas pemerintahan. Lihat apakah ada proyek yang diusulkan yang mungkin mengganggu ketenangan lingkungan Anda atau mempengaruhi rumah Anda dengan cara apapun, misalkan hendak dibangun flyover, atau rumah itu kelak akan kena penggusuran massal dari pemerintah.

Juga memeriksa apakah ada jalur tegangan tinggi yang diusulkan yang mungkin masuk melalui halaman Anda, semisal sutet, dan sejenisnya.

Terakhir, membaca antara garis fakta dan percaya naluri akan Anda. Jika ada sesuatu yang mengganggu Anda, baik mengatasinya atau mencari rumah lainnya. Semoga artikel ini memberi Anda beberapa wawasan tentang membeli rumah.

Setelah semua aspek di atas Anda penuhi, kini saatnya Anda beli rumah. Langsung saja bertransaksi tidak usah menunggu nanti-nanti. Karena kalau si pemilik rumah berubah pikiran, bukan hanya Anda saja yang kecewa, keluarga Anda juga akan kecewa.

 

Speak Your Mind

*