Sejarah Blog dan Perkembangannya

Ilustrasi sejarah blogBlog merupakan singkatan dari web log”, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Sejarah blog di internet bermula dari kehadiran situs yang memuat link-link komentar.

Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, juga dari anak-anak sampai dewasa, internet sudah merajalela. Tersedianya fasilitas internet yang memudahkan penggunanya, membuat internet semakin banyak yang memakai.

Kemudahan memakai internet sudah terasa saat ini. Tahun-tahun sebelumnya internet sangat jarang yang memakai, hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya, yang mempunyai jaringan internet. Harga pemasangan internet yang terlampau mahal, membuat masyarakat berpikir ulang untuk memasangnya.

Selain itu, internet hanya dapat dijumpai di tempat rental atau sering disebut warnet, warung internet. Harga sewanya pun cukup mahal. Jadi, orang yang pergi ke warnet benar-benar kebutuhan karena ada keperluan.

Bandingkan dengan saat ini. Jaringan internet tidak susah untuk ditemui. Semakin canggih peralatan teknologi, semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan internet. Mulai dari banyaknya modem, salah satu alat yang menghubungkan jaringan internet sampai banyaknya tempat-tempat yang memasang wifi, sehingga dapat menggunakan internet secara gratis.

Tidak hanya itu saja, ponsel dengan fasilitas internet juga sudah banyak beredar di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli ponsel yang ada fasilitas internetnya. Sekarang ini, banyak ponsel murah yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet, seperti ponsel bermerk.

Kemudahan mendapatkan jaringan internet membuat masyarakat Indonesia mengenal dunia internet, terutama jejaring sosial yang saat ini sangat digemari oleh penduduk dunia.

Tujuan utama adanya internet adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan berkomunikasi dan mempermudah mencari sebuah informasi. Akan tetapi, saat ini banyak penyalahgunaan internet, yang berdampak pada manusia itu sendiri.

Perkembangan zaman yang semakin canggih menghasilkan produk-produk yang canggih juga. Dengan kecanggihan tersebut memudahkan manusia untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan seseorang yang jaraknya jauh.

Kecanggihan teknologi yang semakin cepat menuntut manusia untuk hidup serba mudah dan cepat, termasuk di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari teknologi tersebut sangat besar dan mempengaruhi semua aspek kehidupan.

Kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya, agama, dan pendidikan, semua terpengaruh oleh adanya kemajuan teknologi tersebut. Jadi, apabila ada orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman. Salah satunya adalah dunia internet.

Intinya, sekarang ini, orang untuk mengenal dan masuk ke dalam dunia maya itu sangat mudah karena adanya fasilitas yang mendukung, seperti ponsel. Selain itu, tersedianya modem yang harganya semakin murah dan banyaknya tempat yang menyediakan wifi, juga memudahkan orang untuk terhubung ke dunia maya.

Jejaring sosial sudah menjadi trend atau sudah popular, terutama di kalangan anak-anak remaja. Mereka bersosialisasi dengan teman-temannya melalui jejaring sosial, baik teman yang dikenal atau pun teman yang belum pernah bertemu.

Maraknya jejaring sosial juga berdampak pada perubahan lingkungan, terutama dalam bidang sosial. Orang-orang dapat bersosialisasi dengan teman-temannya tanpa harus bertemu. Bahkan orang tersebut dapat bersosialisasi dengan orang yang belum pernah bertemu.

Hal tersebut menjadikan seseorang mendapatkan teman yang banyak, meskipun berbeda daerah atau negara, dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang jauh dari tempat kita.

Dari bidang bisnis, jejaring sosial sangat membantu para pebisnis untuk menawarkan produknya. Lihat saja di jejaring sosial, sekarang sudah banyak toko online yang beroperasi.

Banyak dampak positif dengan adanya jaringan internet, terutama jejaring sosial. Akan tetapi, perlu diperhatikan dampak negatifnya juga dengan adanya jaringan internet dan kembali lagi pada pengertian internet menurut para ahli, bahwa internet adalah sebuah layanan informasi dan komunikasi.

Sejarah Blog

Website adalah temuan unik dari kemajuan teknologi informasi. Untuk dapat berselanjar di dunia maya, kita membutuhkan suatu alamat yang bersifat unik, artinya alamat itu tidak ambigu dan hanya menuju ke satu tempat. Bagi Anda yang sering berkeliling di dunia maya, pastilah sudah mengenal luar dalam tentang website.

Website sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika kita ingin mencari sebuah informasi di internet, kita pasti mengetik nama alamat yang dituju di web browser, contohnya www.google.com.

Website adalah gabungan atau kumpulan halaman dari sebuah situs. Situs berada di World Wide Web atau sering disingkat WWW. World Wide Web itu sendiri adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan menyediakan berjuta-juta informasi.

Web diciptakan oleh sebuah organisasi di Eropa, yaitu CERN. Demi kemudahan komunikasi dan penyaluran informasi antar anggota yang tersebar di seluruh dunia, para peneliti CERN menciptakan sebuah sistem distribusi yang bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik, gambar atau suara. Sebagai media penyajiannya, dibuatlah web browser yang bisa diakses oleh semua pengguna.

Web browser pertama kali dibuat hanya berbasiskan teks pada komputer saat itu. Namun, penggunaan web browser tersebut perlahan-lahan ditinggalkan sejak kedatangan web browser yang bernama Mosaic.

Mosaic merupakan hasil dari sebuah penelitian yang lebih baik, karena memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya juga sudah berbasis grafik. Kemudian, kepopuleran Mosaic digantikan oleh Netscape Navigator ciptaan Silicon Graphics. Microsoft juga ikut meramaikan hadirnya web browser bernama Internet Explorer.

Pada 1994, Netscape Navigator merupakan web browser yang banyak digunakan selain Internet Explorer. hingga kini banyak web browser selain Explorer dan Netscape, di antaranya Mozilla Firefox buatan Mozilla Corporation dan Opera buatan Opera Software ASA.

Dengan web browser seperti Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Opera, kita akan mendapatkan tampilan situs yang penuh warna, bisa melihat cuplikan video dan suara asalkan komputer kita mempunyai fasilitas tambahan berupa VGA card dan sound card.

Website itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis. Website statis adalah website yang informasi didalamnya tidak dimaksudkan untuk diperbarui. Website ini biasanya memiliki seorang atau sebuah tim administrator yang menangani penggunaan software editor. Sedangkan website dinamis adalah website yang informasi di dalamnya diperbarui secara berkala.

Penggunaan website ini biasanya berhubungan dengan pengguna publik yang membutuhkan interaksi dua arah (antara administrator website dengan pengguna). Misalkan, kita mengisi sebuah form, setelah kita klik submit, halaman website akan terhubung ke halaman baru yang menerangkan informasi yang telah kita input ke form yang kita isi sebelumnya.

Pertama kali istilah blog digunakan Jorn Barger sekitar Desember 1997. Ia menggunakannya untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diisi secara berkala dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai komentar pemiliknya. Kini, blog dapat berupa sekumpulan konten (teks, foto, video) yang diposting pengelolanya.

Pada 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Sebab, diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang script, HTML, dan web hosting untuk membuat sebuah Blog. Namun, saat ini, kita tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjadi seorang Blogger. Halaman weblog saat ini sudah sangat mewabah karena semakin mudah dalam membuatnya. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah blog yang terus update setiap hari.

Layanan media blog pertama kali dipopulerkan Blogger.com, yang dibeli oleh Google pada akhir 2002. Sejak itu, banyak aplikasi yang bersifat terbuka alias gratis (open source) yang dapat digunakan pengguna internet dari kalangan awam sekali pun.

Fungsi Blog

Blog memiliki fungsi yang beragam. Dari sekadar catatan harian, media publikasi kampanye politik, hingga marketing perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara seorang penulis tunggal, sementara sebagian yang lain dikelola beberapa penulis.

Kemajuan di bidang media blog ini menuntut setiap blogger mampu menyediakan fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, sehingga para pengunjung dapat meninggalkan berbagai komentar atas isi dari konteks yang dipublikasikan.

Komunitas Blogger (sebutan bagi para pemilik Blog) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para Blogger yang ada berdasarkan kesamaan tertentu, seperti kesamaan topik yang dibahas, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain sebagainya.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk Blogging) dilakukan hampir setiap waktu untuk memelihara eksistensi pemilik Blog. Sekarang ada lebih dari 10 juta Blog yang bisa ditemukan di internet.

Para Blogger masih akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan penyedia layanan pembuat Blog gratis di internet yang mempermudah mereka untuk membuat dan merawat Blognya. Di Indonesia sendiri, Blog semakin marak dibuat seiring dengan banyaknya pengguna internet yang bertambah setiap harinya.

Saat ini, para Blogger tidak hanya berasal dari kalangan web developer atau administrator saja, namun makin beragam. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran banyak menggunakan blog sebagai media penyampaian ide-ide kreatif mereka.

Ini semua didukung juga dengan banyaknya penyedia jasa layanan pembuat blog gratis yang dapat ditemukan secara mudah di internet. Selain itu, blog mempunyai berbagai macam manfaat bagi penggunanya, yaitu sebagai berikut.

  • Pemeliharaan ide dari kepunahan.
  • Ajang pembuktian diri.
  • Menambah wawasan.
  • Kualitas ilmu terus meningkat.
  • Hidup semakin dewasa.
  • Menghasilkan keuntungan material.
  • Luas Jaringan.
  • Mendapatkan keuntungan spiritual, emosional, dan sosial.

Demikian informasi mengenai sejarah blog dan beberapa manfaat blog bagi kehidupan, terutama di dunia internet. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*