Sejarah dan Seluk-Beluk Blogger

Ilustrasi bloggerInternet telah dibanjiri dengan berbagai kegiatan untuk tujuan hiburan, komunikasi pemasaran, dan periklanan, berbagi informasi, dan bahkan membuat uang secara online. Salah satu tren yang paling menonjol terjadi melalui web saat ini adalah blogging. Jadi sebenarnya apa blog berdiri untuk? Suatu ‘blog’ adalah istilah internet yang mengacu pada ‘weblog’, yang merupakan jenis web jurnal yang digunakan untuk posting informasi pada setiap topik yang dapat Anda pikirkan.

Banyak orang memiliki pengertian yang salah tentang mendirikan sebuah blog. Mereka berpikir bahwa blog ini adalah prosedur yang sangat rumit yang membutuhkan banyak upaya teknis. Bahkan berpikir bahwa blog itu tidak gratis. Well, blog itu gratis, dan banyak yang cari gratisan, misalnya pada blogger, nah apa itu blogger?

Blogger adalah layanan pembuatan blog yang dimiliki oleh google yang diciptakan Pyra Labs pada tahun 2003. Secara umum layanan ini melalui sub domain google: blogspot.com.

Sejarah Blogspot

Pada tanggal 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs dan pada bulan Februari 2003, dan  diakuisisi oleh Google dengan persyaratan yang tidak diungkapkan.

Akuisisi ini memungkinkan fitur premium menjadi bebas. Sekitar setahun kemudian, co Pyra Labs ‘-pendiri, Evan Williams, meninggalkan Google. Pada tahun 2004, Google membeli Picasa dan digunakan pengguna untuk posting foto ke blog mereka.

Pada tanggal 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan redesign besar, menambahkan fitur seperti standar-compliant web template, halaman arsip individual untuk posting, komentar, dan posting melalui email. Pada tanggal 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbaru dalam versi beta, dengan nama sandi “Invader.

Pada bulan Desember 2006, versi baru dari Blogger diambil dari versi beta. Pada Mei 2007, Blogger benar-benar pindah ke server Google. Blogger menduduki peringkat ke 16 pada daftar top 50 domain dalam hal jumlah pengunjung pada tahun 2007.

Sebagai bagian dari redesign Blogger pada tahun 2006, semua blog yang terkait dengan pengguna Google Account harus pindah  ke server Google. Blogger mengklaim bahwa layanan ini sekarang lebih handal karena kualitas dari servernya, google.

Seiring dengan migrasi ke server Google, beberapa fitur baru diperkenalkan, termasuk organisasi label, sebuah drag-and-drop template antarmuka mengedit, membaca izin (untuk membuat blog pribadi) dan baru Web opsi feed. Ada juga tambahan fitur baru yaitu blogger draft. Sebelum dirilis, fitur ini sudah diujicoba.

Pada bulan September 2009, Google memperkenalkan fitur baru ke Blogger sebagai bagian dari perayaan ulang tahun kesepuluh. Fitur baru ditambahkan termasuk edit posting, gambar penanganan ditingkatkan, Raw HTML Konversi, dan l Google Docs berbasis implementasi, termasuk:

  • Menambah lokasi untuk posting melalui geotagging.
  • Waktu pengeposan pada saat  publikasi, bukan pada saat tulisan ditulis
  • Vertikal kembali ukuran dari editor posting. Ukurannya disimpan dalam per preferensi pengguna, per-blog.
  • Link mengedit dalam mode Compose.
  • Dukungan penuh dari Safari 3 yang bisa digunakan baik di windows atau Mac OX.
  • Adanya preview sebelum sebuah tulisan diposting dengan ukuran lebar dan font yang hampir sesuai dengan pada saat tulisan diterbitkan
  • Placeholder gambar untuk tag
  • New toolbar dengan estetika Google, waktu loading lebih cepat, dan ditambahkan pula tombol “membatalkan” dan “mengulang”. Juga ditambahkan palet warna yang lebih bermacam-macam.

Fitur-Fitur Blogger

  • Toolbar Google memiliki fitur yang disebut “BlogThis!” yang memungkinkan pengguna toolbar dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.
  • “Blogger for Word” adalah sebuah add-in untuk Microsoft Word  yang memungkinkan pengguna yang menyimpan file dalam Microsoft Word bisa langsung memposting dan mengedit tulisan mereka  ke blog Blogger. Pada Januari 2007 word blogger ditiadakan.
  • Blogger mendukung layanan Google AdSense, sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan melalui sebuah blog.
  • Blogger menawarkan dukungan beberapa penulis, sehingga memungkinkan untuk membangun blog secara kelompok.
  • Blogger menawarkan fitur pengeditan template, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan template Blogger.
  • Google Docs memiliki integrasi penerbitan langsung ke Blogger.
  • Windows Live Writer, aplikasi standalone dari Windows Live suite, yang bisa digunakan untuk menerbitkan langsung ke Blogger.

Nah, sudah jelas bukan? Yuk, saatnya buka blog di blogspot.com!

Buat Blog Gratis Dengan Blogger

Blogger merupakan salah satu layanan blog gratis dari google. Syarat utama untuk mendaftar di blogger ini adalah Anda harus memiliki email di gmail. Dengan blogger, Anda bisa membuat  blog sebanyak yang Anda inginkan hanya dengan satu akun ID (satu akun email).
Blogger diciptakan agar Anda dengan mudah menuangkan kisah atau cerita menarik yang Anda alami. Berbagi cerita melalui blog tak jarang memberikan inspirasi bagi orang lain untuk melahirkan ide kreatif. Bahkan sampai menelurkan inspirasi film atau penulisan buku. Blogger juga dimanfaatkan sebagai media niaga online oleh pemilik industri rumahan.

Karena berbagi cerita atau kisah, blogger akhirnya memiliki komunitas pecinta blogger yang anggotanya banyak dari kalangan muda. Komunitas blogger di Indonesia sendiri terbentuk dari kesamaan hobi, daerah, atau kampus. Kegiatan yang mereka adakan di dunia nyata atau kopi darat disebut juga dengan pesta blogger. Pesta blogger dari seluruh pecinta blogger se-Indonesia terakhir diadakan pada tahun 2010 di Jakarta.

Fitur-fiitur Blogger

Tak bedanya dengan wordpress, blogger juga memiliki fitur-fitur yang hampir sama. Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh blogger untuk memperkaya tampilan blog :

1. Template Blogger

Tampilan blog dapat didesain sesuka hati dengan variasi template blog yang disediakan. Melalui fitur ini Anda bebas berkreasi  mengedit tampilan warna tulisan dan blog Anda melalui CSS dan HTML blog.

Kelebihan lainnya, Anda lebih fleksibel dalam mengatur posisi letak widget  Anda, cukup dengan drag and drop.Bila Anda bosan dengan template standar yang disediakan, Anda bisa mencari template gratis blogger yang menarik cukup melalui pencarian di google.Foto dan Video
Salah satu fitur menarik yang disediakan oleh blogger adalah upload foto dan video. Anda bisa berbagi foto dan video menarik milik Anda dan menampilkannya di halaman postingan blog Anda.

2. Adsense

Sambil menulis, Anda pun berpeluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari fitur blogger ini. Adsense merupakan salah satu fitur blogger yang memuat iklan google. Anda cukup menyediakan ruang iklan di blog Anda untuk memasang adsense.

Teruslah update tulisan Anda yang unik, bukan duplikat konten atau konten milik web/blog orang lain. Tingkatkan trafik pengunjung yang alami ke blog Anda! Jika ada pengunjung yang mengklik iklan adsense yang Anda pasang, maka Anda akan menghasilkan uang. Informasi selanjutnya bisa Anda lihat di adsense.google.com

3. Blog Bersama

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat blog bersama di blogger ini. Anda dan beberapa blogger (penulis blog) lainnya bisa bersama-sama menuangkan ide tulisan dalam satu blog. Hak akses pun bisa Anda batasi, mana yang bertindak sebagai administrator dan mana yang hanya sebagai penulis blog saja.

Masih banyak fitur blogger lainnya yang tak kalah menarik. Selamat berkarya dan menuangkan cerita atau ide kreatif Anda yang menginspirasi banyak orang melalui blog!

Speak Your Mind

*