Sejarah Perkembangan Internet

Ilustrasi sejarah perkembangan internetSiapa sangka sejarah perkembangan internet diawali oleh perseteruan sengit antara Amerika Serikat dan Uni Soviet? Tidak percaya? Dalam artikel kali ini, penulis akan sajikan sejarah perkembangan internet dari awal hingga seperti yang bisa dinikmati saat ini. Seperti apa penjelasannya? Simak uraian berikut.

Sejarah Perkembangan Internet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Sejarah perkembangan internet dimulai dengan adanya persaingan antara Uni Soviet dan Amerika. Kemajuan teknologi telekomunikasi yang dimiliki Soviet membuat Amerika kebat-kebit.

Ketika satelit pertama Soviet yang bernama Sputnik diluncurkan, Amerika buru-buru membentuk proyek riset bernama ARPA (Advance Research Project Agency) yang berada di bawah kendali Departemen Pertahanan (Department of Defense (DoD).

Tujuannya adalah menciptakan teknologi yang mendukung militer Amerika Serikat. Berawal dari sebuah ide brilian salah seorang agen pemerintah yang mengatur proyek tersebut, awal sejarah perkembangan internet pun dimulai.

Sejarah Perkembangan Internet – Gara-gara Nuklir

Sejarah perkembangan internet berlanjut pada 1962. Saat itu, Rand Paul Baran dari RAND Corporation (sebuah agen pemerintah) mendapat tugas dari Angkatan Udara AS untuk mempelajari metode pengendalian dan instruksi peluru kendali dan bom. AS merasa was-was terhadap serangan nuklir yang sewaktu-waktu dilancarkan oleh pihak musuh sehingga berbagai upaya pun ditempuh agar mampu bertahan menghadapi berbagai serangan.

Salah satunya adalah upaya desentralisasi. Tujuannya agar ketika beberapa titik penting diserang, AS masih tetap memiliki kendali terhadap persenjataan nuklir untuk mengadakan serangan balasan. Dalam proposalnya, Baran mengusulkan sebuah ide pengembangan protokol komunikasi agar memudahkan militer melakukan komunikasi atau transfer data.

Dengan adanya protokol ini, informasi bisa dengan mudah dikirim atau diterima oleh komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan. Ide brilian inilah yang kemudian menjadi halaman awal catatan sejarah perkembangan internet di kemudian hari.

Untuk merealisasikan misi tersebut, pada 1968, ARPA bersama BBN menandatangani kontrak ARPANET. Dalam riset itu, mereka berhasil menghubungkan jaringan di 4 titik lokasi, yaitu Universitas California di Santa Barbara, Universitas Utah, Universitas California di Los Angeles, dan SRI (di Stanford). Jaringan tersebut telah terhubung melalui sirkuit 50 Kbps. Kesuksesan inilah yang menjadi tonggak awal sejarah perkembangan internet di Amerika Serikat.

Sejarah Perkembangan Internet – Program E-mail Pertama Dibuat

Sejarah penemuan email beserta segala seluk beluknya bermula pada 1968 di perusahaan Olt Break and Newman. Ya, perusahaan ini adalah sebuah perusahaan yang dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk  membuat sebuah program bernama ARPANET, sebuah program yang menandai dimulainya sejarah perkembangan internet.

Program ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara sebuah institusi militer dan pendidikan lainnya. Email pertama di dunia berhasil dikirimkan oleh seorang insinyur bernama Ray Tomlinson pada 1971. Isi pesan email pertama yang dikirimkan Ray, sekaligus yang pertama kali juga di dunia adalah “QWERTYUIOP”, yang merupakan barisan pertama tombol huruf pada keyboard komputer.

Setahun setelah ditemukannya email, Ray mengenalkan icon “@” (baca: at) sebagai identitas email untuk memisah user id dandomain sebuah alamat email. Pada saat bersamaan, nama ARPA berubah menjadi DARPA (Defence Advance Research Project Agency).

Sementara itu, ARPANET telah berhasil memanfaatkan Network Control Protocol ((NCP) untuk mentransfer data. NCP juga dapat dimanfaatkan untuk komunikasi antara komputer induk dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan.

Sejarah Perkembangan Internet – Lahirnya TCP/IP

Sejarah perkembangan internet tak lantas berhenti setelah ditemukannya email. Perkembangan internet berlanjut ketika salah satu grup yang dikepalai oleh Vincent Cerf dari Stanford dan Bob Kohn dari DARPA berhasil membangun protokol yang diberi nama TCP/IP. Penemuan protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an atau tepatnya pada 1973.

TCP/IP digunakan sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang lebih luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja.

TCP/IP yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan semacam standarkomunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet. Fungsi dari TCP/IP ini sendiri adalah untuk menjalankan proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan jaringan Internet. Data yang terdapat dalam TCP/IP kemudian diimplementasikan dalam bentuk software di sistem operasi yang dikenal dengan istilah TCP/IP stack

TCP/IP merupakan sebuah protokol yang dibangun oleh sejumlah kumpulan protokol (protocol suite). Dengan demikian, protokol ini tidak mungkin berdiri sendiri. Dalam catatan sejarah perkembangan internet, protokol inilah yang paling banyak digunakan oleh internet di seluruh dunia.

Aktivitas yang dilakukan oleh protokol ini berupa skema pengalamatan sederhana untuk tiap-tiap komputer yang terhubung dengan internet. skema pengalamatan inilah yang saat ini kita kenal sebagai IP address. menurut catatan sejarah perkembangan internet, protokol ini selalu berevolusi setiap waktu guna menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna internet.

Pengembangan atau evolusi protokolini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF).

Sejarah Perkembangan Internet – Ditemukannya Ethernet

Sebuah cerita manis kembali dicatat dalam sejarah perkembangan internet. kali ini tentang keberhasilan Dr. Robert M. Metcalfe berhasil membangun Ethernet pada 1976. Ethernet ini memungkinkan sebuah kabel mengirim data dengan cepat. Ini merupakan komponen penting dalam pembentukan LANs.

Lalu, lahirlah SATNET (jaringan yang menghubungkan Amerika dengan Eropa). Saat itu, pengiriman e-mail yang dilakukan Ratu Inggris dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern dapat berjalan sukses.

Sejarah Perkembangan Internet – Terhubungnya Ratusan Komputer

Sejarah perkembangan internet mengalami kejayaannya pada 1977. Kala itu, melalui ARPANET, lebih dari 100 komputer terhubung ke jaringan. Jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 10 kali lipatnya di tahun 1987. Ketika itu, DNS (Domain Name System) telah dikenal luas. Tujuan diperkenalkannya DNS adalah untuk menyeragamkan alamat padajaringan komputer.

Sejarah Perkembangan Internet – ARPANET Pecah Menjadi Jaringan Militer

Sebuah peristiwa yang memilukan tampaknya harus pula tercatat dalam sejarah perkembangan internet. Tepatnya pada saat ARPANET terpecah menjadi jaringan militer. Peristiwa ini terjadi pada 1984. ARPANET terbagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan MILNET. ARPANET lebih difokuskan ke arah pengembangan riset sementara MILNET difokuskan untuk melayani tujuan militer.

Sejarah Perkembangan Internet – Ditemukannya IRC

Terpecahnya ARPANET tidak lantas menutup lembar catatan sejarah perkembangan internet. Ini dibuktikan dengan ditemukannyaIRC. Ketika IRC (Internet Relay Chat) ditemukan oleh Jarko Oikarinen (dari Filnandia) di pada 1988, jumlah komputer yang terhubung jaringan melonjak tajam. Bahkan, mencapai hampir 100.000 komputer dan jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sejarah Perkembangan Internet – Lahirnya Browser

Pada 1990, tim Barners Lee berhasil menciptakan program browser yang memungkinkan pengguna komputer menjelajah ke komputer-komputer yang terhubung jaringan. Program ini kemudian dinamakanworld wide web atau lebih dikenal dengan sebutan www.

Perkembangan internet menjadi demikian pesatnya pada 1994. Pada saat itu, ribuan alamat e-mail bermunculan di internet. Untuk pertama kalinya pula, ritel dan virtual shopping muncul di internet.

Ternyata, bukan saja militer Amerika yang membutuhkanteknologi komunikasi dan transfer data dengan kecepatan tinggi. Dewasa ini, teknologi internet digunakan oleh semua lapisan masyarakat, murid-murid sekolah hingga negarawan.

Nah, itulah sejarah perkembangan internet dari awal kemunculannya hingga saat ini. Berbagai catatan manis dan pahit terukir dalam catatan sejarah perkembangan internet.

Speak Your Mind

*