Sejarah Windows 7 dan Fitur Baru yang Ditawarkan

Ilustrasi windows 7Windows 7 adalah rilis terbaru dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, netbook, tablet PC, dan PC media pusat.

Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Juli 2009. Windows 7 dirilis tiga tahun setelah pendahulunya, Windows Vista. Mitra Windows 7, Windows Server 2008 R2, dirilis pada waktu yang sama.

Tidak seperti pendahulunya, Windows Vista, yang memperkenalkan sejumlah besar fitur baru, Windows 7 ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah upgrade, lebih dipusatkan untuk menambah fitur Windows.

Beberapa aplikasi standar yang telah disertakan dengan rilis sebelumnya Microsoft Windows, termasuk Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak termasuk dalam Windows. Aplikasi ini kebanyakan ditawarkan secara terpisah dengan biaya sebagai bagian dari suite Windows Live Essentials.

Sejarah Windows 7

Awalnya, versi Windows dengan nama kode Blackcomb direncanakan sebagai pengganti Windows XP (codename Whistler) dan Windows Server 2003.

Fitur utama direncanakan untuk Blackcomb, termasuk penekanan pada pencarian dan query data dan sistem penyimpanan canggih bernama WinFS untuk mengaktifkan skenario tersebut. Namun, rilis sementara yang diberi kode “Longhorn,” diumumkan tahun 2003, menunda pengembangan Blackcomb.

Pada pertengahan tahun 2003, Longhorn telah mengakuisisi beberapa fitur yang awalnya ditujukan untuk Blackcomb. Setelah tiga virus utama menemukan kelemahan dalam sistem operasi Windows dalam jangka waktu singkat di tahun 2003, Microsoft mengganti prioritas pengembangan.

Mereka menempatkan beberapa pekerjaan pengembangan utama Longhorn yang ditunda sebelumnya. Mereka mengembangkan paket layanan baru untuk Windows XP dan Windows Server 2003.

Pengembangan Longhorn (Windows Vista) juga ulang, dan dengan demikian tertunda, pada bulan Agustus 2004. Sejumlah fitur yang telah dipotong dari Longhorn.  Blackcomb diubah namanya di Wina pada awal 2006  dan menjadi Windows 7 di tahun 2007.  

Fitur-Fitur Baru dalam Windows 7

Windows 7 menyertakan banyak fitur baru. Diantaranya adalah:

    1. Kemajuan dalam sentuhan dan pengenalan tulisan tangan
  1. Dukungan untuk hard disk virtual, performa yang ditingkatkan pada prosesor multi-core, boot ditingkatkan kinerja, DirectAccess, dan kernel perbaikan.
  2. Windows 7 menambahkan dukungan untuk sistem menggunakan beberapa kartu grafis heterogen dari vendor yang berbeda (heterogen Multi-adaptor), versi baru dari Windows Media Center
  3. Gadget untuk Windows Media Center, meningkatkan fitur media, XPS Essentials Pack dan Windows PowerShell yang termasuk, dan didesain ulang dengan multiline Kalkulator kemampuan termasuk Programmer dan mode Statistik bersama dengan unit konversi.Banyak item baru telah ditambahkan ke Control Panel, termasuk ClearType Tuner Teks, Warna Tampilan Kalibrasi Wizard, Gadget, Recovery, Masalah, ruang kerja Pusat, Lokasi dan Sensor Lain, Bukti Manager, Biometric Devices, Sistem Ikon, dan Tampilan.
  4. Pusat Keamanan Windows telah diubah namanya menjadi Windows Aksi Center (Pusat Kesehatan Windows dan Windows Solution Center di awal membangun), yang meliputi keamanan dan pemeliharaan komputer.Pengaturan default untuk User Account Control pada Windows 7 telah dikritik karena memungkinkan perangkat lunak untrusted dijalankan dengan hak istimewa ditinggikan tanpa prompt dengan memanfaatkan aplikasi terpercaya
  5. Windows 7 juga mendukung gambar dalam format gambar RAW melalui penambahan Windows Imaging Komponen-enabled decoders gambar, yang memungkinkan gambar thumbnail baku, preview dan menampilkan metadata dalam Windows Explorer, plus melihat ukuran penuh dan tampilan slide di Windows Photo Viewer dan Window Media Center.
  6. Taskbar juga ada perubahan besar di mana Quick Launch toolbar telah diganti dengan menempelkan aplikasi ke taskbar. Tombol untuk aplikasi yang ditempelkan terintegrasi dengan tombol tugas.
  7. Selain itu, ada fitur bernama Aero Snap, yang secara otomatis memaksimalkan jendela ketika diseret ke bagian atas layar. Ketika pengguna bergerak jendela yang maksimal menggunakan Aero Snap, sistem memulihkan keadaan mereka sebelumnya secara otomatis.Fungsi ini juga dicapai dengan cara pintas keyboard. Tidak seperti pada Windows Vista, perbatasan jendela dan taskbar tidak berubah buram ketika jendela dimaksimalkan dengan Windows Aero diterapkan.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Bahkan ada beberapa merek produk komputer atau netbook atau notebook yang mengharuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows 7 dalam sistem penjualan produk mereka. Windows 7 merupakan penyempurnaan dari Windows Vista dan tersedia dalam beberapa pilihan yaitu Windows7 Starter, Windows7 Premium dan Windows7 Professional.

Kegagalan Windows Vista yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Microsoft membuat perusahaan tersebut berharap lebih banyak dengan keluarnya produk terbaru mereka yaitu Windows 7. Kegagalan Windows Vista tersebut membuat mereka belajar agar Windows7 ini akan menjadi lebih baik dan bisa mencapai kesuksesan seperti Windows XP.

Tetapi tetap saja, sama seperti produk-produk terdahulu yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft, Windows 7 tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu sebelum melakukan pembelian dan penggunakan pada sistem operasi Windows 7 ini, ada baiknya para pembeli membandingkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing operating system yang hendak digunakannya.

Kelebihan dari Windows 7 Starter Edition yaitu komputer atau netbook dengan spesifikasi terendah yang hanya menggunakan Intel Atom N450, asalkan berkapasitas memori satu gigabyte sudah mampu untuk menjalankan Windows 7 Starter Edition ini tanpa kendala.

Namun jika memori yang dimiliki komputer atau laptop di bawah satu gigabyte maka yang akan terjadi adalah penggunaan Windows 7 ini menjadi tidak efektif dan jalannya tersendat-sendat.

Selain itu secara umum kelebihan lainnya dari Windows 7 ini memiliki konsumsi daya yang lebih irit maka pemakaian Windows 7 menjadi lebih stabil. Windows 7 juga memiliki waktu booting lebih cepat sehingga ketika laptop atau komputer baru dinyalakan maka akan dengan cepat dapat langsung digunakan.

Walaupun perusahaan Microsoft berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan Windows 7 sebagai salah satu operating sistem terbaik seperti Windows XP yang fantastik, namun ternyata Windows 7 ini masih banyak kekurangannya.

    • Banyak software dan hardware yang belum support dengan Windows 7 karena itu sebelum menggunakan operating sistem Windows 7 ini pengguna harus meneliti terlebih dahulu apakah software dan hardware yang ingin digunakan sudah support dengan Windows 7.
    • Pada Windows 7 Starter Edition tidak ada fasilitas DVD Playback ini artinya pengguna operating sistem Windows 7 tidak akan bisa menonton DVD, walaupun pengguna menggunakan DVD player eksternal, Windows 7 ini tidak akan memutar DVD-nya.
    • Windows 7 tidak support dengan software-software yang 64-bit. Terutama pada sistem operasi Windows 7 Starter Edition. Karena biasanya 64-bit tersebut digunakan untuk software-software khusus.
    • Tampilan desktop terutama tampilan desktop Windows 7 ini sangat membosankan karena background pada desktop tidak dapat diganti-ganti. Windows 7 Starter Edition ini terutama telah melakukan penguncian untuk pengubahan background pada desktop.
  • Untuk tablet PC, tidak dapat menggunakan Windows 7 Starter Edition.

Speak Your Mind

*