Sekelumit Info tentang Beasiswa Paramadina

Universitas Paramadina adalah sebuah universitas yang terletak di Jakarta. Universitas swasta ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan universitas-universitas swasta sejenisnya. Tidak saja sang rektor. Anis Baswedan, yang sangat aktif dalam membuat program-program terobosan seperti Indonesia Mengajar, universitas ini menawarkan beasiswa yang diberi nama dengan beasiswa Paramadina. Hebatnya, dana untuk beasiswa itu didapatkan dari beberapa pengusaha dan individu yang mempunyai penghasilan lebih serta mempunyai ketertarikan untuk mencerdaskan anak bangsa yang ingin terus maju.

Beasiswa

Tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya pendidikan  sangatlah mahal harganya. Jangan ditanya, bahkan hanya untuk menikmati pendidikan yang hanya satu, dua atau tiga tahun, yang lazim dikenal dengan sistem pendidikan diploma, membutuhkan biaya yang dapat dikatakan sama dengan mengambil gelar sarjana. Hal ini menyebabkan tidak semua anak lulusan sekolah menengah bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Bila mengingat betapa mahalnya biaya pendidikan itu, seharusnya setiap anak yang telah berada di tingkat pendidikan tinggi, harus bersyukur dan bersungguh-sungguh menempuh pendidikannya.

Mahalnya biaya pendidikan itu membuat banyak lulusan dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menganggur setelah lulus dari sekolah. Dan, dapat dibayangkan pula dampak dari tingkat penggangguran itu sendiri. Mereka belum memiliki ketrampilan yang memadai untuk terjun ke dunia kerja. Mereka masih harus dipoles lagi agar bisa bersaing. Bila dengan modal yang sangat sedikit itu mereka telah mencoba mencari kerja, jenis pekerjaan yang akan didapatkan pasti tidak akan bisa memberikan penghidupan yang layak. Mereka hanya bisa bekerja di sektor non formal.

Sangat disayangkan bila anak bangsa yang telah belajar selama kurang lebih 12 tahun itu, tidak mampu mendapatkan penghasilan minimal 2 juta per bulan. Betapa menyedihkannya bila semakin banyak anak-anak muda yang terdampar hanya menjadi seorang penjaga toko atau pramuniaga dengan posisi yang sangat rendah dan lemah dimata pengusaha. Bagaimana mungkin mereka bisa menjadi karyawan tetap kalau kemampuan dan pengetahuan mereka sangat minim. Pengusaha akhirnya berpikir untuk membeli mesin yang sangat canggih daripada mempekerjakan oarng-orang yang menuntut bergaji tinggi tetapi tidak bisa menjadi aset perusahaan.

Sebuah dilema kondisi usaha di Indonesia yang hingga kini tetap menjadi bahan perbincangan dan bahan eveluasi semua pihak yang terkait. Tidaklah mengherankan kalau anak-anak lulusan SMA atau SMK itu seharusnya melanjutkan pendidikan mereka hingga mendapatkan ketrampilan yang memadai yang akan menempatkan mereka pada posisi yang cukup stabil. Dengan posisi yang stabil itu mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan sehingga kehidupannya pun tidak dibawah garus kemiskinan.

Oleh karena itulah, universitas Paramadina, walaupun banyak juga universitas-universitas di Indonesia yang juga menawarkan program beasiswa, memberi kesempatan bagi mereka, yang merupakan lulusan SMA dan sederajat, beasiswa Paramadina.

Gebrakan Universitas Paramadina

Dengan adanya program yang sangat berguna, yang ditawarkan oleh universitas Paramadina, yang terkenal dengan rektor termudanya dalam sejarah pendidikan di Indonesia yakni Anies Baswedan, diharapkan bahwa para lulusan SMA dan sederajat tersebut, dapat menikmati indahnya menempuh pendidikan di bangku perkuliahan dengan gratis. Di Universitas ini, para penerima beasiswa itu tidak akan dibiarkan begitu saja tanpa pembinaan. Mereka dimasukkan ke dalam asrama. Mereka mendapatkan pendidikan karakter sehingga akan tumbuh menjadi generasi yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan negara.

Para penerima beasiswa juga diberi uang saku, uang tunjangan untuk pembelian buku, dan ketika lulus bisa mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan yang memberikan dana untuk beasiswa itu. Mereka tidak hanya kuliah. Karena mereka tinggal di asrama, mereka juga harus menjaga asrama dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian asrama. Kemandirian ini memang ditanamkan sedemikian rupa. Hal ini agar para mahasiswa menyadari bahwa tidak ada yang gratis dalam hidup ini. Untuk mendapatkan sesuatu harus melakukan sesuatu. Tidak bisa hanya bergantung kepada bantuan orang lain.

Otak mereka dicuci agar menjadi sangat visioner dalam menatap masa depan. Diharapkan bahwa kelak ketika mereka telah berhasil, hati mereka akan terbuka betapa pentingnya pendidikan dan mereka akan melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan donor. Tidak mengherankan kalau lulusan Universitas Paramadina ini menjadi salah satu lulusan yang dicari oleh banyak pihak. Sistem pendidikan yang terpadu dan pendidikan yang penuh dengan gebrakan membuatnya sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa. Tidak ketinggalan para artis pun banyak yang menempuh pendidikan di Universitas yang dahulu sempat dianggap sebagai lembaga pendidikan yang sangat liberal dalam memandang ajaran keislaman.

Cara Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa  Paramadina itu sendiri tidak menghambat para calon pendaftarnya dengan berbagai hal dan segala persyaratan yang menyulitkan. Tetapi memang ada program penyaringan yang cukup ketat karena beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang mau bekerja keras dan tahu makna kehidupan yang akan ia raih. Para peraih Paramadina Fellowship ini mempunyai  tanggung jawab yang tidak kecil ke depannya. Mereka akan menjalani berbagai program yang akan menjadikan mereka sebagai manusia yang sebenar-benarnya manusia. Tidak hanya otak mereka yang akan dididik dengan ajaran yang benar, hati dan jiwa mereka pun akan tergembleng dengan berbagai kegiatan pendukung.

Ketika lulus, mereka bisa menjadi orang yang mandiri yang akan mengajak orang lain bergerak ke arah yang lebih baik. Mereka tidak boleh menjadi cengeng atau mudah menyerah dengan semua keadaan yang menghadang. Penghadang itu adalah peluang. Pemikiran dan cara berpikir mereka harus lebih maju dari orang lain. Untuk itulah, pendidikan yang mereka dapatkan, baik di bangku kuliah maupun di asrama, bertujuan membuat mereka menjadi sangat tangguh dan mampu menghargai setiap individu yang ada di sekitarnya.

Bagi siapa pun yang benar-benar sangat berminat untuk mampu mencoba tes yang akan diselenggarakan oleh universitas Paramadina tersebut,  cukup dengan mengklik info link http://www.paramadina.ac.id/, untuk dapat terhubung dengan situs resmi universitas Paramadina. Setelah  memasuki portal resmi universitas Paramadina tersebut, Anda akan dituntun dengan beberapa persyaratan wajib yang tentunya sangat diperlukan untuk menghasilkan para penerima beasiswa yang benar-benar berkompeten.

Ada beberapa hal yang akan diperlukan untuk memenuhi persyaratan tersebut, namun tenang saja, selama tetap mengikuti seluruh persyaratan tersebut, jalan masuk mendapatkan  beasiswa dari Universitas Paramadina terbuka sangat luas. Jadi, yang perlu  dilakukan adalah, penuhi segala peraturan yang ada, yang terdapat pada situs resmi Paramadina, dan persiapkan serta tentunya pula sangat disarankan untuk melatih kemampuan dalam bahasa Inggris, sebab akan ada tes bahasa Inggris semacam TOEFL. Persaingan sangat ketat karena banyak anak muda yang menginginkan beasiswa tersebut. Mereka tahu kualitas pendidikan di Universitas Paramadina.

Dan satu hal yang mungkin bisa menjadi pemacu Anda dalam mendapatkan beasiswa keren yang satu ini adalah, bahwa beasiswa yang diberikan oleh universitas ini, beasiswa penuh untuk program Strata 1 atau S2. Selain itu pula, para penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku perbulannya. Dan, untuk satu tahun pertama, akan dilengkapi dengan fasilitas asrama, yang akan menghemat pengeluaran para mahasiswa baru tersebut tentunya. Biaya dari tmepat asal ke asrama, juga diberikan.

Satu hal yang wajib dilakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, yaitu, formulir dikirim melalui pos atau diantar sendiri. Tidak boleh mengirim melalui email. Beasiswa ini sendiri telah memasuki tahun ke-5. Program studi tingkat S1 yang bisa dipilih, adalah:

1. Manajemen
2. Falsafah dan Agama
3. Ilmu Komunikasi
4. Psikologi
5. Hubungan Internasional
6. Teknik Informatika
7. Desain Komunikasi Visual
8. Desain Produk Industri

Syarat-syarat lain yang harus diingat oelh para penerima beasiswa adalah bahwa selain maksimum pembiayaan selama 4 tahun, nilai IPK juga minimum 3,25. Kalau tidak bisa mendapatkan IPK minimum, mak abeasiswa akan dicabut. Ketentuan ini memang sangat ketat karena pihak Universitas Paramadina tidak ingin sia-sia dalam mendidik anak-anak yang berpotensi. Kalau ada yang tidak sanggup, maka akan diganti dengan yang lain. Mereka tidak boleh mengajukan beasiswa ke tempat lain. Merek aharus aktif dalam kegiatan non akademik. Kalau nilai keaktifan ini kurang dari 60, maka beasiswa juga akan ditarik. Salah satu persyaratan menerima beasiswa adalah menulis esei dengan judul ’Janjiku untuk Indonesia’ dan ’Perjuangan Hidupku’.

Jadi, demikianlah artikel tentang sekelumit info perihal  beasiswa Paramadina. Dan, pastikan Anda adalah salah satu yang berminat untuk mendaftar. Selamat berusaha!

Speak Your Mind

*