Sekilas Mengenai Jenis-Jenis Kunci

Ilustrasi Jenis KunciKunci merupakan informasi yang mengontrol  atau menjalankan suatu enkripsi. Kunci merupakan hal utama atau hal inti yang memegang unsure terpenting dalam sesuatu hal.

Misalnya, dalam sebuah organisasi, ketua merupakan kunci yang mengontrol  jalannya organisasi yang mengatur anggotanya, dan mengatur jalannya kegiatan organisasi. Dengan kata lain, kunci berperan sebagai suatu petunjuk utama atau password.

Dalam kehidupan sehari – hari, kunci memang memiliki makna yang beragam. Kunci bisa juga merupakan  alat yang digunakan untuk membuka suatu gembok atau pintu.

Sebuah kunci sendiri pada dasarnya terdiri dari dua buah bagian yaitu bagian pisau yang lurus menjulur  ke dalam alur pasak dari suatu bagian kunci sendiri. Pisau ini memiliki bentuk ulir yang berbeda – beda dan membedakan antara kunci yang satu dengan kunci yang lain.

Bagian berikutnya dari kunci adalah busur. Busur dibiarkan menonjol untuk memberikan  torsi yang bagi pengguna. Pisau pada kunci ini dimaksudkan untuk menggerakkan ataupun mengoperasikan salah satu kunci tersebut agar pas sesuai dengan gemboknya atau bagian penguncinya yang dipasang di pintu.

Dalam kehidupan yang lebih modern, keberadaan kunci bisa juga dalam bentuk tombol yang dengan sekali pencet akan terbuka. Atau perkembangan saat ini juga memungkinkan kunci bekerja menggunakan sensor, jadi Anda tidak memerlukan anak kunci, namun sebuah remote dengan tombol dan sensor yang memungkinkan Anda membuka suatu ruangan dalam radius tertentu.

Remote ini bisa jadi sekaligus juga berfungsi untuk membuka beberapa bagian ruangan berbeda. Misalnya untuk membuka pagar, pintu ruang depan, jendela, menyalakan AC dan sebagainya. Kunci untuk pintu mobil kini juga telah menggunakan system remote yang cukup sekali tekan, semua pintu mobil terkunci.

Sebuah kunci untuk rumah adalah jenis kunci yang paling umum dimiliki oleh masyarakat. Bentuknya sendiri ada dua macam. Bentuk yang pertama dan lebih tua adalah untuk kunci tuas.

Pada kunci tuas, pengungkit datar akan dibuat dengan ketinggian berbeda, dan kunci slot pada saat proses akan bergerak maju mundur, dengan tujuan membuka ataupun menutup.

Kunci tuas ini cenderung lebih aman dan sulit untuk dibobol. Karena itu, penggunaannya masih sangat umum digunakan di Negara – Negara di Eropa. Bentuk dari kunci tuas juga lebih unik dan eksotis, karena itu beberapa orang bahkan sengaja membuat kunci tuas yang cukup besar yang sekaligus untuk hiasan jika dalam posisi digantungkan ke pintu.

Di Eropa sendiri juga terdapat desainer – desainer yang khusus membuat rancangan atau desain kunci tuas yang sedemikian rupa. Bahan – bahan yang digunakan dalam membuat kunci tuas juga beragam, bisa dari tembaga, kuningan ataupun besi.

Bentuk yang berkembang saat ini, yang lebih baru dari sebuah kunci rumah adalah bahwa kunci bentuk gelas pin. Pada kunci ini terdapat serangkaian lekukan pada sisi – sisi tombol yang berfungsi untuk membatasi jenis kunci yang bisa masuk ke dalam. Kunci jenis ini sangat banyak digunakan di Amerika Serikat.

Bentuknya lebih rumit dan terdiri dari rangkaian – rangkaian tingkatan yang berbeda – beda. Kekurangan dari kunci jenis ini adalah, mudah rusak dan beberapa orang bisa mempelajari cara untuk membobol kunci model ini.

Di Indonesia, kunci yang banyak digunakan untuk kunci pintu rumah ataupun ruangan adalah kunci tuas. Bentuknya sederhana saja dan terbuat dari besi. Orang Indonesia cenderung memilih kunci berdasarkan fungsinya sebagai pengaman ruangan.

Memang ada beberapa orang yang memilih dan mengutamakan desain, namun pada dasarnya sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih berdasarkan fungsinya.

Bahkan untuk masyarakat – masyarakat di Indonesia yang berada daerah pedesaan, kunci yang digunakan untuk mengunci rumah masih ada yang hanya menggunakan kait dari kayu atau pengganjal biasa dari kawat.

Speak Your Mind

*