Sensasi Minuman Dingin yang Menyegarkan

Ilustrasi minuman dinginMinuman dingin? Siapapun rasanya akan tergoda, terlebih jika udara tengah panas. Matahari yang terik ditambah dengan debu jalanan yang berterbangan, rasanya akan sangat nikmat jika kita mampir sebentar di kios minuman, kemudian memesan minuman dingin yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin.

Minuman Dingin – Laris Manis Saat Panas

Meskipun dari kacamata kesehatan, mengonsumsi minuman dingin saat suhu panas tidak baik, kenyataannya kebiasaan sangat susah untuk dihilangkan. Udara panas secara tidak langsung memaksa manusia untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu dingin.

Ketika udara tengah panas, keringat bercucuran, minuman dingin seolah seperti oase di tengah gurun pasir. Merayu siapapun yang sedang “keberatan” dengan panasnya cahaya matahari. Selain melegakan dahaga, minuman dingin juga memberikan sugesti kesejukan di tengah panas terik matahari.

Selain saat udara panas, minuman dingin juga akan dicari ketika tubuh lelah setelah berolahraga. Menenggak minuman dingin langsung dari botolnya disertai dengan keringat yang mengucur deras memberikan kesan yang lebih pada siapapun yang melakukannya. Kesan segar dan sehat akan langsung terpancar.

Sebagai salah satu variasi dari jenis minuman, minuman dingin memiliki banyak penggemar dan juga variasi lainnya. Di Indonesia, minuman dingin mudah ditemui di manapun. Ada yang dijajakan di kios dan ada yang dijajakan oleh pedagang-pedagang bergerobak. Jenis minumannya pun bervariasi, ada yang dalam kemasan dan ada jenis minuman dingin yang merupakan minuman dingin khas Indonesia.

Kesejukan yang dibawa oleh minuman dingin menjadi sensasi yang tidak bisa digantikan. Bahkan adakalanya, keinginan untuk mengonsumsi yang dingin-dingin datang saat waktu yang kurang lumrah. Anda pernah secara tiba-tiba ingin menikmati es krim di tengah malam? Ya, perasaan tersebut rasanya cukup menggambarkan bahwa minuman dingin memang memiliki penggemar fanatikinya sendiri. Penggemar fanatik yang tidak mengenal waktu dan cuaca.

Keidentikan minuman dingin memang lebih melekat erat pada udara panas daripada udara dingin. pedagang minuman dingin pun seolah ikut merasakan kesejukan yang dibawa oleh dagangannya. Peminat minuman dingin yang tiba-tiba meningkat tentu akan sangat membahagiakan para penjaja tersebut. Berbeda jika musim penghujan tiba. Takjarang dagangan mereka tidak laku.

Minuman Dingin – Variasi Minuman yang Menyegarkan

Minuman adalah satu kata benda (nomina) yang berasal dari kata kerja minum (verba). Minum adalah memasukkan air (atau benda cair) ke dalam mulut dan meneguknya. Dengan kata lain, minum adalah suatu gerakan atau aktivitas yang dilakukan untuk menghilangkan rasa haus. Begitupun dengan minuman dingin.

Tahukah Anda fakta tentang keberadaan air dalam tubuh kita? Sebanyak 75 % bagian dari tubuh manusia adalah air. Maka tidak heran bila kita dianjurkan untuk minum sedikitnya 8 gelas air mineral setiap harinya. Lalu bagaimana dengan minuman dingin?Apakah minuman dingin juga bisa menyumbang kebutuhan air pada tubuh manusia?

Satu lagi fakta mengejutkan yang datangnya dari air. Saking pentingnya air untuk kehidupan manusia, diperkirakan, tanpa minuman, apapun jenisnya, termasuk minuman dingin sekalipun, manusia hanya mampu bertahan hidup selama 9 sampai 10 hari saja. Berbeda dengan makanan, meskipun itu juga penting tapi kenyataannya manusia bisa hidup lebih dari 40 hari tanpa asupan makanan sekalipun.

Minuman merupakan barang atau wujud benda yang diminum. Minuman bersifat cair karena terbuat dari bahan dasar air. Meskipun berasal dari bahan dasar yang sama, yaitu air yang sifatnya tawar dan berwarna bening, minuman dapat dinikmati dengan rasa dan warna yang berbeda. Variasi seperti ini juga bisa Anda temui dalam berbagai jenis minuman dingin. Anda pasti mengerti dengan apa yang dimaksud warna dan rasa bukan? Ya, yang dimaksud adalah sirup.

Minuman dingin sering dipadukan dengan cita rasa buah-buahan, seperti strawberry, melon, jeruk, anggur, apel, jambu, delima, belimbing, dan aneka ragam buah lainnya. Warnanya pun beragam sesuai dengan rasanya. Ada yang merah, oranye, ungu, putih, hijau, dan sebagainya. Kesejukan yang ditawarkan oleh minuman dingin bukan hanya dari rasa, tapi juga penampilannya.

Selain minuman dengan beraneka macam rasa buah-buahan, minuman yang mengandung antioksidan, yaitu teh, masih menjadi minuman dingin yang digemari. Apalagi, cita rasa tehnya sudah dipadukan dengan gula, madu, dan kurma, membuat minuman teh selalu menjadi alternatif lain minuman menyegarkan.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan sangat menguras energi, terlebih zat cair dari tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Bahkan, saat kita tertidur pun tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jika asupan zat cair kurang, tubuh akan mengalami kekeringan yang dikenal dengan istilah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Dalam hal ini, asupan minuman dingin sebaiknya jangan terlalu melebihi asupan dari minuman dengan suhu normal. Bukannya sehat, bisa-bisa Anda malah terserang penyakit.

Tubuh yang kekurangan cairan akan terasa lemas dan berdampak pada keringnya kulit, yang lebih terlihat adalah bibir kering dan pecah-pecah. Pentingnya cairan bagi tubuh kita membuat beberapa perusahaan mengeluarkan produk minuman untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika minuman dingin yang Anda konsumsi memiliki kandungan lain yang bermanfaat, seperti gula, hal tersebut juga akan membantu Anda dalam memulihkan tenaga.

Minuman dan haus atau dahaga adalah dua hal yang nyata saling berhubungan. Saat dahaga, terutama ketika panas matahari begitu terik, minuman adalah salah satu benda yang paling dicari dan diinginkan. Namun, minuman akan terasa semakin enak dan segar jika dinikmati dalam keadaan dingin. Hal ini dipertegas dengan beberapa produk minuman yang mencantumkan anjuran pada kemasannya, seperti “Sebaiknya diminum dalam keadaan dingin,” atau “Lebih segar jika diminum dalam keadaan dingin.” Fakta-fakta tersebut semakin menegaskan bahwa minuman dingin memang sangat cocok dikonsumsi saat udara panas.

Dingin atau sejuk menggambarkan suatu keadaan dengan suhu rendah apabila dibandingkan dengan suhu tubuh manusia. Kawasan yang memiliki suhu dingin adalah di daerah pegunungan. Kata dingin pun sering disejajarkan dengan keadaan yang tenang dan tenteram. Minuman dingin pun menawarkan sensasi yang kurang lebih demikian. Menyegarkan dan membuat nyaman.

Minuman dingin memang merupakan sensasi lain yang dapat menyegarkan saat dahaga. Selain menghilangkan dahaga, minuman dingin dengan sendirinya seolah mampu menyejukkan tubuh dan pikiran manusia.

Minuman dingin nyatanya tidak mengubah rasa asli minuman itu sendiri. Meskipun tidak sedikit pun berdampak pada perubahan rasa, kata dingin mampu menghadirkan taste yang terasa lain dari biasanya. Rasa yang seolah menjadi semakin segar dan nikmat.

Minuman Dingin Khas Indonesia

Indonesia negara tropis. Suhu saat sedang musim kemarau bisa mencapai lebih dari 30 derajat celsius. Cuaca seperti itu sangat pas untuk mengonsumsi minuman dingin. Minuman dingin di Indonesia pun pada akhirnya bervariasi. Anda bisa bebas memilih sesuai selera. Berikut ini adalah variasi minuman dingin khas Indonesia yang pasti sudah cukup Anda kenal:

1. Minuman Dingin Khas Indonesia – Es Cendol

Minuman dingin yang satu ini bercitarasa tradisional. Terbuat dari tepung beras yang diwarnai dengan pewarna makanan alami, santan, air gula dan es, minuman dingin yang satu ini siap melegakan dahaga Anda di tengah terik matahari. Harga yang dibandrolkan untuk setiap gelasnya pun terhitung murah.

2. Minuman Dingin Khas Indonesia – Es Teler

Namanya saja sudah “teler” yang notabene sangat Indonesia sekali. Minuman dingin yang satu ini memang cukup mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan antara lain potongan alpukat, nangka, kelapa muda, dan es. Dicampur dengan sirup atau air gula, es teler siap dinikmati saat cuaca benar-benar sedang panas.

3. Minuman Dingin Khas Indonesia – Es Kelapa

Minuman dingin khas Indonesia yang satu ini memiliki komposisi yang lebih sederhana lagi. Terbuat dari campuran daging kelapa muda yang diserut, air gula dan es. Meskipun sederhana, sensasi menyejukkan dari minuman yang satu ini sulit ditampi

Speak Your Mind

*