Software Sekolah: Pentingnya Belajar Gambar dengan Anatomy Illustrator

Ilustrasi software sekolahAnatomi adalah salah satu cabang biologi dan kedokteran yang berkaitan dengan menganalisis struktur makhluk hidup. Terdapat beberapa aplikasi yang berorientasi membahas mengenai anatomi yang akan berfungsi sebagai alat pengajaran dan pembelajaran untuk ahli medis, mahasiswa atau siapa saja yang tertarik pada bidang ini. Ya, aplikasi ini merupakan software sekolah.

Software-software sekolah ini akan menawarkan kepada para penggunanya untuk mengeksplorasi berbagai gambar ilustrasi sehingga membantu mereka untuk memehami lebih baik struktur manusia. Software ini muncul untuk membantu proses belajar para siswa ataupun mahasiswa.

Pentingnya Gambar Sebagai Bagian Belajar Siswa

Media pengajaran paling besar pengaruhnya bagi indera dan dapat menjamin pemahaman orang yang mendengarkan saja tidaklah sama pemahamannya dan lamanya bertahan apa yang dipahaminya dibandingkan dengan mereka yang melihatnya, atau melihat dan mendengarnya. Levie dan Levie (1982: 50) mengemukakan empat fungsi media pengajaran visual. Yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, fungsi konfensatoris.(Arsyad, 1997: 16).

Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang di tampilkan atau yang menyertai teks materi pelajaran.

Sering kali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik pada pelajaran materi itu atau merupakan salah satu pelajaran yang tidak disenangi oleh mereka, sehingga mereka tidak memperhatikan.

Media gambar yang digunakan dapat menenangkan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka terima dengan demikian kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi pelajaran semakin besar.

Fungsi afektif media visual dapat dilihat dari tingkatan kenikmatan siswa ketika membaca atau melihat teks bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa.

Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam garis.

Fungsi konfensatoris media visual mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau verbal selain itu gambar atau visual berfungsi untuk pengigatan kembali. Dengan kata lain media pengajaran berfungsi untuk mengakomodasi isi pelajaran yang disajikan dengan teks dan verbal

Siswa Perlu Merangsang diri Dengan Gambar Ilustrasi

“Ilustrasi gambar adalah gambaran singkat alur cerita suatu cerita guna lebih menjelaskan salah satu adegan” (Kusmiyati,1999). Secara umum ilustrasi selalu dikaitkan dengan menjelaskan sebuah cerita.

Gambar ilustrasi adalah gambar atau bentuk visual lain yang menyertai suatu teks, tujuan utama dari ilustrasi adalah memperjelas naskah atau tulisan dimana ilustrasi itu dikumpulkan (Ensiclopedia Americana,1990).  Dengan demikian, gambar ilustrasi adalah gambar yang bercerita yang memiliki tema sesuai dengan tema isi cerita tersebut.

Gambar ilustrasi dimulai dengan adanya upaya untuk menggunakan grafis sebelum tulisan, yang ingin sekedar bernilai tanda atau untuk memenuhi kepuasan estetis, merupakan pengganti kata-kata dan pengesahan lisan. Dinding pada gua Lascaux, belum mengandung sandi yang membentuknya menjadi bahasa, tetapi sudah menunjukan sebuah pesan sehingga upaya untuk menorehkan gagasan-gagasan kepada mereka dalam gambar-gambar yang bersifat simbolik atau magis.

Gambar ilustrasi merupakan sebuah cara komunikasi antara komunikasi seseorang dengan orang lain, sekalipun di dalam masyarakat primitif yang berusaha mengungkapkan isi cerita melalui gambar.

Bukti kecakapan ini ditandai dengan ditemukannya tanah liat yang bertulis di Simeria dan Mesopotamia sekitar 4000 SM, kemudian berlanjut dengan ditemukannya berbagai tulisan dikulit binatang dan batu arca lalu berturut-turut dapat disebutkan pemakaian huruf di Mesir, alfhabet di Phunisia, huruf Yunani kuno, huruf latin, percetakan buku pertama di China, pemakaian tinta dan kertas di Persia dan Eropa sekitar abad 12.

Masa ini mencapai kejayaan ketika Guttenberg berkebangsaan Jerman berhasil menemukan mesin cetak pertama di dunia pada tahun1940. Sehingga penemuan ini dianggap awal revolusi komunikasi. Sehubungan dengan keterampilan mencetak ini terbuka kesempatan baru hingga manusia dapat untuk berkomunikasi dengan jumlah orang yang lebih banyak.

Pada masa kekaisaran Romawi, beberapa naskah romawi yang bertahan dari abad ke empat A.D, menunjukan bahwa ilustrasi, gambaran lebih penting dari pada dekorasi. Lalu pada periode selanjutnya pengenalan percetakan pada abad ke XV mampu menjangkau pembaca-pembaca yang baru dan lebih luas yang sering memerlukan satu gambar untuk memperjelas teks.

Masa-masa Art Neveau dan Avant garde di Barat, adalah masa-masa ilustrasi berkembang pesat di tengah dunia industrialisasi hingga masa perang dunia II, kampanye-kampanye menghasilkan propaganda politik banyak ditemukan (Ensiclopedia Americana 1990,No;14:788)

Pada saat ini peranan ilustrasi sangat bermanfaat bagi perkembangan periklanaan khususnya pada media cetak dan televisi. Ilustrasi menjadi berkembang dan menjadi sebuah fenomena yang mewarnai dunia periklanan bersamaan dengan elemen-elemen lain seperti tipografi, layout, advertising dan lainnya.

Dalam proses belajar mengajar ilustrasi merupakan bagian yang paling menarik untuk belajar melalui gambar-gambar, dari hasil penelitian Seth Spaulding (Sudjana,2001:12). Menyimpulkan ilustrasi gambar sebagai berikut:

  1. Ilustrasi gambar merupakan perangkat pelajaran yang sangat menarik minat belajar siswa
  2. Ilustrasi gambar membantu siswa membaca dalam penafsiran dan mengingat isi materi teks yang menyertainya
  3. Pada umumnya anak-anak lebih menyukai setengah atau sehalaman penuh bergambar disertai beberapa petunjuk yang jelas.
  4. Ilustrasi gambar harus dikaitkan dengan kehidupan yang nyata, agar minat para siswa menjadi efektif
  5. Ilustrasi gambar hendaknya ditata sedemikian rupa.

Dan akhirnya, untuk menunjang perihal di atas, maka di abad komputer ini, Anda membutuhkan software pembelajaran. Tentu saja ada beberapa aplikasi yang berisi mengenai infromasi terkait kerangka, sementara alat-alat lainnya berupa otak atau aspek-aspek lainnya dari anatomi. Beberapa software tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • BoneLab 1.4.0.5, lisensi: Trial
  • Anatomy Illustrator 1.0.0, lisensi: Freeware
  • Skeleton Constructor 1.0, lisensi: Demo
  • FIA TAS 1.0, lisensi: Freeware
  • Neuro-Programmer Regulator Edition 3.0.1.0, lisensi: Trial
  • MRIcro 1.40 Build 1, lisensi: Freeware
  • CellAnalyst 2.0, lisensi Freeware
  • USMLE Total Review-Anatomy 2.0.0.0, lisensi: Trial
  • SepINRIA 1.8.0, lisensi: Freeware
  • TinnutusTamer 3.5.1, lisensi: Trial

Anatomy Illustrator 1.0.0

Anatomi illustrator adalah sebuah apilikasi portabel dan kecil, sangat komprehensif dan penuh ilustrasi. Rumitnya belajar anatomi tidak akan dirasakan dengan hadirnya software ini. Produk ini dirancang dengan melihat semua permasalahan yang dihadapi siswa dalam mempelahari anatomy. Versi awal anatomi ini pasti akan membantu Anda untuk mempelajari anatomi lebih cepat.

Bagi siswa sekolah SMP atau SMA, Anatomy Illustration akan membantu para siswa dalam mata pelajaran Biologi, khususnya anatomi manusia. Bahkan software gratis ini juga dapat membantu siswa perkuliahan yang mempelajari biologi atau ilmu kedokteran.
Anatomy Illustration terdiri atas dua belas menu, yaitu sebagai berikut.

  • Pengenalan anatomi manusia
  • Sistem Peredaran Darah
  • Sistem Endokrin
  • Sistem Urin
  • Sistem Rangka
  • Sistem Syaraf
  • Otot Depan
  • Otot Belakang
  • Sistem Pernapasan
  • Sistem Pencernaan
  • Sistem Kekebalan Tubuh
  • Sistem Reproduksi Wanita
  • Sistem Reproduksi Pria

Animation illustrator hadir dalam versi portabel (.exe) yang dibuat dalam animasi flash. Sistemnya sederhana dan membantu siswa dalam memahami anatomi manusia.  Setiap menu, disajikan secara interaktif yang disertai dengan deskripsi per bagian. Yang harus Anda lakukan hanya, Klik, baca, dan geser kursor. Cukup mudah dan gampang, bukan?

Tetapi manfaat yang Anda akan lebih besar dibandingkan dengan software sekolah gratis ini. Berterimakasihlah kepada Zubair Arif yang telah mengembangkan Anatomy Illustrator ini.  Anda tertarik untuk mencobanya? Download di www.softpedia.com. Ukuran filenya hanya 4 mb. Langsung jalankan, dan Anda akan mulai mengetahui bagian-bagian anatomi tubuh Anda sendiri.

 

Speak Your Mind

*