Spesifikasi Komputer untuk Komputer Gamer Sejati

Ilustrasi komputer gamerDunia gamers sekarang memang sedang menggeliat. Games sekarang sudah timbul menjadi sebuah industri. Bukti nyatanya adalah perusahaan Amerika Gameloft. Mereka membuka kantor cabangnya di Yogyakarta. Gameloft bahkan memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari gameloft. Untuk bisa memainkan games kita memerlukan perangkat komputer gamer. Saat ini perangkat komputer gamer sudah banyak dijual dengan harga dan spesifikasi yang beragam.

Komputer gamer merupakan perangkat penting dan utama untuk memainkan games. Bermain games merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan. Jika tidak ditunjang dengan menggunakan perangkat komputer gamer yang baik, kita tidak bisa menikmati permainan games dengan baik. Salah satu faktor penting supaya perangkat komputer gamer kita berjalan dengan baik adalah spesifikasi yang digunakan dalam perangkat komputernya.

Komputer Gamer – Komputer Berspesifikasi Game

Nah, bagi para gamers tentunya spesifikasi komupter gamer ini akan menjadi sesuatu yang diperhitungkan. Akan tetapi, sebelumnya para gamers tentunya harus menguasai suatu teknik yang mungkin bisa dibilang jago nge-game. Dalam memainkan game, bakat individu saja tak cukup untuk menjadi yang terbaik. Maksudnya, lingkungan “game” itu sendiri juga harus menjadi yang terbaik, salah satunya adalah komputer gamer.

Salah satu syaratnya adalah memiliki komputer gamer yang hadir dengan spesifikasi bagus. Tanpa adanya komputer gamer yang baik, di saat kita memainkan game pastilah rasanya tidak nyaman. Proses loading, kualitas gambar atau mungkin game dengan standar tinggi, tapi kualitas komputer gamer yang kita gunakan tidak mampu menyimpan “tenaga” game tersebut tentu saja kita tidak akan bisa menikmati bermain game.

Hal penting yang bisa dijadikan patokan pada awalnya adalah spesifikasi komputer gamer  untuk bisa memainkan sebuah game. Komputer gamer harus diisi dengan spesifikasi yang “superpower” alias lebih bertenaga. Spesifikasi komputer gamer bisa diambil dari beberapa referensi berikut ini:

  • Prosesor AMD, yang merupakan saingan berat dari microsoft dalam menanamkan chipnya.
  • Untuk para gamer bisa mencoba AMD Athlon II 64 X2 245 2.8 GHz, memori sebesar 2 GB DDR2/DDR3 PC6400 800 MHz.
  • Kemampuan hardisk 320 GB dan tentunya di beberapa waktu yang terakhir sering kita temui beberapa komputer yang memiliki kapasitas hardisk sebesar 500 GB, atau bahkan sampai ada hardisk dengan kapasitas 1 TB, DVD RW/RAM 22x Sata.
  • Monitor flat sebesar 14 inch atau 17 inch, atau yang dengan ukuran besar sekalian, misalnya 21 inch.

Semua spesifikasi di atas adalah bagian-bagian standar untuk komputer gamer. Selain itu, tenaga untuk komputer gamer itu alangkah lebih baiknya ditanamkan sebuah program yang biasa disebut Directx. Untuk hal ini, DirectX 9.0 atau 10.0 alangkah lebih baik. Selain itu, resolusi monitor juga harus diperhatikan. Kemampuan resolusi monitor yang harus dipersiapkan jika komputer gamer  kita memang akan diisi oleh game -game yang berat adalah 1280 x 1024, atau 1600 x1200.

Kalau kita tidak menggunakan monitor dengan resolusi tinggi, maka pada saat bermain game, gambar dalam komputer gamer akan terlihat pecah. Jika komputer kita menggunakan windows, cobalah menggunakan windows vista atau windows 7. Biasanya, untuk mendapatkan spesifikasi wah untuk komputer gamer ini kita harus mengeluarkan uang sebesar 7 juta sampai 8 juta. Kalau untuk yang standar saja, berada di sekitaran angka 3 juta-4 juta.

Kemampuan komputer gamer yang seperti itu memang dibutuhkan buat para penggila games. Jika tidak, komputer gamer kita akan bermasalah tentunya, apabila dipaksakan. Misalnya, saat kita menginstal game-game berat. Sisanya, spesifikasi komputer gamer bisa jauh lebih tinggi lagi dari yang tadi. Bergantung kita akan memainkan game apa di komputer. So, sudah bersiap untuk memulai petualangan game di komputermu?

Komputer Gamer – Kiat Memilih Spesifikasi Komputer

Untuk bisa bermain games dengan menggunakan komputer gamer atau komputer khusus untuk bermain games sebaiknya menggunakan komputer gamer yang bisa diandalkan. Komputer gamer yang bisa diandalkan adalah komputer yang dilengkapi dengan spesifikasi yang handal. Tidak semua orang jeli dan mengerti mengenai seluk-beluk spesifikasi komputer terutama untuk komputer gamer. Kita juga tidak bisa hanya mengandalkan atau menilai komputer gamer dari haranya saja.

Faktor harga mahal atau murah untuk komputer gamer tidak menjadi jaminan komputer gamer itu baik atau tidak. Tidak selamanya harga yang mahal sudah pasti dilengkapi dengan spesifikasi yang bagus. Komputer gamer yang baik dijalankan tidak hanya bisa dilihat dari spesifiksi yang digunakan, tetapi juga perangkat lunak yang menunjangnya. Belum lagi aplikasi game yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi komputer gamer yang ada. Jika Anda ingin memiliki komputer gamer yang handal tetapi Anda tidak mengerti bagaimana memilihnya sebaiknya Anda ikuti kiat berikut ini:

    • Sebelum memutuskan untuk membeli komputer gamer, sebaiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi komputer gamer yang handal itu seperti apa.
    • Bila perlu Anda bisa mendiskusikannya dengan teman Anda yang sudah lebih dulu memiliki komputer gamer. Anda perhatikan juga pertimbangan apa yang dilakukan oleh teman Anda ketika memutuskan akan membeli komputer gamer.
    • Bila memungkinkan ajaklah teman yang mengerti seluk-beluk spesifikasi komputer gamer yang sesai dengan kebutuhan Anda ketika akan membelinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari Anda dari kemungkinan penipuan.
    • Pastikan dahulu tipe atau jenis game apa saja yang akan Anda gunakan jika nanti sudah memiliki komputer gamer. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertimbangkan spesifikasi apa saja yang nanti akan digunakan.
    • Bijaksanalah dalam menentukan harga dengan kualitas. Jika spesifikas yang akan digunakan memang sesuai dengan tipe dan jenis game yang akan dimasukkan dalam perangkat lunak komputer gamer Anda meskipun harganya agak mahal tidak ada salahnya. Namun, jika sebaliknya jangan memaksakan diri, karena itu tidak ada gunanya, dan Anda pun tidak bisa bermain game dengan nyaman.
  • Faktor memori sangat penting ketika memilih komputer gamer. Hal ini merujuk pada aplikasi game yang akan Anda gunakan, apakah memiliki kapasitas yang berat atau ringan. Jika ingin bermain game yang banyak, berarti memori yang dibutuhkan juga besar.

Games Seru untuk Komputer Gamer Anda

Jika sudah memiliki komputer gamer dengan spesifikasi yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan cocok dengan tipe game yang akan Anda gunakan, berarti Anda tinggal memilih game yang akan Anda masukkan dalam komputer gamer. Ada banyak tipe game yang bisa Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam komputer gamer Anda. Mulai dari yang harganya murah sampai mahal bahkan gratis pun juga bisa Anda dapatkan. Pastinya dalam memilih game, pilihah yang memang Anda inginkan, jangan nantinya hanya jadi pajangan dalam komputer gamer Anda.

Saat ini Anda bisa bebas memilih game mana saja yang akan Anda mainkan dengan komputer gamer Anda di rumah. Tidak seperti dulu ketika game masih belum banyak diproduksi dan hanya terbatas pada video game. Sekarang game diproduksi lebih banyak dengan berbagai tipe, ada video games, konsol games, flash games, dan games online. Semua tipe games tersebut sangat menarik untuk dicobakan dengan komputer gamer Anda.

Bermain game juga tidak hanya untuk kaum laki-laki saja, perempuan pun juga bisa bermain game. Bahkan saat ini sudah banyak bertebaran game khusus untuk perempuan, sehingga perempuan pun juga bisa bermain game kesukaan mereka. Anda bisa mendapatkan berbagai game menarik berdasarkan tipe-tipe game yang tersedia. Bila masih bingung Anda bisa menemukan informasi mengenai game-game menarik di situs internet. Di internet ada beberapa informasi menarik seputar game untuk komputer gamer ini, di antaranya Anda bisa mendapatkan:

  • Informasi seputar game-game terbaru yang dikeluarkan dari berbagai perusahaan game dunia.
  • Anda bisa mengetahui game mana saja yang paling populer dimainkan di seluruh dunia.
  • Dari internet Anda bisa mendapatkan informasi seputar dunia game, mulai dari game terbaru, paling banyak dimainkan, paling seru, cara bermain game yang baik, cara mendapatkan poin yang tinggi untuk bermain game tertentu dan sebagainya.
  • Anda juga bisa bergabung dalam komunitas pecinta game di internet. Di sana Anda bisa berdiskusi dengan sesama pecinta game, bisa melihat bagaimana perkembangan terbaru seputar dunia game.

Selain informasi mengenai game, tentu saja Anda juga bisa mendapatkan beberapa game menarik di internet dengan gratis. Anda tinggal mendowload dan memindahkannya ke dalam komputer gamer di rumah.

Speak Your Mind

*