Spesifikasi Wajib Komputer Multimedia

Ilustrasi komputer multimediaBerbagai Fungsi Komputer

Begitu banyak fungsi komputer bagi manusia dewasa ini. Ada fungsi untuk memudahkan pekerjaan dan ada pula fungsi sebagai sarana hiburan. Anda mengetik, mengerjakan tugas, membuat laporan, melakukan desain grafis, bermain games, mendengarkan musik dan lain sebagainya dengan menggunakan komputer. Mesin ajaib ini telah merubah kehidupan manusia di saat ini.

Dari berbagai fungsi komputer ini, ada begitu banyak spesifikasi yang dimiliki komputer. Semakin tinggi spesifikasi suatu komputer, otomatis semakin tinggi dan mahal pula komputer tersebut. Tentu harga akan sebanding dengan kemampuan yang akan diberikan komputer tersebut. Jika Anda menggunakan komputer hanya untuk mengetik, Anda tidak perlu membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Berbeda halnya jika Anda bekerja dalam bidang multimedia, Anda tentu perlu menggunakan komputer multimedia. Komputer multimedia ini harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan komputer untuk kebutuhan yang biasa-biasa saja.

Apa itu MultiMedia?

Multimedia pendeknya adalah beragama hiburan dan fungsi yang bisa Anda dapatkan dari satu bentuk piranti. Jika Anda melihat kembali ke bentuk awal di-rumah tentang media hiburan. Anda memiliki gulungan film, phonographs, radio kaset, dan unit game nintendo besar yang hanya mengeluarkan biaya yang tidak-efektif atau cukup kecil untuk benar-benar mengumpulkan semua fungsi. Nah dengan multimedia, semua bagian bagian itu disatukan.

Ada beberapa jenis media, termasuk video, audio teks, dan. Sebuah perangkat multimedia memungkinkan seseorang untuk berurusan dengan berbagai media ini sementara menghilangkan kebutuhan untuk memiliki perangkat terpisah untuk masing-masing.

Ada banyak tugas yang dapat dicapai pada perangkat ini, seperti membuat, mengedit, dan mentransfer file. Banyak dari perangkat ini kompatibel dengan komputer, yang memungkinkan mereka untuk dapat dengan mudah ditangani dengan cara-cara yang tidak mungkin dinyatakan menjadi mungkin.

Media secara umum didefinisikan sebagai bentuk komunikasi. Dokumen, musik, dan klip video semua jenis umum dari komunikasi. Orang-orang semakin tertarik untuk berurusan dengan media dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat.

Hal ini telah menyebabkan pengembangan berbagai perangkat multimedia, yang memungkinkan orang untuk membuat dan mengakses berbagai jenis file media pada satu perangkat. Contoh perangkat multimedia termasuk kartu memori, komputer tablet, dan pemutar MP3.

Sebuah perangkat multimedia dapat memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan berbagai tugas. Untuk mulai dengan, seseorang mungkin perlu untuk mengembangkan komunikasi.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengetik dokumen, mengambil gambar, atau memproduksi video. Setelah ini dilakukan, individu mungkin ingin menyimpan barang-barang. Kemudian, mereka mungkin ingin mengaksesnya lagi dan mengubah mereka. Ada juga kemungkinan bahwa seseorang akan ingin mentransfer file media dari satu perangkat ke perangkat lain atau membaginya dengan orang lain.

Penting untuk memahami bahwa perangkat tidak harus memfasilitasi setiap jenis media untuk itu harus didefinisikan sebagai multimedia. Banyak perangkat juga terbatas pada kenyataan bahwa mereka memungkinkan hanya tipe tertentu tugas yang harus diselesaikan dengan masing-masing jenis media.

Misalnya, kartu memori dapat menyimpan beberapa jenis media dan memungkinkan untuk diakses berkali-kali, tapi itu bukanlah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk menghasilkan file media. Hal ini harus dilakukan pada perangkat lain multimedia, seperti laptop.

Sebagai dua tujuan utama dari perangkat ini adalah konsolidasi dan kenyamanan, orang cenderung membeli elektronik kecil itu juga dapat berfungsi sebagai perangkat multimedia portabel.

Sebuah contoh utama adalah telepon selular. Perangkat ini cenderung untuk menawarkan pengguna kemampuan lebih media sebagai versi yang lebih baru yang dirilis. Seperti telepon seluler, perangkat multimedia yang paling modern memiliki baterai isi ulang, meskipun sejumlah kecil masih dapat menggunakan baterai diganti. Banyak juga memiliki kemampuan untuk dihubungkan ke komputer sehingga media dapat disimpan secara langsung pada yang membutuhkannya.

Semua ini demi kemudahan dalam mendisplay aplikasi apa yang sulit dan rumit sebelumnya. Berbagai jenis aplikasi multimedia termasuk pertunjukan live dan demonstrasi produk melalui penggunaan display multimedia, serta berbagai aplikasi untuk multimedia dalam iklan.

Banyak dari iklan ini menggunakan komputer dan sering ditemukan di Internet, di mana animasi, suara, dan teks sering dikombinasikan untuk menciptakan sebuah iklan interaktif atau multimedia untuk produk atau jasa tertentu.

Istilah “aplikasi multimedia” juga dapat merujuk kepada berbagai program yang digunakan untuk membuat karya multimedia, dan ini termasuk program animasi, suara dan rekayasa perangkat lunak perekaman, dan program compositing digunakan untuk menggabungkan berbagai file sumber mentah.

Spesifikasi Komputer Multimedia

Penggunaan komputer multimedia lebih terarah kepada grafik dan suara. Komputer ini biasanya digunakan oleh para desainer grafis. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat membeli komputer multimedia. Beberapa hal penting yang harus menjadi syarat minimal sebuah komputer multimedia adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan prosesor
    Komputer multimedia menuntut penggunaan prosesor yang cepat. Dengan begitu banyaknya proses yang harus dilakukan saat mengolah multimedia, kecepatan prosesor menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh sebuah komputer multimedia. Tanpa prosesor yang mumpuni, Anda tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Bahkan komputer bisa menjadi hang karena menjalankan proses yang terlalu berat. Prosesor produksi Intel untuk saat ini yang tepat adalah tipe Core2 Duo atau Core-i.
  • Memori
    Jumlah dan kecepatan memori juga menjadi salah satu syarat utama yang harus dimiliki komputer multimedia. Memori menjadi tempat penyimpanan sementara saat terjadinya proses. Dengan ukuran memori yang besar dan kecepatan memori yang tinggi, proses-proses yang dilakukan pada saat pengolahan multimedia dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa memasang memori minimal 2GB DDR3 sudah cukup untuk kebutuhan ini. Lebih besar pastinya akan lebih baik.
  • Harddisk yang besar
    Media penyimpanan file juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi komputer multimedia. Ukuran harddisk saat ini sudah mencapai ukuran terabyte. Harganya juga sudah semakin murah. File multimedia merupakan file-file dengan ukuran yang besar. Untuk itulah kebutuhan media penyimpanan ini sangat dibutuhkan dalam komputer multimedia.
  • Kartu grafis yang berkualitas
    Salah satu tugas berat dari komputer multimedia adalah pengolahan gambar atau desain grafis. Untuk itulah dibutuhkan kartu grafis yang berkualitas. Anda tidak bisa menggunakan kartu grafis onboard pada motherboard untuk kebutuhan ini. Diperlukan kartu grafis khusus untuk kebutuhan ini. Anda bisa coba menengok kartu grafis produksi ATI Radeon atau Nvidia sebagai pilihan yang tepat.
  • Layar lebar
    Hardware yang satu ini merupakan spesifikasi yang setengah wajib. Tanpa layar monitor yang lebar, komputer multimedia tetap dapat berfungsi dengan baik. Namun dengan adanya layar yang lebar, tentunya proses pekerjaan multimedia dan desain grafis akan lebih mudah dan berkualitas.

Demikianlah beberapa spesifikasi suatu komputer multimedia yang harus dipenuhi. Semakin lengkap dan semakin tinggi spesifikasi komputer multimedia ini akan memberikan kenyamanan yang lebih pula. Dan dibalik semua itu, kembali lagi kepada isi kantong dan budget Anda.

 

Speak Your Mind

*