Sriwijaya Air, dari Masa ke Masa

Ilustrasi sriwijaya airSriwijaya Air adalah salah satu maskapai terbesar di Indonesia yang melayani lebih dari 500.000 penerbangan setiap bulannya. Merambah lebih dari 35 tujuan termasuk dua negara di tingkat regional dan daerah-daerah tujuan wisata populer lainnya di seluruh Indonesia.

Konsentrasi bisnis Sriwijaya Air adalah bisnis penerbangan penumpang dan layanan pengiriman barang, dengan jangkauan nasional maupun regional. Sriwijaya air berhasil mencapai target-target yang dikemas dalam misi dan visinya, seperti: mengedepankan layanan berkualitas, menjadi maskapai penerbangan yang mampu bersaing secara nasional maupun regional, siap berekspansi bisnis pada level dunia, mengadopsi tekonologi terkini dan manajemen perusahaan yang efektif dan efisien, mengundang turis domestik dan internasional ke berbagai destinasi, serta untung secara bisnis sejak berdiri pada 10 November 1983.

Maskapai Sriwijaya Air terus melakukan ekspansi ke timur Indonesia dengan armada-armada baru setelah  berhasil bertahan dan keluar dari krisis global 2008 tanpa kerugian yang berarti. Bahkan terus melakukan ekspansi ke timur Indonesia dengan armada-armada baru.

Misi Moto Sriwijaya Air

Misi 
Moto Sriwijaya Air adalah menjadikan semua pihak rekan kami saat terbang. Mereka menyadari saat ini siapapun bisa terbang. Namun Sriwijaya Air ingin membawa terbang pelanggan-pelanggan dengan kebanggaan serta reputasi tinggi yang terimplementasi dalam layanan berkualitas dalam proses pra-penerbangan, di dalam pesawat maupun paska-penerbangan.

PT SRIWIJAYA AIR merupakan perusahaan swasta murni yang didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Sriwijaya air memulai usahanya dengan bermodalkan satu armada Boeing 737-200.  Supardi, Capt. Kusnadi, Capt. Adil W, Capt. Harwick L, Gabriella, Suwarsono dan Joko Widodo adalah beberapa tenaga ahli yang turut menjadi pionir berdirinya Sriwijaya Air.

Penerbangan Perdana

Pada tanggal 10 November 2003, Sriwijaya Air memulai penerbangan perdananya dengan menerbangi rute Jakarta-Pangkalpinang PP, Jakarta-Palembang PP, Jakarta-Jambi PP, dan Jakarta-Pontianak PP. Sriwijaya Air saat ini memiliki 24 Armada Boeing dengan melayani total 33 rute termasuk rute regional Medan-Penang PP dan rute international lainnya. Untuk mengembangkan rute dan pangsa pasar, tahun ini Sriwijaya Air akan mendatangkan tambahan armada Boeing seri 737-300, 737-400 dan 737-700 New Generation (NG).

Perawatan Sriwijaya Air

Untuk merawat dan memelihara armadanya, Sriwijaya Air melakukan kerjasama dengan PT Aero Nusantara Indonesia (ANI) dan Garuda Maintenance Facility (GMF) sebagai maintenance provider terpercaya di Indonesia yang bertaraf internasional. Kerjasama ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pelanggan Sriwijaya Air . Selain itu, tenaga kerja yang dimiliki Sriwijaya Air merupakan sumber daya manusia (SDM) pilihan yang terampil, ramah dan terpercaya.

Maskapai Penerbangan Nusantara: Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan satu dari maskapai penerbangan terbesar yang ada di nusantara. Perusahaan ini dibangun berkat kekompakkan keluarga Lie, yaitu Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Tepat pada hari pahlawan, yaitu 10 November tahun 2003, penerbangan perdana Sriwijaya Air dilakukan dengan rute Jakarta-Pangkalpinang (PP), Jakarta-Palembang (PP), Jakarta-Jambi (PP), dan Jakarta-Pontianak (PP).

Awalnya, Sriwijaya Air memulai usaha penerbangannya dengan hanya bermodal satu armada Boeing 737-200. Namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan memenuhi pelayanan kepada publik dan disertai perkembangan teknologi, maskapai Sriwijaya kemudian menambah sekaligus memperluas jangkauan penerbangannya dari Barat ke Timur. Maskapai ini juga terus menambah pesawatnya dengan seri yang lebih baru.

Maskapai Sriwijaya memfokuskan pada bisnis penerbangan penumpang dan layanan pengiriman barang dengan jangkauan nasional maupun regional. Namun dalam perkembangannya, maskapai penerbangan ini terus mengembangkan sayapnya dengan membuka rute internasional, seperti ke Malaysia dan Singapura. Dalam satu bulan, maskapai Sriwijaya mampu menerbangkan lebih dari 500 ribu penumpang. 

Prestasi Sriwijaya Air

    1. Dalam hal keselamatan penerbangan, maskapai Sriwijaya berhasil meraih prestasi sebagai salah satu dari 12 maskapai pemegang Air Operator Certificate (AOC) di bawah Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121 yang masuk dalam kategori satu.
    1. Maskapai Sriwijaya telah mengantongi piagam penghargaan “Safety” dari pabrik pesawat dunia, Boeing, melalui serangkaian kegiatan auditor yang berlangsung selama beberapa bulan dengan melakukan inspeksi langsung.
    1. Maskapai Sriwijaya diberi penghargaan oleh Pertamina atas ketepatannya dalam administrasi pembayaran pembelian avtur.
    1. Pada 2008, tepatnya pada ulang tahunnya yang ke-5, Maskapai Sriwijaya mendapat penghargaan Indonesia Most Branded Service (IndoBSA) yang diselenggarakan oleh MarkPlus&Co. Penghargaan ini merupakan perwujudan apresiasi masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh maskapai Sriwijaya

Pemesanan dan Pembayaran Tiket Sriwijaya Air

Untuk melakukan pemesanan tiket maskapai ini, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara, yaitu :

  • Melalui InternetAnda dapat mengakses alamat www.sriwijayaair.co.id. Pada halaman muka akan tampil beberapa kolom, seperti Flight Search dan Retrieve Ticket. Kolom-Kolom ini akan memudahkan Anda memesan tiket. Anda cukup mengisi pilihan dan data Anda dengan akurat karena Anda tidak dapat mengubah nama pemesan setelah transaksi terjadi.Pembayaran untuk tiket yang dipesan melalui internet, bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu melalui ATM BCA dan klikBCA. Jika Anda memilih ATM, maka Anda akan mendapatkan kode pemesanan yang harus dimasukan dengan tepat saat Anda melakukan pembayaran di ATM. Jika Anda memilih klikBCA, maka dengan mudah Anda akan menemukan nama Sriwijaya Air pada menu Pembayaran E-Commerce.
  • Melalui Kantor Sales Sriwijaya AirSriwijaya memiliki kantor cabang yang berada di wilayah Jakarta, Bekasi, Tanggerang, dan Depok. Kantor pusatnya terletak di Jl. Gunung Sahari Raya No.13 Blok B8-10, Jakarta Pusat, Indonesia. Info yang lebih lengkap bisa Anda lihat di http://www.sriwijayaair.co.id/id/offices.
  • Menghubungi Call CenterPemesanan tiket juga dapat dilakukan 24 jam melalui nomor kontak 021-6405566.
  • Melalui Agen PerjalananAgen perjalanan untuk maskapai Sriwijaya bisa Anda temukan hampir seluruh di pelosok tanah air. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memesan tiket di agen perjalanan yang terdekat. Sistem pembayaran tiket yang dilakukan melalui agen perjalanan dapat berbeda satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan langsung pada agen perjalanan favorit Anda.

Menakar Service Sriwijaya Air

Setelah Anda memiliki tiket penerbangan, maka Anda perlu paham seperti apa pelayanan yan paling layak disiapkan sepanjang perjalanan Anda. Jangan sampai Anda menyesal, karena tak ada gunanya. Alasannya, karena memang seperti itu service yang diberikan.

Service maskapai Sriwijaya di dalam pesawat tak jauh beda dengan pesawat-pesawat yang standar dengannya. Jangankan berharap dapat koran gratis atau minuman, satu permen pun saat ini tidak didapatkan lagi. Nyaris service maskapai Sriwijaya tak jauh berbeda dengan pesawat Lion Air.

Karena itu, harus bisa memahami bahwa maskapai Sriwijaya hanya memberikan pelayanan hanya melalui keramahtamahan pramugarinya. Sedangkan yang lainnya, Anda tak bakal dapat menemukannya.

Sejak persaingan harga tiket antar maskapai penerbangan yang menyebabkan pelayan yang terdapat di dalam pesawat Sriwijaya menjadi menurun. Namun untuk hal-hal yang lain seperti informasi pemakaian sabuk pengamanan dan kantung untuk barang-barang aksesoris yang Anda bawa seperti emas, intan dan sebagainya ,masih tetap ada di kantung tempat duduk.

Karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan bekal bila perjalanan yang dilakukan memakan waktu yang cukup panjang. Dari makanan, minuman hingga permen Anda siapkan sebelum keberangkatan Anda. Jika pun Anda melihat ada makanan dan minuman sepenjang perjalanan, itu hanyalah dagangan yang dipasarkan oleh para peramugari maskapai Sriwijaya.

Harga dagangan yang dijual tentu saja tidak sama dengan harga yang Anda beli di toko-toko kecil di luar bandara atau di Indomaret. Harganya dua kali lipat atau bahkan lebih. Anda jangan tanyakan kenapa harganya mahal, karena itu sudah harga yang ditetapkan. Wajar, hanya mereka yang berdagang di atas pesawat.

Sekali lagi, tak ada salahnya bila Anda menyiapkan bekal sebelum keberangkatan. Jika perjalanan yang dilakukan setengah jam mungkin tidak terasa lapar. Namun jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu lebih setengah jam atau pake transit, maka sangat dianjurkan Anda menyiapkan bekal. Pasalnya, tak ada lagi yang murah bila sudah berada di bandara.

Jika Penerbangan Sriwijaya Air Delay

Penerbangan Sriwijaya tak selama melakukan penerbangan dengan tepat waktu. Artinya, penerbangan Sriwijaya terkadang suka mengalami delay atau penundaan. Penundaan umumnya terjadi karena ada kerusakan yang terjadi pada mesin atau adanya masuk pesawat Sriwijaya yang lain, yang membuat kefokusan para petugas terganggu. Sehingga terkadang, penerbangan Sriwijaya selanjutnya kerap jadi pilihan untuk mengalami penundaan atau delay.

Jika delay, Anda seharusnya tak perlu emosi atau merasa kesal. Karena ini sudah seperti kegiatan rutin yang terjadi di hampir seluruh maskapai penerbangan di Indonesia. Makanya, Anda mesti menyiapkan sejak dini apa yang meski Anda lakukan ketika delay.

1. Membaca Buku

Membaca buku adalah aktivitas terbaik yang dapat Anda lakukan di saat delay. Makanya sediakan buku sebagai antisipasi. Buku bisa menjadi teman terbaik Anda saat delay. Apalagi, jika Anda hobi membaca novel, terkadang delay menjadi waktu yang paling mengasyikan.

Jika terbawa dengan suasana yang ditulis oleh penulisnya melupakan kita bahwa sudah berada di ruang tunggu sekitar satu jam lebih. Sehingga tak ada lagi nelangsa atau kecewa seperti yang dialami oleh para penumpang lainnya.

Jika Anda bagian dari perensi buku, memanfaatkan waktu delay merupakan hal yang tepat untuk melahap isi buku sehingga Anda bisa menemukan inti buku yang layak dipaparkan di dalam artikel resensi yang bakal Anda tulis setelah tiba di rumah. Sungguh, buku adalah sebaik-baik teman di saat sedang mengalami delay penerbangan.

2. Menulis Artikel

Bagi Anda penulis, masa delay bisa digunakan untuk menyelesaikan satu artikel. Jika Anda peresensi, Anda bisa memanfaatkan waktu delay untuk meresensi buku. Bahkan lebih asyik lagi, jika Anda seorang cerpenis, Anda bisa mengisahkan tentang penerbangan yang delay tersebut di dalamnya.

Asal Anda bisa menemukan tema yang tepat dan menjadi data aktual yang bisa dimasukkan dalam cerpen, maka kondisi delay menjadi bagian yang terindah. Sehingga bagi penulis tak ada momen yang sia-sia ketika mengalami masa penundaan penerbangan pesawat.

Orang lain merasa rugi dengan delay penerbangan pesawat dan membuat mereka kesal hingga marah-marah. Sedangkan bagi penulis, delay bisa dijadikan uang. Paling tidak pengganti separuh atau seperempat dari ongkos penerbangan yang dilakukan.

3. Main Handphone atau Game

Bila Anda termasuk kategori orang yang tidak suka membaca dan menulis, maka ketika delay Anda bisa memanfaatkannya dengan bermain handphone. Anda bisa menggunakannya untuk menelepon teman Anda. Menjalin tali silaturrahmi yang mungkin karena kesibukan Anda hingga lupa untuk menghubunginya.

Atau, bisa juga digunakan untuk menghubungi kolega Anda tentang rencana binis yang bakal dijalankan. Seperti apa keinginan bersama yang bakal ingin dilakukan. Semuanya bisa Anda diskusikan ketika delay.

Jika Anda merasa rugi pulsa dengan menelepon, maka masa delay bisa dijadikan alternatif untuk bermain game. Anda habiskan waktu menunggu tersebut dengan fun. Sehingga ketika diumumkan bakal menaiki pesawat baru Anda akhiri permainan game.

Inilah yang bisa dilakukan saat delay penerbangan Sriwijaya Air, agar Anda terhindar dari dosa atau sikap marah-marah.

Speak Your Mind

*