Stand Up Comedy – Inovasi Cerita Pendek Lucu yang Cerdas

Stand Up Comedy – Inovasi Cerita Pendek Lucu yang Cerdas – Keletihan yang mendera ketika menghadapi berbagai rutinitas memang menyita waktu santai kita. Apalagi dengan berbagai macam pekerjaan yang tidak kunjung selesai bisa membuat diri kita tidak tenang dan akhirnya stress. Sebaiknya janganlah terus memaksakan diri jika kita sudah letih. Dengan berlibur, santai di rumah, atau sekedar membaca cerita pendek lucu bisa saja meregangkan otot kiat untuk mengurangi lelahnya bekerja.

Stand Up Comedy

Jika kita dihadapkan dengan berbagai pekerjaan, cobalah beberapa menit istirahatkan mata dan rebahlah. Jika kita bekerja di dalam kantor dan sehari melihat komputer, coba tutup dulu, atau berhenti sejenak dalam mengerjakan pekerjaan di komputer. Kemudian, beralihlah membaca web lain yang menghibur. Kita bisa sekedar melihat web-web cerita pendek lucu atau video yang membuat otak kita tidak tegang lagi.

Manfaat Membaca Cerita Pendek Lucu

Membaca cerita lucu biasanya bisa menyegarkan otak. Jika kita adalah orang yang hobi melawak, biasanya membaca atau mendengarkan cerita lucu itu bisa jadi referensi untuk diceritakan kembali pada orang lain. Membaca cerita ini juga bisa menjadi referensi untuk para pelawak dalam membuat lawakan yang lebih inspiratif.

Sekarang, banyak sekali orang-orang yang menyampaikan cerita lucu di media televisi. Audisi untuk mencari orang yang berbakat dalam menyampaikan cerita lucu juga banyak diadakan oleh stasiun-stasiun televisi.

Inovasi Baru Penyampaian Cerita Pendek Lucu

Tahukah Anda? Ada sebuah inovasi baru dalam sebuah penyampaian cerita pendek lucu di Indonesia ini. Inovasi itu adalah hadirnya Stand Up Comedy Indonesia. Hadirnya stand up comedy di Indonesia ini membuat para pelawak harus men cari bahan lawakan yang didasarkan dengan opini yang beredar saat ini. stand up comedy adalah konsep membuat cerita lucu yang cerdas.

Cerita pendek lucu dalam sejarah stand up comedy adalah cerita yang disampaikan melalui monolog dan disajikan secara langsung berdiri di depan penonton yang banyak. Stand up comedy ini sebenarnya sudah lahir pada abad ke-18 di Eropa dan Amerika.

Dulu, mereka menamainya stand up comic. Orang yang membawakan cerita dalam stand up comedy ini disebut komik. Mereka biasanya menyampaikan cerita-cerita lucu secara berdiri dan tampil di cafe-cafe, pertunjukan teater, atau acara tertentu yang diselenggarakan oleh universitas.

Stan Up Comedy di Indonesia

Para komik biasanya menghadirkan berbagai cerita pendek lucu yang mengarah pada sindiran atau kritikan yang cenderung umum dengan berbagai gaya dan ekspresi. Sebuah mic disiapkan dalam penampilan stand up comedy ini.

Sebenarnya, stand up comedy sudah ada di Indonesia sejak dulu. Salah satu kelompok stand up comedy di Indonesia adalah DonoKasino, dan Indro adalah generasi pertama yang menyelenggarakan stand up comedy di Indonesia.

Baru setelah itu, Taufik Savalas adalah generasi kedua yang memopulerkan cerita pendek lucu berbasis stand up comedy ini. Hadirnya trio Warkop dan Taufik Savalas tidak membuat stand up comedy terus berkembang dari tahun ke tahun. Beberapa lama setelah stand up comedy dikenal di Indonesia, semuanya vakum begitu saja dan tidak ada yang memopulerkannya lagi.

Setelah beberapa tahun berhibernasi, akhirnya stand up comedy di Indonesia hadir lagi karena ide yang muncul dari pemilik Comedy Cafe di Kemang Jakarta, Ramon Papana ini. Di pertengahan tahun 2011 stand Up comedy rutin digelar di Comedy Cafe tersebut dengan para komik yang terkenal seperti Raditya Dika dan Panji.

Setelah pertunjukkan yang ternyata mengundang banyak orang untuk menonton. Banyak sekali cafe-cafe di beberapa daerah yang menyelenggarakan Open Mic (julukan untuk orang yang ingin tampil menjadi komik) untuk stand up comedy ini. Daerah-daerah selain Jakarta yang sering mengadakan Open Mic adalah Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Stand Up Comedy di Media Massa

Cerita pendek lucu yang dihadirkan oleh stand up comedy Indonesia juga lebih terkenal lagi di masyarakat ketika salah satu stasiun televisi swasta mencoba membuat program kompetisi stand up comedy untuk menjaring orang-orang yang bakat dalam melawak, tetapi lawakannya tidak terkesan kuno.

Semua orang berlomba untuk menjadi para komik yang andal. Kehadiran stand up comedy sebagai ajang membuat cerita lucu yang cerdas ini lebih dikenal ketika Raditya Dika dan Panji mengunggah video stand up mereka ke Youtube. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter juga tidak luput jadi sasaran marketing pengenalan stand up comedy lebih dekat lagi.

Setelah keluarnyanya pemenang dalam stand up comedy Indonesia ini, acara cerita lucu ini menjadi sering diperbincangkan. Ryan Adriandhy dan Ikhsan Akbar sebagai grand finalis stand up comedy ini juga lebih terkenal di masyarakat pecinta lawakan. Saat ini stand up comedy menjadi salah satu acara tentang pelakon membuat cerita lucu yang laris di televisi manapun.

Istilah untuk Membuat Cerita Pendek Lucu dalam Stand Up Comedy

Stand up comedy hadir untuk menjadi salah satu hiburan alternatif tentang cerita pendek lucu yang tidak begitu begitu saja. Walaupun sudah banyak acara humor, tetapi stand up comedy dinyatakan mempunyai daya saing yang berbeda dalam industri lawakan.

Biasanya lawakan dalam berbagai acara televisi terkesan itu-itu saja dan selalu diulangi. Orang-orang pasti akan bosan menontonnya. Stand up comedy ini adalah lawakan yang berbeda dengan mengambil tema cerita lucu yang dalam berbagai unsur.

Beberapa istilah yang bisa dipakai jika seseorang akan membuat cerita lucu dalam sebuah stand up comedy memang penting untuk dipahami. Seperti halnya membuat surat, membuat sebuah cerita lucu pun harus dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa istilah yang dipakai stand up comedy ini memang terbilang berbeda, tetapi semuanya mempunyai maknanya tersendiri.

Menurut Raditya Dika dan Panji, terdapat empat istilah yang biasanya dibicarakan dalam membuat cerita lucu di stand up comedy ini, yaituriffingpersonadiksi, dan blue nite.

  • Riffing

Dalam sebuah stand up comedy, istilah ini mempunyai arti seorang komik harus berbicara dengan penonton agar memancing gelak tawa. Riffing itu hatus dilatih. Walaupun banyak yang mengira bahwa riffing dalam stand up comedy adalah spontan, tetapi itu tidak benar karena riffing itu sudah dilatih sebelumnya.

Istilah dalam riffing itu adalah rehearshed spontanity, jadi dalam stand up comedy kita juga harus dilatih untuk membawakan bit-bit yang segar dan seakan spontan.

  • Persona

Persona dalam istilah stand up ini adalah social mask atau topeng sosial. Persona disini adalah karakter yang ada dalam sebuah pertunjukkan teater. Persona seorang komik tidak serta merta adalah kepribadian si komik yang sebenarnya.

Jika misalnya si komik adalah orang yang selalu membicarakan soal pilitik dalam lawakannya, tetapi dia ingin mencoba menjadi seseorang dengan lawakan yang lebih santai, itu bisa juga termasuk persona. Persona didapatkan dari gesture, gaya berpakaian, sampai emosi yang dibawakan di atas panggung.

Menampilkan persona dalam membuat cerita lucu pada stand up comedy ini juga harus bisa menimbulkan sisi perberbedaannya. Kita diharapkan harus berbeda, namun tidak harus menjadi yang terbaik.

  • Diksi

Diksi dalam membuat cerita lucu dalam stand up comedy ini mempunyai istilah pemilihan kata dan penyusunan kata dalam kalimat dalam sebuah naskah komedi. Diksi akan mempertajam suatu materi dalam pembuatan cerita pendek lucu dalam stand up comedy. Diksi juga bisa menggambarkan suatu dialek pada daerah tertentu. Diksi juga bisa meningkatkan feel atau perasaan dalam bit yang dibawakan.

  • Blue Nite

Blue nite dalam istilah stand up comedy ini adalah pembuatan beberapa cerita lucu yang mengambil unsur vulgar, blak-blakan, atau cerita menjurus di dalamnya. Blue nite disini tidak melulu membahas hal-hal yang vulgar, seperti perbincangan seks, tetapi bisa juga merambah ke perbicangan yang jorok, seperti berbicara tentang ‘toilet’.

Blue nite juga bisa membahas isu sosial tentang prostitusi. Blue material dalam membuat cerita pendek lucu ini juga bisa membahas masalah-masalah yang umum, tetapi menjuru ke hal-hal yang vulgar.

Semua pembahasan tentang membaca dan membuat sebuah cerita pendek lucu dalam stand up comedy ini bisa membuat kita mengetahui apa itu stand up comedy yang sebenarnya. Cerita lucu yang disajikan selama 10 menit untuk setiap orangnya ini akan membuat kita merasakan humor yang berbeda dari yang biasanya. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*