STNK dan Kredit 

STNK dan Kredit – Bagi Anda para pengguna kendaraan bermotor pastinya sudah tidak asing lagi dengan STNK. STNK adalah singkatan dari Surat Tanda Nomor kendaraan. Surat ini wajib dimiliki oleh semua pengendara motor sebagai tanda bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan bermotor berdasarkan kepemilikan dan identitasnya yang telah didaftarkan.

stnk

Di Indonesia, Surat Tanda Nomor Kendaraan ini dikeluarkan oleh SAMSAT. SAMSAT merupakan tempat pelayanan baik penerbitan atau pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan oleh 3 instansi, yaitu PT Jasa Raharja, Polri, dan Dinas Pendapatan provinsi. STNK ialah titik tolak dari kepemilikan yang sah dari sebuah kendaraan bermotor.

STNK (Surat Tanda nomor kendaraan) berisi identitas kepemilikan, seperti nama pemilik, alamat pemilik, nomor polisi, dan lain-lain. Selain itu, STNK juga memuat identitas dari kendaraan bermotor, seperti tipe/merek, model/jenis, tahun perakitan, tahun pembuatan, nomor mesin, isi silinder, warna TNKB, nomor BPKB, kode lokasi, bahan bakar, dan sebagainya. Lalu, apa yang dimaksud dengan STNK dan kredit?

Masa berlaku dan nomor polisi yang dimuat  dalam STNK tersebut kemudian dicetak pada plat nomor yang nantinya akan dipasangkan pada kendaraan bermotor yang bersangkutan.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) masa berlakunya hanya 5 tahun, untuk itu setiap masa habis Anda harus melakukan perpanjangan.Perpanjangan STNK, kendaraan melalui beberapa cek fisik, seperti pengecekan nomor mesin kendaraan dan nomor rangka yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri. Jika sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK maka akan dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Masa berlaku STNK adalah 5 tahun, dan setiap perpanjangan STNK, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.Apabila sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK, maka dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam pedaftaran STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang baru, antara lain sebagai berikut.

1). Data identitas pemohon

a.    Perorangan

  • Tanda jati diri Anda yang sah (SIM) + satu lembar foto copy

b.    Badan hukum

  • Salinan akte pendirian beserta satu lembar foto copy
  • Keterangan domisili
  • Surat kuasa yang telah dilengkapi materai dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi oleh badan hukum yang bersangkutan

c.    Instansi pemerintah (termasuk BUMD/BUMN)

  • Surat kuasa atau tugas yang telah diberi materai dari instansi yang bersangkutan.

2). Faktur

3). PIB atau Pemberitahuan Impor Barang

4). Bukti hasil pemeriksaan fisik kendaraan

5). Kendaraan bermotor yang telah mengalami perubahan bentuk, harus melampirkan surat keterangan dari perusahan kasroseri yang telah mendapatkan perizinan

6). Surat keterangan bagi kendaraan bermotor angkutan penumpang umum

7). Sertifikat uji tipe dan tanda bukti telah lulus dalam uji tipe.

Pengesahan Setiap Tahun

Persyaratan yang harus Anda penuhi dalam pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) setiap tahunnya, antara lain sebagai berikut.

1). Data identitas pemohon

a.    Perorangan

  • Tanda jati diri Anda yang sah (SIM) + satu lembar foto copy

b.    Badan hukum

  • Salinan akte pendirian beserta satu lembar foto copy
  • Keterangan domisili
  • Surat kuasa yang telah dilengkapi materai dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi oleh badan hukum yang bersangkutan

c.    Instansi pemerintah (termasuk BUMD?BUMN)

  • Surat kuasa atau tugas yang telah diberi materai dari instansi yang bersangkutan.
  • Surat pernyataan pemilik kendaraan bermotor isinya mengenai tidak adanya perubahamn atas identitas pemilik atau spesifikasi kendaraan bermotor.
  • BPKB beserta fotocopy
  • Bukti hasil pemeriksaan tes fisik kendaraan pemilik
  • Pengesahan yang dilakukan oleh petugas, dalam dua cara, yaitu:
  • Cara menual dengan menggunakan tanda tangan dan cap jari pemilik
  • Cara komputerisasi dengan menggunakan register dari computer.
  • Bukti pungutan SWDKLLJ, Premi Angsuran Jasa Raharja (khusus kendaraan umum), PKB/BBN-KB pada tahun sebelumnya

Perpanjangan Masa Berlaku STNK

STNK membunyai masa berlaku selama 5 tahun. Untuk itu, agar bisa dipergunakan kembali harus terlebih dahulu diperpanjang.  Ada beberapa persyaratan yang harus Anda pebuhi dalam memperpanjang masa berlaku STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) bermotor, antara lain sebagai berikut.

1). Data identitas pemohon

a.    Perorangan

  • Tanda jati diri Anda yang sah (SIM) + satu lembar foto copy

b.    Badan hukum

  • Salinan akte pendirian beserta satu lembar foto copy
  • Keterangan domisili
  • Surat kuasa yang telah dilengkapi materai dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi oleh badan hukum yang bersangkutan

c.    Instansi pemerintah (termasuk BUMD/BUMN)

  • surat kuasa atau tugas yang telah diberi materai dari instansi yang bersangkutan.

2). STNK lama. Akan tetapi, jika STNK lama sudah tidak ada Anda bisa menggunakan surat keterangan dari kepolisian

3). Salinan bukti buku uji dari kendaraan bermotor tersebut

4). Apabila ada perubahan baik dari kepemilikan, ganti mesin, ganti warnah, maupun mengubah bentuk, harus dilengkapi dengan BPKB.

Fungsi Kredit

Pada dasarnya fungsi pokok dari kredit adalah untuk pemenuhan jasa pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat (to Service the Society).

kredit

Dalam rangka mendorong dan melancarkan perdagangan, Produksi dan jasa-jasa bahkan konsumsi,yang semua itu ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup manusia.

Ada pun fungsi kredit dijalankan untuk berbagai kegunaan:

  • Kredit dapat memajukan arus alat tukar barang dan jasa. Seandainya pada suatu saat belum tersedia uang sebagai alat pembayaran dengan adanya kredit, lalu lintas barang dan jasa dapat berlangsung.
  • Kredit dapat mengaktifkan alat pembayaran. Kredit terjadi karena adanya pihak yang mempunyai pendapatan yang lebih besar dari kebutuhannya. Dana lebih itu dapat terkumpul dan mungkin sekali menjadi dana yang diam (idle). Bila dana idle itu dipindahkan ke golongan yang berpendapatan yang lebih kecil dari kebutuhannya, dana itu menjadi dana yang efektif. Dengan demikian terjadi lah pemindahan daya beli dari golongan yang satu ke golongan yang lainnya.
  • Kredit dapat dijadikan alat sebagai pengendali harga. Bila diperlukan adanya penambahan jumlah uang yang beredar di masyarakat, salah satu caranya ialah dengan mempermudah dan mempermurah pemberian kredit oleh dunia perbankan kepada masyarakat. Sementara, dalam kondisi sebaliknya jika dipandang perlu untuk memperkecil atau mengurangi peredaran uang di masyarakat, kredit perbankan dilakukan pembatasan dengan ditentukannya pagu dan baki (ceiling flafond) untuk kredit tertentu
  • Kredit dapat menciptakan alat pembayaran baru. Di sini kita bicarakan salah satu macam kredit yang biasa diberikan oleh bank umum (Comercial Bank) yaitu kredit Rekening Koran (R/K) = Rekening Caorant (R/C) begitu perjanjian kreditnya dipenuhi, maka pada pengertian dasarnya seketika itu pula lah telah beredar uang (giral) baru di masyarakat sejumlah maksimum kredit R/K tersebut. Demikian pula halnya, bila bank memberikan atau mengeluarkan surat-surat berharga yang dapat dipersukar dengan barang atau jasa.
  • Kredit dapat mengaktifkan dan meningkatkan faedah-faedah atau kegunaan potensi-potensi ekonomi yang ada. Bantuan kredit mendorong para pengusaha seperti petani, perindustrian, dan lain-lainnya dapat berproduksi atau meningkatkan produksinya dengan mengaktifkan potensi-potensi ekonomi yang dimilikinya.

Hubungan STNK dan Kredit

Dalam membeli kendaraan, tidak hanya diperoleh dengan pembayaran kontan tetapi bisa juga dengan cara kredit. Pembayaran kredit ini bisa Anda lakukan baik melalui bank mau pun lembaga pembiayaan. Pembayaran bisa dilakukan dengan masa cicilan sampai 3 tahun. Selama 3 tahun tersebut, setiap tahunnya Anda harus melakukan perpanjangan atas surat kendaraan tersebut.

Nah, proses perpanjangan STNK motor yang dibeli dengan pembayaran kredit sedikit berbeda dengan kontan. BPKP asli dari kendaraan Anda akan dijdikan agunan sampai dengan pembayaran secara kredit tersebut selesai (lunas). Padahal BPKB merupakan salah satu kelengkapan yang harus Anda miliki untuk memperpanjang STNK tersebut.
Jadi, itu lah hubungan antra STNK dan kredit. Kendaraan yang dibeli secara kredit , cara memperpanjang STNK tersebut berbeda dengan pembelian secara kontan atau tunai.

Sekian artikel mengenai STNK dan kredit. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Speak Your Mind

*