Sulap

Sulap adalah sebuah seni yang sangat disukai sebagian besar masyarakat di dunia karena penyajiannya membuat semua orang terheran-heran. Seni ini juga merupakan gabungan dari berbagai seni (seni tari, seni musik, seni rupa) dan gabungan dari berbagai disiplin ilmu (misalnya fisika, biologi, kimia, psikologi, dan lain-lain).

Sulap dan Mistik

Sulap bukanlah sebuah seni yang bersifat supranatural atau klenik karena semua triknya dapat dijelaskan dan dipelajari. Seni pertunjukan ini hanyalah permainan kelihaian tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu peralatan sulap, dan efek yang muncul dari reaksi kimia.

Trik-trik ini sudah dipelajari sebaik mungkin oleh pesulap sebelum atraksinya ditonton banyak orang. Jadi, semua orang dapat mempelajari seni sulap dengan cara berlatih sungguh-sungguh. Hingga saat ini, masih ada sebagian masyarakat yang menganggap sulap itu sama dengan sihir atau mistik.

Mereka memandang sulap adalah sebuah kekuatan supranatural. Anggapan seperti ini terkadang dibentuk oleh beberapa pesulap yang hanya memikirkan popularitas. Pesulap sejati tentu saja tidak akan membiarkan penonton berpikir lebih jauh sampai menganggap pesulap adalah orang yang memiliki kekuatan sihir.

Sejarah Singkat

Tidak ada yang tahu pasti kapan sulap pertama kali diciptakan. Namun, penemuan benda peninggalan sejarah dari Mesir Kuno (lembaran papyrus), bisa mengungkap sejarah sulap. Lembaran papyrus ini berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan sulap.

Lembaran ini berisi tulisan yang mengisahkan seorang pesulap Mesir bernama Dedy menghibur Raja Cheops pada 2600 SM. Saat menghibur raja, ia menunjukkan sebuah trik yang mengagumkan, yaitu memotong leher seekor hewan dan mengembalikannya lagi dalam keadaan hidup.

Sejak saat itu masyarakat telah mengenal sulap sebagai suatu bentuk seni pertunjukan. Kepopuleran dunia sulap berlanjut sampai keabad berikutnya. Bahkan, banyak bermunculan pesulap – pesulap hebat yang mempertunjukan keahliannya di hadapan penonton dalam jumlah banyak.

Pada masa tersebut sebelum adanya pertunjukan film dan televisi, sulap merupakan salah satu bentuk pertunjukan hidup yang sangat popular. Selain itu, sulap juga suatu pertunjukan yang membangkitkan antusias masyarakat dimanapun mereka mengadakan pertunjukan.

Trik Sulap Tertua

Cups and balls (cangkir dan bola) dianggap sebagai salah satu trik sulap tertua. Egypologist/antropologis Mesir menemukan dalam catatan sejarahnya ada lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir. Kuburan Mesir tersebut diperkirakan berumur antara 2500 tahun sebelum masehi.

Dalam lukisan tersebut digambarkan ada dua orang yang tengah bermain dengan empat buah cangkir. Meskipun gambaran tersebut tidak bisa dipastikan sebagai suatu permainan sulap, namun dipercaya sebagai awal mula dari trik cups and balsl. Walaupun trik cups and balls bisa dikatakan sebagai trik sulap tertua, tapi masih populer sampai saat ini.

Banyak variasi yang bisa dibuat dari trik cups and ball. Tetapi efek dasarnya adalah bola dapat berpindah secara ajaib dari cangkir satu ke cangkir lainnya. Bola bisa muncul dan lenyap begitu saja dari gelas sesuai dengan keinginan si pesulap.

Trik cups and balsl sering diakhiri  secara mengejutkan dengan keluarnya benda-benda yang besar dari bawah cangkir tersebut.tekadang yang keluar adalah anak ayam atau bahkan seekor tikus.

Pesulap-pesulap Hebat

Berikut ini adalah pesulap-pesulap hebat yang berperan dalam perjalanan seni sulap.

· Isaac Fawkes

Sulap menjadi seni pertunjukan populer pada abad ke 18. di Inggris, Isaac Fawkes adalah sosok yang berjasa memopulerkan sulap. Ia bermain sulap pada suatu acara besar dengan jumlah penonton yang sangat banyak. Trik-trik yang dimainkannya sangat menakjubkan dan banyak yang percaya bahwa alat-alat sulap yang digunakan sudah melampaui zamannya pada waktu itu.

Satu dari sekian banyak trik sulapnya yang ajaib adalah sebuah pohon apel yang tumbuh mekar dan berbuah hanya dalam waktu satu menit. Trik-trik inilah yang membuatnya menjadi pesulap terkenal dan kaya raya.

· Giuseppe Pinetti (1750 -1800)

Pesulap ini lahir di Italia dan merupakan salah satu orang yang berperngaruh dalam sejarah sulap. Pinneti menunjukkan sulap yang menkajubkan dan ajaib karena terinspirasi oleh Isaac Fawkes. Di mana pun tampil, ia selalu meraih kesuksesan yang luar biasa. Ia pun sering diminta tampil untuk menghibur keluarga kerajaan.

· John Henry Anderson (1814 -1874)

John Henry Anderson merupakan pesulap dari Skotlandia, sering disebut sebagai The Wizard of the North. John termasuk pesulap yang  sangat sukses menembus seluruh Eropa, Amerika dan Australia. Bahkan kepopuleran Jonh henry Anderson bisa dikatakan lebih dahulu dibandingkan dengan  Harry Houdini (pesulap yang paling terkenal dalam publikasi).

Anderson dikenal dengan alat-alatnya yang sangat besar. Sebagian besar peralatan sulapnya terbuat dari perak solid. Pesulap ini sempat menjadi kaya yang pada akhirnya kehilangan kekayaannya, setelah beberapa theatre tempat ia melakukan pertunjukan habis terbakar. Kejadian tersebut, tentu mebuat Anderson bangkrut.

Tokoh-tokoh inilah yang mengenalkan dan memopulerkan sulap sebagai seni pertunukan kapada masyarakat dunia. Sulap adalah sebuah bentuk pertunjukan yang begitu populer dan dapat membangkitkan antusias masyarakat di seluruh dunia.

Pesulap Indonesia

Seperti yang diketahui, Indonesia juga mempunyai pesulap-pesulap hebat. Adapun pesulap-pesulap yang dimaksud adalah sebagai berikut.

· Deddy Corbuzier

Deddy Cahyadi Sunjoyo adalah nama asli dari deddy Corbuzier. Deddy Corbuzier dikenal sebagai mentalis kenamaan Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1976 ini pernah melakukan aksi menegangkan. Salah satunya adalah mengendarai mobil dengan mata tertutup. Selain itu, deddy juga pernah melakukan tebak headline media massa yang ditentukannya sebalum media tersebut diterbitkan.

· Demian Aditya

Terlahir dengan nama Adytia Prambudhi, namun lebih dikenal sebagai Demian Aditya, sang illusionist. Demian merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Namanya mulai terkenal di dunia hiburan ondonesia bukan karena sulap, melainkan berhasil mengikuti akang Pemilihan Abang None Jakarta pada tahun 2002.

Pria kelahiran Tegal, 19 Juni 1980 ini, berhasil meraih dua gelar sekaligus di ajang Abang None Jakarta. Pertama sebagai Abang Persahabatan 2002 dan kedua sebagai Abang Favorit 2002.

Demian Adytia mulai terkenal sebagai pesulap di dunia hiburan Indonesia, saat memiliki acara sendiri di sebuah stasiun TV. Program acaranya berjudul “Demian Sang Ilusionist” yang tayang pada tahun 2007.

Dalam salah satu pertunjukannya yang diselenggarakan di Lapangan Gasibu Bandung, Demian berhasil memukau para penonton. Demian melakukan teleportasi sebuah bola raksasa berdimeter 8 meter yang berisi 7 orang didalamnya.

· Romy Rafael

Romy Rafael merupakan salah seorang ahli dan praktisi hipnotis asal Indonesia. Kemampuan di bidang hipnotis tersebut, diolah Romy Rafael dalam panggung entertainment.

Romy Rafael pernah secara rutin menunjukkan kemampuan hipnotisnya di SCTV. Tentu pertunjukan hipnotisnya dilakukan dengan nuansa menghibur, supaya penonton menikmati acaranya.

Pria kelahiran Surabaya, 12 Juli 1977 ini mengaku, telah mendalami ilmu hipnotis dan berbagai kegunannya lebih dari empat tahun lamanya di Amerika. Romy Rafel terkenal dengan ciri khasnya mengenakan penutup kepala warna hitam

Saat ini, Romy Rafael bukan hanya menggunakan kemampuan hipnotisnya untuk hiburan, melainkan juga untuk aktivitas klinis, medis, bahkan untuk bisnis. Romy Rafael mencoba menghilangkan kesan negative hipnotis dimata banyak orang. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal hipnotis sebagai bentuk kejahatan, seperti penipuan.

Saat ini, Romy Rafael telah membuka sebuah klinik Hypnotherapy yang berada di Jakarta Selatan. Romy bersedia membantu orang yang tengah stress, depresi, phobia, bahkan bisa juga menghilangkan sifat buruk seseorang.

Pada 2005, Romy Rafael berhasil mencatat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menghipnotis sekitar 500 orang. Pertunjukan ini diselenggarakan dalam sebuah acara seminar di Mangga Dua Square, Jakarta, November 2005.

Nah, sekarang sudah tahu kan segala hal tentang sulap. Muali dari sejarah, trik, sampai dengan pesulap-pesulap terkenal. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Speak Your Mind

*