Super Junior, Remaja Super yang Mendunia

Ilustrasi super juniorRemaja mana yang nggak kenal sama SUJU? Boy band keren asal Korea itu? kalau ada sih… sungguh terlalu. Baca dulu deh di sini, siapa itu SUJU. Kalau masih nggak kenal juga? Ke laut aja lo!

Bermula dari ajang pencarian bakat

Sudah menjadi kebiasaan pencari bakat dan label rekaman SM Entertainment untuk mengadakan audisi tahunan yang tujuannya mencari bakat anyar berusia muda. Leeteuk dan Eunhyuk lebih dahulu direkrut pada tahun 2000.

Pada tahun 2001, Han Geng terpilih dalam sebuah pemilihan di Beijing. Ia berhasil mengalahkan tiga ribu pelamar. Lalu menyusul Yesung, terpilih di Seoul’s casting system bersama Hechuul, Sungmin dan Donghae.

Pada tahun 2002, Kang-In dan Kim Heechul sukses menang dalam audisi di Los Angeles bersama dengan Kibum. Siwon bergabung tahun 2003 dan Ryewook pada tahun 2004. Terakhir, pada tahun 2005, Shindong dipilih melengkapi jejeran anak muda penuh talenta tersebut.

Asal mula nama Super Junior

Sebelum beken dengan nama Super Junior atau SUJU, kelompok band ini lebih dulu di kenal dengan nama O.V.E.R, singkatan dari “Obey the Voice for Each Rhythm” (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama).

Perusahaan SM sih, sebenarnya lebih sering memperkenalkan mereka sebagai Junior, karena usia mereka yang masih belia. Hingga suatu saat, dalam sebuah pertunjukkan bersama, cowok-cowok ganteng ini mulai menampilkan sebuah kolaborasi penampilan yang super.

Perusahaan SM pun mulai memanggil mereka dengan nama Super Junior. Maka sejak saat itulah mereka mulai dikenal sebagai Super Junior 05. Super Junior 05 piawai mempertunjukkan berbagai gaya tarian hip hop dalam setiap aksinya. Penonton yang kebanyakan terdiri dari para gadis selalu histeris jika mereka menampilkan tarian B2K.

Single pertama

Tahun 2005, Super Junior 05 mengeluarkan single pertama mereka, “TWINS (Knock Out).” yang rilis pada 6 Desember 2005. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis. Prestasi luar biasa untuk kumpulan anak-anak muda yang baru pertama kali menelurkan album.

Desember 2005, SUJU merilis album barunya yang diberi title “Show Me Your Love”. Dengan angka 49.945 copy, pada bulan itu juga ia menjadi album terlaris Desember 2005.

Anggotanya Selalu Diganti Dengan yang Muda

Tahun 2006, SM Entertainment mulai mengaudisi anggota baru untuk Super Junior line-up kedua, yaitu Super Junior 06. Rencananya, anggota group ini akan selalu di refresh dengan yang lebih muda. Sebagai penyesuaian dengan namanya, Junior.

Perusahaan bahkan telah menyiapkan daftar anggota yang akan dipilih dan yang lolos. Namun, atas permintaan dari penggemar, tidak ada satu pun anggota SUJU yang dibawa keluar. Seorang peserta audisi yang telah lolos, pada akhirnya bergabung sebagai anggota ke tiga belas dari group ini.

Line-up proyek SUJU akhirnya dihentikan sejak saat itu, dan kelompok ini hanya dikenal sebagai Super Junior, tanpa akhiran “05”.

2006-2007 Awal Sukses

Tahun 2006, single “U” dirilis secara Online, dan dapat di download gratis. “U” memiliki lebih dari 400 ribu download dalam waktu lima jam saja. CD fisik dari “U” berisi total tiga lagu dirilis pada 6 Juni 2006, dan terjual lebih dari 81.000 unit. Angka yang fantastis.

Atas prestasinya itu, SUJU berhasil menyabet tujuh penghargaan di Korea Selatan dalam sebuah acara anugerah musik, dan meraih gelar sebagai Best New Group 2006.

Tidak hanya di Korea saja SUJU berhasil meraih popularitas serta berhasil menjadikan album mereka menjadi best seller. Namun juga di Cina dan Taiwan, album mereka meledak di pasaran dan membuat kepopuleran mereka bertambah.

KRY – Suara-suara Emas Super Junior

Perkembangan musik pop Korea, atau yang lebih populer disebut K-pop, akhir-akhir ini semakin mendunia. K-pop banyak menghadirkan boyband dan girlband yang saat ini menjadi idola para remaja maupun dewasa. Salah satu boyband papan atas Korea adalah Super Junior.

Siapa yang tak kenal Super Junior? Boyband Korea yang satu ini beberapa waktu telah mengguncang Jakarta dengan mengadakan konser selama 3 (tiga) hari berturut-turut. Performa dan kharisma setiap member-nya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya yang biasa disebut Elf, yang merupakan singkatan dari “Ever Lasting Friends”.

Di Indonesia sendiri, penggemar Suju (sebutan untuk Super Junior) memang cukup banyak. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah penonton konser Super Show yang belum lama digelar di Indonesia. Banyak Elf Indonesia yang mengantre tiket untuk menyaksikan penampilan idolanya tersebut. Padahal, harga tiket konser itu sendiri lumayan mahal. Beberapa Elf Indonesia bahkan ada yang menangis histeris karena tidak kebagian tiket.

Suju sendiri terdiri atas 13 orang member. Beberapa pergantian member sempat terjadi, seperti keluarnya Hangeng beberapa tahun yang lalu. Pada awalnya, boyband ini sebenarnya hanya sebuah proyek uji coba SM Entertainment, sebuah agensi yang banyak menghasilkan artis-artis K-pop papan atas, seperti TVXQ, SNSD, dan BoA.

Proyek tersebut adalah menghimpun  artis-artisnya yang memiliki talenta yang berbeda-beda. Ada yang jago acting, ada yang jago dance, ada yang jago MC, dan yang pasti jago bernyanyi. Proyek tersebut ternyata sukses besar. Setelah masuknya Kyuhyun pada 2006, proyek yang semula disebut “Super Junior05” kemudian menjadi boyband tetap dengan nama “Super Junior”. Member-member boyband ini memang memiliki berbagai talenta.

Sebagai sebuah boyband, semua member Suju tentu bisa bernyanyi dan menari. Namun, ada beberapa member yang menjadi penyanyi utama. Member-member yang memiliki suara-suara emas tersebut tergabung dalam sebuah sub-unit yang disebut KRY. KRY merupakan singkatan dari nama-nama personelnya, yaitu Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Selain singkatan dari nama setiap penyanyi utama, KRY dapat juga diartikan “Cry”, karena mereka sering bernyanyi lagu-lagu ballad.

KRY sendiri dibentuk pada 2006 dengan merilis sebuah single berjudul The One I Love. Setelah itu, sub-unit Suju yang pertama ini mengeluarkan beberapa single dan OST untuk drama-drama Korea. Beberapa lagu mereka adalah Stop Walking BySnow FlowerH.I.T, dan Just You.

Sebagai sebuah sub-unit, KRY dapat dikatakan sukses dan disukai banyak orang. Orang-orang yang beranggapan bahwa boyband hanya mengandalkan penampilan bisa membuka matanya dengan kehadiran KRY ini. Kemampuan bernyanyi serta warna vokal yang berbeda dari setiap member KRY menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta musik K-pop yang menginginkan kualitas yang bagus dari suara penyanyinya.

Kesuksesan KRY dapat dilihat dengan banyaknya single dan soundtrack yang mereka isi. Mereka juga beberapa kali mengadakan mini konser, tidak hanya di Korea, namun juga di beberapa kota di Jepang, Taiwan, Nanjing, dan kota lainnya.

Sayangnya, meskipun sudah sukses dan membuat mini konser, sub-unit ini belum juga merilis album ataupun mini album. Padahal, fans mereka sudah sangat menunggu-nunggu album KRY. Apalagi, beberapa waktu lalu, SM Entertainmet mengeluarkan sub-unit baru dari SNSD, yaitu Taetiseo, yang langsung meluncurkan mini album dan sukses di berbagai chart di Korea. Nama “Taetiseo” sendiri juga merupakan singkatan dari nama-nama member-nya, yaitu Taeyon, Tiffany, dan Seohyun.

Profil Kyuhyun Super Junior

Member KRY yang pertama adalah Kyuhyun. Kyuhyun merupakan magnae di Super JuniorMagnae adalah sebutan untuk member termuda dalam sebuah boyband ataupun girlband Korea. Selain sebagai member termuda, Kyuhyun ternyata juga dikenal sebagai “evil magnae” karena sikapnya yang jail terhadap kakak-kakaknya di Super Junior.

Nama asli Kyuhyun adalah Cho-Kyuhyun. Dia lahir pada 3 Februari 1988 di Korea. Selain menjadi member di Suju dan KRY, dia juga termasuk dalam sub-unit Suju lainnya, yaitu Super Junior M. Super Junior M merupakan sub-unit Suju untuk menyanyikan lagu-lagu Mandarin. Selain aktif bernyanyi, Kyuhyun juga sering tampil di televisi sebagai host dan bermain di berbagai teater, khususnya teater musikal.

Di keluarganya, Kyuhyun merupakan anak kedua. Kyuhyun memiliki seorang saudara perempuan yang lebih tua, yaitu Cho Ara. Cho Ara lebih tua sekitar 2 (dua) tahun dari Kyuhyun dan merupakan seorang pemain biola. Mereka sempat tampil bersama dalam sebuah acara. Ayah Kyuhyun adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang pendidikan, dan bahkan memiliki sebuah akademi sendiri. Sang ibu juga memiliki sebuah akademi seni dan menjalankan sebuah kafe.

Selain bernyanyi, Kyuhyun juga pandai bermain beberapa alat musik, seperti piano dan klarinet. Kyuhyun juga telah menyelesaikan studinya di Kyunghee University dengan jurusan Post-Modern Music. Kyuhyun menjadi member Suju sekitar 2006, dan sejak saat itu, dia mulai aktif di dunia hiburan. Kyu, panggilan singkat untuk Kyuhyun, pernah merilis single untuk OST drama Pasta berjudul Listen To You dan single Hope a Dream That Never Sleeps untuk OST drama Baker King Kim Tak Go.

Profil Ryeowook Super Junior

Member KRY selanjutnya adalah Ryeowook. Ia bernama lengkap Kim Ryeowook dan lahir pada 21 Juni 1987. Perusahaan SM Entertainment menemukan bakat menyanyi Ryeowook di CMB Youth Chinchin Festival pada 2004. Pada festival tersebut, Ryeowook menarik perhatian pada juri dengan kemampuan bernyanyinya. Selain bernyanyi, Ryeowook juga pandai bermain piano. Dia juga sering menampilkan kemampuan bermain pianonya di berbagai acara saat bersama Suju.

Ryeowook menjadi anggota Suju kedua terakhir sebelum Kyuhyun. Dia pertama kali debut bersama Suju pada acara musik yang ditayangkan di stasiun televisi SBS, yaitu “Popular Songs”. Seperti halnya Kyuhyun, selain termasuk dalam sub-unit KRY, Ryeowook juga tergabung dalam Super Junior M.

Aktivitasnya di dunia hiburan Korea tidak hanya sebagai penyanyi. Dia juga sempat berakting dalam film berjudul Attack on the Pin-up Boys bersama member Suju lainnya. Melalui aktingnya tersebut, dia sempat dinominasikan sebagai “Best Supporting Actor” dan “Best Comedic Performance” dalam Korean Movie Award. Selain tampil di film, Ryeowook juga pernah bermain teater berjudul Temptation of Wolves.

Ryeowook baru saja menamatkan kuliahnya di Inha University pada  24 Februari 2012.  Dia lulus pada jurusan teater dan studi film. Di Suju, Ryeowook disebut-sebut paling dekat dengan Yesung. Pria yang memiliki tahi lalat di pipi ini dikenal pandai memasak dan sering membuatkan makanan untuk para member Suju.

Profil Yesung Super Junior

Member terakhir yang akan kita bahas adalah Yesung. Yesung memiliki nama asli Kim Jong Woon ini memilih nama panggung “Yesung” yang berarti “art-like voice”. Yesung memang dikenal memiliki suara yang berkarakter. Suara indah Yesung dapat kita dengar dalam soundtrack K-drama Cinderella Sister dengan lagu It Has To Be You. K-drama yang sempat diputar di Indonesia itu membuat nama Yesung menjadi semakin dikenal dan disukai.

Yesung lahir pada 24 Agustus 1984. Pria ini memulai debut-nya bersama Suju dalam acara SBS “Popular Song”. Yesung memiliki seorang adik bernama Kim Jongjin. Ibu Yesung-lah yang mendaftarkan Yesung ke dalam audisi “Starlight Casting System” milik SM Entertaiment yang kini menjadi perusahaan yang menaungi karier Yesung. Yesung sangat menyayangi keluarganya. Dia membuka beberapa bisnis yang dikelola oleh keluarganya, salah satunya adalah “Coffee Shop Hansel and Gretel”.

Yesung sering sekali menyatakan bahwa dia memiliki wanita ideal bernama Moon Geun Young. Moon adalah seorang aktris muda Korea yang sangat berbakat. Oleh karena itu, dia sangat senang sekali saat diminta bernyanyi untuk OST drama Cinderella Sister yang dibintangi oleh Moon Geun Young.

OST yang pernah dinyanyikan oleh Yesung selain OST Cinderella Sister, antara lain Waiting For You untuk drama Paradise Ranch dan Loving You (feat. Luna f(x)) untuk drama President. Selain bernyanyi solo dan grup, Yesung juga pernah menjadi host di sebuah acara radio bernama M.I.R.A.C.L.E for YouMember Super Junior sering sekali diundang ke acara tersebut. Kegiatan Yesing lainnya adalah berakting di teater musikal.

Speak Your Mind

*