Tanda-Tanda Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit disebabkan oleh virus dengue, yang dibawa dan ditularkan melalui sengatan nyamuk Aedes Aegepty. Penyakit yang timbul akibat gigitan nyamuk dengan ciri belang-belang hitam-putih ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi pengidapnya. Kenalilah tanda-tanda penyakit demam berdarah sejak dini. Jangan sampai lengah sedikit pun. Apalagi sampai meremehkan penyakit yang telah banyak menelan korban satu ini. Ketahui musim-musim semi nyamuk ini ketika berkembang dengan sangat pesat. Hilangkan semua peluang sang nyamuk untuk berkembang biak.

Tahapan Sakit Demam Berdarah

Ada tahapan yang bisa dilihat dan bisa diperkirakan sebelum penderita demam berdarah menunjukan gejala yang sangat serius. Sebaiknya sebelum gejala serius itu ada, semua langkah penanganan harus dilakukan. Semuanya hingga perjuangan yang tak terbatas agar trombosit penderita tidak jadi jatuh ke angka yang sangat rendah. Dehidrasi juga jangan sampai terjadi. Jangan sampai ada darah atau cairan apapun yang keluar dari lubang yang ada di tubuh. Terutama yang harus harus dihindari adalah pecahnya pembuluh darah yang bisa menyebabkan penderita mengalami syok.

Virus dengue yang telah masuk ke tubuh penderita biasanya membutuhkan waktu inkubasi selama 3-8 hari. Pada masa ini mulai dirasakan gejala yang merupakan tanda-tanda penyakit demam berdarah, seperti demam tinggi mendadak hingga suhu badan di atas 38° C yang berlangsung selama 2- 7 hari. Demam tidak bisa diobati dengan obat penurun panas biasa. Nafsu makan berkurang yang diikuti dengan rasa mual dan muntah. Pegal-pegal dan rasa nyeri di bagian otot serta persendian. Pusing, sakit kepala terutama di bagian depan, dan nyeri perut.

Lebih dari itu, penderita juga akan mengalami nyeri/ rasa panas yang dirasakan di belakang bola mata. Wajah nampak kemerahan. Susah buang air besar/ atau diare. Terjadi pembesaran pada organ hati (hepar) dan limpa. Perasaan syok secara psikologis pada penderita. Munculnya bintik-bintik merah di kulit yang tidak bisa hilang ketika ditekan atau dilebarkan dengan jari. Bintik merah itu biasanya terdapat di daerah pergelangan kaki dan tangan juga di sekitar siku.

Selain muncul bintik merah di kulit, manifestasi pendarahan spontan bisa berupa pendarahan gusi, mimisan dan pendarahan yang sulit dihentikan jika terluka atau disuntik. Bila tanda ini yang telah terlihat, itu artinya penderita telah mengalami tahapan yang cukup mengkhawatirkan. Membawa penderita secepatnya ke rumah sakit adalah keputusan yang sangat tepat. Jangan ditunda lagi. Persiapkan diri dengan sesuatu yang lebih parah dari itu. Tidak jarang penderita malah membutuhkan transfusi darah.

Kalau demam berdarah ini terjadi pada anak-anak, tidak jarang mereka sangat rewel. Orangtua harus sangat bersabar menghadapi masalah ini. Kerewelan anak itu karena rasa sakit, pusing, sebah, yang tak terkirakan. Walaupun begitu, tetap usahakan agar anak mau minum yang banyak. Biasanya anak malah tidak mau makan atau minum karena ia akan memuntahkan kembali makanan atau minuman yang dikonsumsinya. Jangan putus asa. Usahakan untuk merayu anak sekuat tenaga. Kalau tidak diberi minum, anak bisa mengalami dehidrasi. Kalau telah terjadi dehidrasi, akan sangat sulit untuk mengembalikan kondisi normal.

Daya tahan tubuh anak harus ditingkatkan agar ia bisa melawan virus yang masuk ke dalam tubuhnya. Tanpa adanya perbaikan terhadap daya tahan tubuhnya, anak akan terlihat semakin tak berdaya menghadapi serangan demi serangan dari virus demam berdarah tersebut. Selain ciri-ciri yang disebutkan itu, ada lagi yang bisa dikatakan kalau seseorang itu telah terserang demam berdarah. Cek trombositnya.

Jika seluruh atau beberapa gejala di atas terutama tanda-tanda tersebut terjadi pada diri seseorang, maka secara medis yang bersangkutan dinyatakan menderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk lebih memastikan lakukanlah cek darah di laboratorium untuk mengetahui jumlah trombosit. Jika trombosit normal ialah berkisar 150-450 ribu/mm3, maka pengidap DBD memiliki trombosit kurang dari itu. Kalau ternyata trombositnya lebih dari normal, itu artinya kemungkinan besar ada infeksi yang lain yang membuat angka trombosit meningkat.

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit dideteksi pada awal terjangkitnya. Dengan demikian, semua orang harus waspada dan tidak boleh lengah. Bila perlu, lakukan antisipasi. Misalnya, ketika badan terasa panas, langsung lakukan terapi air. Dengan banyak minum ini, akan diketahui apakah memang demam berdarah atau ada penyakit lainnya. Bila hanya kecapekan, maka suhu tubuh akan segera hilang dan badan terasa segar kembali. Namun, kalau panas badan tidak hilang, kemungkinan ada infeksi. Tetapi kalau tiba-tiba tinggi dan tiba-tiba turun namun rasa pusing dan tanda lainnya ada, itulah demam berdarah.

Siklus Pelana Kuda

Khusus demam pada DBD dikenal istilah siklus pelana kuda untuk menggambarkan grafik naik-turun panas yang dialami penderita DBD. Siklus ini terbagi menjadi 3 fase yakni: hari 1-3, hari 4-5, dan hari 6-7. Pada fase I, penderita mengalami panas yang sangat tinggi hingga suhu badan mencapai 39-40 derajat Celcius. Setelah mengalami panas selama 3 hari, biasanya pada hari ke 4-5 demam sempat mengalami penurunan drastis ke 37 derajat Celcius seakan terjadi kesembuhan. Padahal pada fase berikutnya fase III panasnya akan kambuh kembali pada hari ke 6 dan 7.

Perbanyak minum air putih, istirahat penuh (bed rest) dan periksakan ke dokter adalah langkah yang harus diambil. Turunnya panas pada fase II sering dianggap banyak orang sebagai kesembuhan dari demam. Padahal dengan munculnya bintik merah pada kulit yang terjadi akibat adanya pelebaran pembuluh darah, ini yang menyebabkan suhu tubuh turun secara mendadak. Bawalah penderita ke dokter segera ketika mengetahui tanda tanda penyakit demam berdarah, jika terlambat penyakit ini bisa bertambah parah.

Penyakit yang semakin parah itu bisa menyebabkan kematian. Kematian yang begitu mendadak ini pasti akan sangat menyedihkan. Tidak ada orang yang ingin kehilangan orang yang sangat disayanginya dalam waktu yang sangat singkat. Untuk itulah mengetahui apapun yang berhubungan dengan demam berdarah sangatlah penting. Kalau sampai lengah, kematian demi kematian bisa menimpa. Jika kematian akibat demam berdarah meningkat ini bisa dikatakan sebagai Kejadian Luar Biasa. Pemerintah harus bertindak dengan lebih cepat lagi.

Pembersihan

Deman berdarah biasanya banyak terjadi pada musim penghujan. Pada musim ini, banyak air yang tergenang. Masyarakat sering lengah bahwa nyamuk demam berdarah ini sangat senang dengan air jernih. Banyaknya barang bekas yang menampung air hujan akan menjadi sarang nyamuk yang sangat ideal. Upayakan adanya gerakan pembersihan terhadap segala barang bekas yang ada di luar rumah. Timbunlah atau manfaatkan sebagai barang lain yang lebih berguna. Bila tidak, barang bekas yang berisi air itu akan menjadi masalah besar.

Saling memperhatikan sesama tetangga adalah langkah baik. Selain sebagai jalur bersilaturrahmi, bentuk perhatian ini sesungguhnya untuk menyelamatkan semua penduduk yang ada di wilayah tersebut. Nyamuk bisa saja terbang ke mana-mana dan tidak hanya dari tempatnya menetas. Hanya dari satu gigitan, maka virus demam berdarah itu akan masuk ke dalam tubuh. Selanjutnya, semua tanda-tanda penyakit demam berdarah akan terlihat dengan sangat cepat dalam beberapa hari.

Anak-anak paling sulit untuk bisa diajak bekerja sama dalam memberantas demam berdarah. Pengertian yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan contoh nyata bagaimana menghindarkan diri dari demam berdarah. Anak-anak juga sering membuang bungkus makanannya sembarangan. Tidak jarang bungkus makanan ini menjadi sarang nyamuk karena menampung air bersih dari air hujan. Ajaklah anak untuk membersihkan lingkungan bersama-sama. Katakan pada mereka bahwa kebersihan itu memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan.

Bila anak-anak telah mengerti dan semua orang telah memahami bahayanya demam berdarah, diharapkan bahwa korban demam berdarah tidak akan jatuh lagi. Dengan adanya penyuluhan kepada anak-anak, maka diharapkan nyamuk demam berdarah ini tidak mempunyai tempat dan tidak mempunyai kesempatan untuk bertelur. Bak mandi yang ada di dalam rumah dan tempat menyimpan air juga harus diperhatikan. Pemberian ikan dan serbuk abate bisa juga menjadi solusi agar nyamuk tidak sempat bertelur. Tidur dengan menggunakan kelambu atau dengan menggunakan obat oles anti nyamuk juga bisa dilakukan.

Speak Your Mind

*