Teknik Dasar Pelajaran Renang

Ilustrasi Pelajaran RenangTidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, termasuk belajar berenang, berapapun usia Anda. Namun, tentunya semakin dini Anda mengenal renang, akan bagus bagi kesehatan Anda. Gaya dalam olahraga renang ada 4 macam, yaitu renang gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu – kupu dan gaya dada. Pada awal belajar teknik berenang, yang akan dipelajari terlebih dahulu adalah renang gaya bebas.

Sebagian besar dari Anda akan melakukan latihan berenang secara teratur. Beberapa mungkin melakukannya hanya sebagai hobi sementara yang lain mungkin melakukannya mempertimbangkan manfaat kesehatan dari belajar renang. Karena, sebagian besar dari kita tahu bahwa renang adalah di antara bentuk terbaik dari latihan. Berenang dikenal bermanfaat bagi kesehatan kita dalam beberapa cara. Selain itu, itu adalah salah satu yang sempurna bagi orang-orang dari setiap kelompok usia.

Kenali Manfaat Bagi Kesehatan

  • Berenang dikenal sebagai latihan kardiovaskular yang efektif. Dan dengan mudah meningkatkan denyut jantung Anda, membangun ketahanan dan memperkuat otot-otot Anda. Salah satu manfaat yang menonjol adalah bahwa nada up seluruh tubuh Anda.
  • Ini adalah alasan sebagian besar memilih wanita untuk berenang secara teratur. Selain itu, ia menyediakan latihan yang baik untuk paru-paru yang meningkatkan kapasitas paru-paru. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari berenang untuk orang tua.
  • Sementara sebagian besar latihan olahraga berkonsentrasi pada satu bagian otot Anda, latihan berenang akan membuat bekerja semua otot Anda. Ia bekerja pada otot-otot secara keseluruhan dan membantu memperkuat nya. Salah satu fakta kesehatan berenang adalah bahwa renang itu dengan cepat membuat orang kehilangan lemak.
  • Ini adalah latihan terbaik untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Jadi salah satu manfaat adalah penurunan berat badan yang dapat Anda peroleh dengan secara teratur melakukan hal itu bersama dengan program resistance training.
  • Dan yang baik dan sehat tentang latihan berenang adalah bahwa renang juga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Ini adalah latihan cardio / jantung yang membantu sistem kardiovaskular bekerja dengan baik, yang penting untuk pengembangan yang tepat dari rahim. Hal ini juga membantu menjaga berat badan yang sehat penting untuk kehamilan yang sehat.
  • Manfaat lain bagi ibu hamil adalah bahwa renang bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh mereka dan melembutkan jaringan tubuh mereka juga. Manfaat kesehatan lain dari berenang adalah membantu kaum calon ibu mendapatkan sisi rileks dan mengurangi stres Anda, yang jauh lebih penting selama masa kehamilan.
  • Berenang juga membantu mengatur pola pernapasan Anda dan juga meningkatkan aliran oksigen ke otot-otot Anda. Lebih lanjut membantu meningkatkan sirkulasi darah. Berenang juga dikenal sebagai orang penyandang cacat yang baik. Dengan berenang, masalah kesehatan seperti nyeri punggung kaki dan dapat secara efektif disembuhkan.
  • Salah satu manfaat berenang di air dingin adalah membantu tulang belakang yang tegang Anda bisa santai. Karena tulang belakang yang tegang dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala dan kelemahan.
  • Berenang dikenal untuk menyembuhkan masalah nyeri sendi dan tekanan darah tinggi juga.
  • Ada berbagai gaya renang dan acak saja, semua gaya renang itu baik untuk dicoba semuanya dan bukan sekedar mencoba hanya satu gayasaja.
  • Mencoba teknik renang baru juga akan membantu Anda membuat latihan lebih menarik. Adalah baik untuk melakukan beberapa latihan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berenang dalam rangka untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal berenang.
  • Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda bersama dengan Anda untuk bentuk klasik dari latihan renang. Pastikan Anda memperhatikan keselamatan dan aturan berenang renang dan mengajarkan hal yang sama kepada anak-anak Anda.
  • Dan lagi dengan berenang dalam kaitannya tips kesehatan kecil akan mengikuti nilai nutrisi yang tepat untuk melengkapi manfaat kesehatan. Juga, untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur.
  • Jika Anda memiliki riwayat medis dan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memilih untuk berenang. Mengikuti aturan berenang renang dan peraturan keselamatan akan membantu Anda menikmati waktu Anda bersama dengan meningkatkan kesehatan Anda.

Kenalilah Air

Sebelum mempelajari teknik gaya tertentu, perlu dipelajari beberapa hal dasar dalam berenang. Dimulai dari pengenalan air terlebih dahulu, kemudian latihan memasukkan kepala ke dalam air, belajar membuka mata di dalam air dan bernafas yang benar di dalam air.

Jika beberapa hal tersebut telah dikuasai, selanjutnya berlatih berlari – lari di dalam air, latihan menyelam atau memasukkan kepala lebih dalam ke air, berlatih mengapung, berlatih melompat ke dalam air, berlatih meluncur ke dalam air, berlatih beberapa gerakan tangan di dalam air, gerakan kail, dan berlatih melakukan beberapa gerakan secara sekaligus.

Teknik Dasar dalam Renang

Ada tiga hal utama yang harus menjadi perhatian saat pengenalan air, yaitu bernafas dengan benar, meluncur serta mengapung. Ketiga hal tersebut yang selanjutnya akan menjadi dasar dalam belajar renang. Adalah tidak mudah untuk melakukan teknik bernafas yang benar di dalam air. Saat berada di atas permukaan, udara dihirup dan dihembuskan saat berada di dalam air.

Beberapa orang cenderung menahan udara saat di dalam air, dan menghembuskan lagi saat berada di permukaan. Ini merupakan teknik bernafas yang keliru dalam renang. Perlu dilatih juga, saat berenang, udara dihirup melalui mulut dan di dalam air dihembuskan melalui hidung. Ini harus dilatih secara perlahan dan kontinu agar selanjutnya dapat terbiasa.

Setelah menguasai teknik bernafas yang benar, lakukan latihan meluncur. Latihan ini sangat berguna untuk melatih keseimbangan di dalam air. Cara yang mudah untuk belajar meluncur yaitu dengan berdiri menempel ke dinding kolam dalam posisi membelakangi, dengan salah satu kaki menempel ke dinding untuk menolak.

Posisi kedua tangan menempel lurus ke atas dengan kedua ibu jari bertautan. Condongkan tubuh ke depan dan menunduk, sekaligus lakukan dorongan menolak dengan kaki Anda. Tahan hingga posisi luncur menurun, baru turunkan kaki dan berdiri lagi. Jangan terburu – buru untuk segera berdiri karena justru akan menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh.

Latihan selanjutnya adalah mengapung. Pada prinsipnya, mengapung adalah berada di pusat titik berat badan dan berpindah ke pusat titik apung. Dalam posisi kepala dibaringkan ke belakang, letakkan punggung dan telapak tangan ke belakang, keluar dari bahu, maka tekanan air akan mulai mendorong tubuh hingga kaki akan naik pada posisi mengapung yang normal.

Jika teknik awal renang telah dikuasai, baru dilanjutkan dengan mempelajari teknik renang gaya tertentu. Untuk pemula, akan dipelajari teknik renang gaya bebas sebelum mempelajari teknik renang yang lain. Renang gaya bebas akan lebih mudah dilakukan karena tidak terikat suatu aturan tertentu. Untuk melakukan renang gaya bebas, Anda kembali melakukan hal – hal dasar yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu meluncur.

Setelah meluncur, dilanjutkan dengan melakukan gerakan kaki. Dalam posisi menghadap ke dinding kolam renang, gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara perlahan dan bergantian. Setelah itu, lanjutkan dengan berlatih gerakan tangan.

Bungkukkan badan ke arah depan dengan kedua tangan lurus ke depan, tarik tangan kanan ke bawah air. Jika telah berada di bawah badan, bengkokkan siku, lalu angkat kembali ke depan. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang kiri. Kemudian Anda juga kembali harus melatih teknik pernafasan Anda.

Latihan yang terakhir adalah kombinasi, dimana Anda mula – mula meluncur, kemudian lakukan kombinasi gerakan tangan dan kaki sembari tetap memperhatikan teknik pernafasan yang benar.

 

Speak Your Mind

*