Teknik Industri, Jurusan Pilihan di Universitas Trisakti

Ilustrasi universitas trisaktiProgram Studi Teknik Industri adalah salah satu program studi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti, Jakarta. Program Studi ini berdiri sejak tahun 1984. Saat ini, Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti telah memiliki hampir 5000 orang alumni.

Program Studi ini mempunyai visi “Menjadi Program Studi Teknik Industri terkemuka dan menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknik Industri yang berwawasan Technopreunership”. Visi ini mencerminkan bahwa disiplin Teknik Industri dikembangkan dalam dua sisi permasalahan industri yaitu sisi teknis (engineering) dan sisi nonteknis (ekonomis).

Pada tanggal 21 Agustus 2009, Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti memperoleh sertifikasi dengan akreditasi A sebagai hasil evaluasi lima tahun ketiga oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.


Laboratorium

Mahasiswa yang mengambil Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti wajib menyelesaikan beban studi sebanyak 144 sks. Beban ini dapat diselesaikan dalam 7 hingga 14 semester. Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti menyediakan lima laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran, diantaranya adalah:

    1. Laboratorium Sistem Produksi, yang menyelenggarakan praktikum CAD/CAM, Robotika & FMS, Line Balancing, dan Perancangan Tata Letak Fasilitas.
    1. Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi, yang menyelenggarakan praktikum Analisa Perandangan Kerja dan Ergonomi dan Perencanaan dan Perancangan Produk.
    1. Laboratorium Sistem dan Simulasi Industri, yang menyelenggarakan praktikum Pemrograman Komputer, Simulasi Sistem, dan Penelitian Operasional
    1. Laboratorium Rekayasa Kualitas, yang menyelenggarakan praktikum Statistika Industri dan Pengendalian Kualitas.
  1. Laboratorium Pengembangan Organisasi dan Bisnis, yang menyelenggarakan praktikum Perencanaan Bisnis dalam Perancangan Industri Manufaktur.


Mata Kuliah

Saat ini, proses pembelajaran di Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti didukung oleh 28 orang dosen tetap dan 72 orang dosen tidak tetap. Kurikulum di Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti terdiri dari lima kelompok matakuliah, diantaranya adalah Matakuliah Pengembangan Kepribadian, Matakuliah Keilmuan Dan Keterampilan, Matakuliah Keahlian Berkarya, Matakuliah Perilaku Berkarya, dan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat.


Industrial Business Fair (IBF), Ajang untuk Melatih Jiwa Wirausaha

Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti memberikan sarana kepada para mahasiswanya untuk berinovasi dan mengasah kreativitas dalam berwirausaha. Sebagai aktualisasi dari program tersebut, Program Studi Teknik Industri Universitas Trisakti mengadakan sebuah kegiatan sebagai mediator untuk perencanaan bisnis yang telah dilakukan oleh mahasiswa yaitu Industrial Business Fair.

Kegiatan ini adalah implementasi matakuliah kewirausahaan dan praktikum Perancangan Industri Manufaktur III (PIM3), sebuah praktikum yang terintegrasi. Pada ajang IBF ini, para praktikan secara berkelompok memamerkan dan memasarkan produk yang telah dirancang dan diproduksi melalui tahapan perencanaan bisnis.

Pameran dapat disaksikan dan dibeli oleh seluruh civitas akademika Universitas Trisakti dan masyarakat umum. Kegiatan perkuliahan, praktikum dan IBF ini diselenggarakan di kampus A Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa no 1 Jakarta Barat.

Speak Your Mind

*